Brilio.net - Liburan ke luar negeri sering hanya jadi impian semata karena budget tak mencukupi. Karenanya, banyak orang beranggapan bahwa liburan ke luar negeri minimal membutuhkan dana puluhan juta. Namun kenyataannya sangat berbeda dari anggapan ini lho. Sekarang kamu bisa menikmati liburan ke luar negeri dengan budget terbatas.

Misalnya saja traveling ke Phuket, Thailand bisa kamu jelajahi dengan dana Rp 5 juta saja. Bukan liburan pendek, kamu bisa menikmati pulau cantik di Laut Andaman ini selama tiga hari berturut-turut lho. Rahasianya ada di bagaimana kamu bisa mengatur pengeluaranmu selama liburan di Phuket.

Untuk urusan hotel, Phuket mempunyai banyak pilihan. Agar budget mencukupi, kamu bisa memesan penginapan jauh-jauh hari. Usahakan juga memilih tanggal yang low season agar mendapatkan berbagai promo menarik. Gunakan layanan pesan online untuk menentukan pilihanmu. Contohnya, kamu bisa menemukan hotel di Phuket, destinasi wisata favorit di Thailand, dengan harga kisaran Rp 300 ribu hingga 500 ribu.

Kamu juga tak perlu bingung masalah transportasi. Kamu bisa mengandalkan transportasi online yang sedang populer. Siapkan budget kisaran Rp 500 ribuan tergantung dari jauh-dekatnya destinasi wisata yang kamu minati.

Masalah komunikasi juga gampang mengurusnya di Phuket. Kamu bisa membeli modem Wi-Fi mobile atau SIM card khusus untuk turis di Bandar Udara Internasional Phuket. Harganya juga bervariasi. Agar komunikasi lancar, siapkan dana sekitar Rp 200 ribu - Rp 300 ribu untuk mendapatkan SIM cardnya. Kamu juga bisa memesan SIM card secara online untuk mendapatkan berbagai promo menarik.

Untuk urusan makanan, street food rajanya di Thailand, termasuk di Phuket. Kamu bisa menikmati lezatnya kuliner Phuket hanya dengan street food. Harganya juga lumayan ramah di kantong. Selama tiga hari, kamu bisa menghabiskan Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta di sini. Eits, jangan sampai laper mata ya. Bisa-bisa budget bisa habis untuk makanan saja.

Total dari urusan penginapan, transportasi, komunikasi, dan makanan berada di kisaran dari Rp 2,2 juta saja. Sisanya kamu bisa gunakan untuk menikmati berbagai destinasi menarik di Phuket selama tiga hari. Seperti apa itinerary asyiknya? Yuk kita simak, Sobat Brilio.

1. Hari pertama setelah tiga jam terbang.

3 Hari jelajahi keindahan Phuket cuma Rp 5 juta? Ini rahasianya berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Perjalanan pesawat dari Jakarta ke Phuket bisa menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Sesampainya di bandara tujuan, segera ambil SIM card pilihanmu di counter provider terdekat. Setelah itu, langsung ke hotel atau penginapan yang sudah kamu pesan. Tinggalkan semua barang-barang berat di hotel dan siapkan daypack untuk petualangan selanjutnya.

3 Hari jelajahi keindahan Phuket cuma Rp 5 juta? Ini rahasianya berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hampir semua pantai indah di Phuket bisa kamu jangkau dengan perjalanan darat. Jaraknya juga dekat dengan kisaran waktu sekitar dua jam dari bandara. Kali ini, kamu bisa mengunjungi Pantai Kata Noi. Di sini, kamu bisa mencoba belajar surfing dari ahlinya.

Kamu bisa memesan paket les surfing di pantai dengan harga sekitar Rp 700 ribuan. Berselancar sambil menikmati pemandangan indah Pantai Kata Noi bakal jadi momen pembuka petualangan yang asyik di Phuket.

