×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
25 Wisata Boyolali hits terbaru, cocok untuk liburan

View Image

0

BRILIO » Jalan-Jalan

25 Wisata Boyolali hits terbaru, cocok untuk liburan

Boyolali sudah terkenal karena memiliki pemandangan indah yang sayang sekali untuk dilewatkan.

(brl/gib)

06 / 11 / 2018 20:02

Brilio.net - Musim liburan akan segera tiba. Momen liburan memang sering ditunggu bagi orang-orang yang sudah penat dan jenuh dengan pekerjaan kantoran yang bikin penat pikiran. Liburan akan melepaskan sejenak beban pikiran dan menyegarkan diri kembali dengan suasana baru. Tak hanya orang kantoran, anak sekolah dan mahasiswa pun kerap meluangkan waktunya untuk liburan, karena dengan liburan mereka akan merasa lebih tenang dan bersemangat untuk menjalani kegiatan selanjutnya.

Pilihan liburan pun ada banyak macamnya. Ada yang suka berlibur ke pantai, ke gunung, ke kota dan lain-lain. Intinya, liburan dipilih untuk keluar dari zona yang membosankan dan gitu-gitu saja. Meskipun tempat liburannya tidak jauh, namun dengan suasana yang berbeda, setidaknya membuat pikiran lebih segar kembali. Tempat wisata yang sering dipakai untuk liburan di Indonesia mungkin adalah Yogyakarta, Jakarta, Bandung atau Bali. Kota-kota besar itu memang sudah populer untuk menjadi tempat liburan. Padahal banyak sekali tempat wisata yang ada di Indonesia yang tak kalah menariknya. Salah satunya adalah Boyolali.

Boyolali adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten kecil ini memiliki potensi wisata yang sangat besar, mulai dari gunung api, air terjun, hingga tempat-tempat bersejarah seperti candi. Boyolali adalah kabupaten yang terkenal akan produksi susu sapi. Boyolali merupakan kota dengan penghasil susu terbaik di Jawa Tengah. Susu sapi yang dihasilkan adalah susu dari ternak sapi yang biasa masyarakat Boyolali setorkan kepada perusahaan besar di Indonesia.

Selain terkenal akan penghasil susu sapi terbaik, Boyolali juga memiliki puluhan spot wisata yang keren untuk bisa kamu kunjungi saat liburan. Letak kabupaten Boyolali memang terbilang unik, karena kabupaten ini terapit oleh dua gunung terkenal di Jawa yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Terletak di antara dua gunung membuat Boyolali memiliki iklim udara yang relatif dingin dan sejuk. Sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur di kawasan atau wilayah yang sejuk seperti itu. Boyolali memiliki pemandangan indah yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Mungkin, Boyolali memang tidak begitu populer untuk dijadikan tempat liburan. Padahal sebenarnya Boyolali memiliki potensi yang sangat luar biasa di pariwisatanya. Untuk kamu yang masih bingung untuk liburan ke mana, cobalah berlibur ke Boyolali.

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut 30 wisata Boyolali yang rekomen banget buat liburanmu bareng keluarga atau sahabat.

1. Gunung Merbabu

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@tamrin_amrulloh

Kalau kamu seorang pecinta alam dan hobi mendaki gunung, pilihan untuk muncak di Gunung Merbabu barangkali adalah pilihan terbaik. Gunung ini memiliki banyak spot keren untuk berfoto. Jalur pendakian Gunung Merbabu bisa melewati Kabupaten Boyolali, Salatiga dan Magelang. Jalur pendakian melalui Kabupaten Boyolali adalah bernama Jalur Selo. Jalur ini memiliki pemandangan yang indah dan dijamin sangat cocok buat kamu untuk berlibur.

2. Lembah Gunung Madu

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@jelajah_lembah_gunung_madu

Lembah Gunung Madu adalah sebuah tempat bersejarah di Kabupaten Boyolali. Pada zaman dahulu, Lembah Gunung Madu sering digunakan untuk persembunyian masyarakat sekitar dari penjajah Jepang. Terbukti ada 5 goa peninggalan zaman penjajahan yang berada di lembah ini.

Di sini, kamu bisa berfoto dan menikmati suasana alam yang sejuk dan menyegarkan sekaligus mengenang masa-masa perjuangan masyarakat Indonesia pada zaman penjajahan. Lokasi Lembah Gunung Madu berada di Simo-Klego, Boyolali. Biaya masuknya untuk ongkos parkir sebesar Rp 2.000 saja.

3. Ekowisata Taman Air Tlatar

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@didiksetya_

Tempat ini adalah sebuah taman air yang memanfaatkan sumber daya alam berlimpah di Kabupaten Boyolali. Di sini kamu bisa berenang dan melihat tempat pembudidayaan ikan. Banyak anak kecil dan keluarga yang bermain di sini karena tempat ini sangat cocok untuk berlibur dan mendapat pengetahuan.

4. Omah Bambu Merapi

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@wahyu_setyoko

Di Omah Bambu Merapi, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi yang super cantik dan indah. Obyek wisata ini memang terbilang baru di kawasan Boyolali, namun kini sudah ramai dikunjungi karena ingin melihat pemandangan alam yang luar biasa tersebut. Ketika di sini, kamu akan serasa menyatu dengan alam. Cukup membayar ongkos parkir saja sebesar Rp 5.000 kamu sudah bisa masuk ke tempat indah ini.

5. Pemandian Alam Kedung Goro

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@bingah_inawati

Bagi kamu yang menyukai obyek wisata air, Pemandian Alam Kedung Goro ini mungkin adalah obyek wisata terbaik buat kamu. Di sini kamu bisa menikmati kesegaran air Pemandian Alam Kedung Goro yang bersih dan jernih. Selain bermain air, kamu juga bisa menyelam di tempat ini karena pemandiannya cukup dalam sehingga memungkinkan kamu untuk menyelam. Daerah sekitar pemandian ini juga dikelilingi oleh hutan yang lebat dan memberikan kesejukan tambahan saat kamu berkunjung ke sini. Obyek wisata ini terletak di Desa Bolo, Wonosegoro, Boyolali. Untuk masuk di wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis.

6. Kampung Air Kragilan

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@inggargumintang

Kampung Air Kragilan adalah Desa Wisata Boyolali yang tidak boleh kamu lewatkan. Desa wisata ini menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau dan alami dengan suara gemercik air dari bukit-bukit di sekitarnya. Suasana alami sejuk dan jauh dari polusi kendaraan kota ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran kamu yang penat dan ingin bersantai bersama keluarga, teman atau pasangan kamu. Di sini juga ada waterboom, live music, rumah makan, dan saung bambu untuk bersantai. Tempat wisata ini terletak di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

7. Air Terjun Semuncar Boyolali

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@kikimei_monk

Air terjun ini sangat menarik untuk dikunjungi karena kesegaran air dan suasana alam yang tenang. Untuk masuk ke air terjun ini kamu membutuhkan perjalanan yang lumayan sulit. Ada dua jalur yang bisa dilewati, yang pertama kamu bisa melewati perkebunan warga desa atau melewati jalur Sungai Cipendok. Namun, ketika kamu sudah masuk di Air Terjun Semuncar, semua lelah akan terbayar lunas karena pemandangan yang sangat indah.

8. Brown Canyon

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@andika_seetyaa

Lokasi wisata ini terletak di Kragilan, Mojosongo, Boyolali. Pada awalnya, Brown Canyon adalah sebuah bukit tempat penambangan batuan material. Namun, seiring waktu, lokasi bekas penambangan itu menjadi salah satu obyek wisata yang unik dan keren. Banyak spot foto-foto yang cocok bagi kamu pecinta fotografi.

9. Kampung Lele

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: jatengprov.go.id

Salah satu agrowisata di Boyolali yang terkenal adalah Kampung Lele. Terletak di Desa Tegalrejo, Mangkubumen, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali. Di sini, kamu bisa melihat pembudidayaan lele sampai pengolahan ikan lele menjadi berbagai olahan makanan seperti abon lele.