2. Menjelajahi indahnya Phuket pada hari kedua.

3 Hari jelajahi keindahan Phuket cuma Rp 5 juta? Ini rahasianya berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Segar setelah beristirahat di hotel, kamu harus maksimal menikmati hari kedua di Phuket. Untuk destinasi kedua, Phuket Big Buddha tak bisa kamu lewatkan. Destinasi ini hanya berjarak satu jam dari bandara internasional Phuket.

Patung Buddha raksasa ini mempunyai tinggi 45 meter. Dari sini, kamu bisa bisa menikmati panorama laut dan perbukitan yang indah di sekitarnya.

3 Hari jelajahi keindahan Phuket cuma Rp 5 juta? Ini rahasianya berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Dari Phuket Big Buddha, kamu bisa mengunjungi Tiger Kingdom yang hanya berjarak 30 menit. Di sini, kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan harimau.

Tiger Kingdom juga merupakan penangkaran spesies harimau Indo-China yang langka. Di sini juga ada sebuah restoran yang mempunyai pemandangan langsung ke habitat kucing raksasa ini. Cuma di Tiger Kingdom, kamu bisa menikmati hidangan khas Thailand sambil ditemani harimau.

3. Mengenal budaya dan belanja sepuas hati pada hari ketiga.

3 Hari jelajahi keindahan Phuket cuma Rp 5 juta? Ini rahasianya berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Bukan traveling namanya kalau tak berbelanja dan menikmati kuliner lezat. Menariknya, banyak agensi yang menawarkan pengalaman memasak kuliner Thailand dan touring ke berbagai pasar tradisional.

Agar makin maksimal, pelajari aktivitas yang ingin kamu lakukan lewat internet sebelum berangkat traveling. Asyiknya, kamu bisa belajar budaya sekaligus masakan Thailand di sini. Nggak menguras kantong, kamu cuma butuh Rp 500-700 ribu dalam kesempatan ini.

3 Hari jelajahi keindahan Phuket cuma Rp 5 juta? Ini rahasianya berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jangan lupa shopping suvenir dan pakaian menarik di Phuket Town Weekend Night Market. Orang lokal juga sering ke sini untuk menikmati berbagai kuliner yang lezat. Tergantung budget, kamu bisa menghabiskan Rp 500 ribu di sini lho.

Eits, jangan sampai laper mata karena banyak jajanan lezat dan suvenir menarik di Phuket Town Weekend Night. Usahakan datang pada sore hari menjelang malam agar bisa menikmati lokasi ini tanpa perlu berdesak-desakan karena saking ramainya.

Bagaimana Sobat Brilio? Kamu bisa liburan ke Phuket dengan budget terbatas seperti itinerary di atas, lho. Berbagai destinasi menarik seperti Pantai Kata Noi, Tiger Kingdom, Phuket Big Buddha, dan lain-lain ini bisa kamu nikmati dengan budget Rp 4.300.000 rupiah saja.

Untuk urusan tiket pesawat, kamu juga tak perlu khawatir. AirAsia menyediakan penerbangan langsung ke Thailand. Nggak perlu lagi deh ribet-ribet transit ke negara lain. AirAsia melayani penerbangan langsung dari Jakarta, Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta (CGK) ke Bandar Udara Internasional Phuket (HKT). Penerbangan selama kisaran tiga jam ini bakal jadi gerbang menuju liburan asyik di Phuket.

3 Hari jelajahi keindahan Phuket cuma Rp 5 juta? Ini rahasianya berbagai sumber


Penerbangan pendek ini cocok bagi kamu yang ingin quick getaway seperti liburan tiga hari di Phuket. Nggak perlu khawatir, AirAsia menyediakan penerbangan pulang-pergi dengan jatah penerbangan yang banyak lho.

Penerbangan CGK – HKT hadir setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sebaliknya, penerbangan HKT – CGK ada pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Dengan ini, kamu bisa sangat fleksibel dalam merencanakan itinerary impianmu. Tunggu apa lagi, Sobat Brilio? Siapkan budgetmu dan wujudkan mimpi traveling ke Phuket.