10. Tirto Marto Pengging

Wisata Boyolali hits dan Instagramable © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@nisansl19_

Pemandian air terkenal ini terletak di Dukuh Banyudno, Boyolali. Lokasi ini selalu ramai oleh pengunjung karena memang sudah terkenal sejak dahulu. Pemandian ini sering digunakan untuk melakukan 'padusan' yaitu menyucikan diri bagi orang Jawa Tengah yang dilakukan dengan tujuan melakukan pembersihan diri dari niat-niat buruk dan tidak benar. Padusan di pemandian Tirto Marto Pengging sudah menjadi tradisi warga sekitar. Cukup membayar Rp 10.000 untuk merasakan kesegaran air Tirto Marto Pengging ini.

11. Bukit Gancik

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@nurull_politon

Bukit Gancik terletak di lereng Gunung Merbabu. Tepatnya di Dusun Selo Duwur, Desa Selom Kecamatan Selo, Boyolali. Di sini kamu akan menemukan pemandangan yang menakjubkan dari Gunung Merbabu. Bukit ini pun menjadi kawasan jalur pendakian Gunung Merbabu. Udara di sini masih dingin dan sejuk, banyak spot foto yang keren bisa kamu dapatkan seperti foto kabut di atas bukit atau perkebunan sayur yang segar. Cukup membayar Rp 5.000 untuk parkir motor saja, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah di Bukit Gancik.

12. Air Terjun Kedung Kayang

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@faza_noer

Air terjun Kedung Kayang merupakan salah satu tempat liburan di Boyolali yang paling hits dan banyak dikunjungi wisatawan. Air Terjun Kedung Kayang ini memiliki pemandangan yang masih alami dan asri. Ditambah lagi lokasi air terjun ini berada di antara Gunung Merbabu dan Merapi yang menambah keasrian objek wisata ini. Air Terjun Kedung Kayang berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Kedua, air terjun Kedung Kayang ini juga ada di Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

13. New Selo

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@try_3

New Selo berada di kawasan hutan dengan lahan masyarakat yang berada di ketinggian. New Selo ini terkenal dengan lokasi yang dibuka sebagai pos pendakian Gunung Merbabu. Di sana kamu akan menjumpai Gardu Pandang, warung makan, dan pendopo yang bisa kamu pakai untuk bersantai.

14. Candi Sari

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: sasadaramk.blogspot.com

Objek wisata Candi Sari merupakan salah satu lokasi wisata di Boyolali yang memiliki nilai-nilai sejarah masa lalu. Candi Sari sendiri adalah sebuah candi yang terletak di atas bukit. Bukit tempat Candi Sari ini dipercaya warga sekitar sebabagi sumber mata air. Candi Sari juga terletak di beberapa desa yang warganya masih memegang kepercayaan dan menjaga kelestarian bangunan ini.

15. Candi Lawang

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@mantanmodel_

Candi Lawang ini merupakan peninggalan Hindu pada abad ke 9. Di daerah sekitar Candi Lawang ini memiliki kawasan hijau yang sejuk. Sangat cocok buat kamu yang ingin berlibur sejarah dengan suasana alam yang menyejukkan.

16. Waduk Kedung Ombo

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@febriyan_8

Waduk Kedung Ombo berjarak sekitar 50 km atau sekitar 2 jam dari Kota Boyolali. Selain sebagai tempat wisata, waduk ini digunakan sebagai irigasi bagi persawahan milik warga sekitar. Kini Waduk Kedung Ombo sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang memadai seperti bumi perkemahan, hutan wisata, pemancingan, rumah makan apung dan wisata air.

17. Waduk Cengklik

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@fajarr.s

Waduk Cengklik ini merupakan spot yang cocok untuk melihat sunset. Lokasi ini menjadi favorit tempat nongkrong di Boyolali. Khususnya bagi kalangan anak muda pecinta fotografi yang ingin mendapat pemandangan sunset yang indah. Waduk Cengklik ini memiliki luas 300 hektar ini dulunya di bangun pada zaman penjajahan Belanda. Tujuan dari dibuatnya waduk ini adalah untuk mengairi lahan lahan sawah warga sekitar.

18. Vihara Veluvana

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@arip_shaa

Bangunan ini merupakan pagoda yang berada di kompleks peribadatan umat agama Budha yakni di Vihara Veluvana. Bangunan ini merupakan aset milik IIAB (Institut Ilmu Agama Budha) yang mahasiswanya datang dari seluruh penjuru Indonesia dan bahkan ada juga yang datang dari luar negeri (mayoritas dari Myanmar dan Thailand). Karena bangunan ini berada di Kompleks SMK Pembangunan, maka untuk ke sana kita harus izin terlebih dahulu dan hari libur. Lokasi wisata ini berada di Kompleks SMK Pembangunan, Dukuh Ngelo, Desa Kaligentong, Kecamatan Ampel, Boyolali. Meski sedang berlibur, di sini para pengunjung harus menjaga kesopanannya, mengingat sedang di tempat ibadah.

19. Irung Petruk

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@dwi_s256

Dinamakan Irung Petruk karena jika dilihat dari udara, tikungan ini terlihat mancung lancip seperti hidung Petruk dalam cerita pewayangan Punokawan. Irung Petruk letaknya yang berada di daerah pegunungan, Irung Petruk adalah tempat yang pas bagi kalian yang suka berburu sunrise. Jika cuaca cerah dan beruntung, kalian dapat melihat pemandangan Gunung Lawu, Karanganyar dari tempat ini. Maka akan sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan spot foto keren di Irung Petruk ini.

20. Kebun Raya Indrokilo Kemiri

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 2 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@adycahyonoady

Rencananya kebun raya ini nantinya akan menjadi tempat konservasi tanaman langka dari berbagai macam daerah di Indonesia. Kebun Raya Indrokilo ini berdiri di lahan seluas 8,9 hektar yang luas. Selain untuk destinasi wisata, tempat ini juga dibangun untuk keperluan penelitian, pendidikan dan jasa lingkungan. Jadi bagi kamu yang suka berwisata sambil belajar, tempat ini sangat cocok buat liburan. Tempat wisata yang satu ini berada di Kecamatan Mojosongo, Boyolali.

21. Agrowisata Sapi Perah Cepogo

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 3 © 2018 brilio.net

foto: tambak.desa.id

Salah satu tempat penghasil susu sapi terkenal adalah agrowisata sapi perah Cepogo. Wilayah Cepogo ini dijadikan agrowisata penghasil susu sapi terbesar di Boyolali. Kebanyakan sapi perah yang ada di tempat ini dipelihara untuk diambil susunya dan wisatawan yang datang ke tempat ini bisa melihat proses memerah susu sapi sekaligus langsung menikmati susu segar di tempat tersebut.

22. Kali Cemara

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 3 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@estaambarwati97

Kali Cemara ini merupakan obyek wisata kerjasama antara BEM FP UNS dengan Karang Taruna Ristansari di Dea Blagung, Boyolali. Tempat yang satu ini masih bersih dan memiliki banyak spot foto seperti rumah pohon, papan Instagram lengkap dengan tulisan-tulisan yang bikin foto kamu makin Instagramable. Yang paling terkenal di sana adalah Tanggul Belanda yang menghadap sungai langsung.

23. Umbul Leses

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 3 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@ashari.riri

Umbul Leses yang berada di RT 012/RW 003 Dukuh Soko, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali, ini dikenal sebagai tempat wisata ziarah sekaligus wisata air. Umbul ini dinamai Umbul Leses karena dikelilingi dengan pepohonan leses. Kamu bisa berenang bersama ikan di umbul ini. Selain itu, berfoto di pepohonan leses memang sangat menarik dan keren.

24. Simpang Lima Boyolali

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 3 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@yustingayuhnugroho

Pusat kota Boyolali ini memiliki patung Arjuna yang megah bersama kudanya. Di tempat ini selalu ramai dari sore sampai malam hari. Diterangi lampu kota yang cerah dan udara yang dingin akan membuat nongkrongmu sama teman-teman semakin seru.

25. Jembatan Tua Ngemplak

Wisata Boyolali hits dan Instagramable 3 © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@denisauruz

Salah satu wisata yang hits di Boyolali adalah sebuah jembatan tua bekas peninggalan zaman penjajahan Belanda ini. Di sini kamu bisa berfoto dengan spot yang Instagramable banget deh. Lokasinya di Dukuh Gatak, Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

(mgg/renno hadi)





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    50%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more