Brilio.net - Sebagai salah satu destinasi wisata, Jogja menyimpan sejuta keindahan. Mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, religi dan yang pastinya surganya tempat belanja murah. Melihat potensi wisata yang begitu besar, tak heran jika Jogja dijadikan salah satu tempat kunjungan terbaik wisatawan untuk berlibur.

Salah satu yang menarik di Jogja adalah keindahan sunrise-nya. Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu kalau sunrise atau matahari terbit memiliki keindahan yang begitu menakjubkan. Fenomena matahari terbit ini punya pesona keindahan tersendiri bagi para wisatawan. Memang tidak bisa dipungkiri sih, matahari yang terbit secara perlahan memberikan kesan menakjubkan, warnanya yang kemerahan membuat mata berbinar manatapnya.

Untuk bisa menikmati keindahan sunrise, kamu tidak bisa melihatnya desegala tempat. Karena tak semua tempat menyuguhi keindahan matahari terbit tesebut. Lalu di mana kamu bisa menikmatinya? Berikut ini beberapa tempat wisata di Jogja dan daerah sekitarnya yang memiliki keindahan sunrise yang luar biasa menakjubkannya.

Kamu tidak akan pernah menyesal datang jauh-jauh ke sana dan bangun sedini mungkin untuk bisa melihat fenomena matahari terbit yang luar biasa ini. Di mana saja? Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (22/11).

1. Gunung Merapi.

Loading...

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Instagram/@suprayoga02

Gunung Merapi merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise. Gunung Merapi terletak di Kaliurang. Lokasinya dari pusat kota Jogja kurang lebih memakan waktu 1,5 jam. Biasanya jika wisatawan hendak melihat matahari terbit, ada jeep khusus yang mengantar kamu ke sana. Kamu akan diantar pagi-pagi buta agar tidak ketinggalan matahari terbit.

Ketika tiba dilokasi kamu akan melihat, puluhan orang sudah berada di kawasan tersebut untuk bisa menikmati sunrise. Langit yang sebelumnya gelap akan berubah warna menjadi biru kejinggaan, itu tandanya sebentar lagi sang surya akan terbit. Momen-momen inilah yang selalu dinanti wisatawan untuk mengabadikan panorama fajar.

2. Pantai Parangtritis.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Instagram/@elflavio19

Sudah tidak asing lagi bukan dengan pantai satu ini? Di pantai Parangtritis kamu bisa menikmati keindahan sunrise. Berlokasi di sebelah selatan Yogyakarta, pantai Parangtritis tidak terlalu jauh dari pusat kota. Apa lagi aksesnya sangat mudah untuk dijangkau, jadi kamu nggak akan kerepotan untuk menemui tempat eksotis satu ini.

3. Kebun Buah Mangunan.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Instagram/@senosutrisno

Kalau kamu nggak mau naik kepuncak gunung atau main ke pantai, kamu bisa nih menjemput sunrise di Kebun Buah Mangunan. Tempat ini juga nggak kalah kerennya, di sini kamu bisa melihat secara jelas ketika sang fajar terbit.

Kebun Buah Mangunan merupakan wisata yang terdapat di Bantul, yogyakarta. Untuk masuk ke sini, kamu nggak akan merasa diporotin, karena kamu cuma bayar Rp 5.000 saja sudah bisa menikmati keindahan alam yang ada di sini.

4. Istana Ratu Boko.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Facebook/Cempaka Homestay Yogyakarta

Kalau ke Jogja, jangan sampai melewati wisata candi satu ini. Jika kamu berniat memburu matahari terbit, maka tempat terbaik untuk menikmatinya adalah Candi Ratu Boko. Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Istana Ratu Boko, merasa sangat puas melihat sunrise.

Untuk lokasinya, Candi Ratu Boko tak jauh dari Candi Prambanan. Alamatnya di Jalan Solo, KM 7, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Akses jalan menuju ke sana sangat mudah. Sehingga kamu tidak akan mengalami kesulitan.

5. Pantai Krakal.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Facebook/Taufiq Teguh Prasetyo

Pantai Krakal merupakan pantai yang terletak di Gunungkidul Yogyakarta. Banyak wisatawan memilih pantai ini sebagai tempat mereka melepas penat. Pasalnya pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang serta permukaan pantai yang landai.

Satu hal yang paling mencuri perhatian adalah, kamu bisa menikmati keindahan sang fajar di sini. Bukan rasahasia lagi, wisata ini sudah dikunjungi wisata ini sudah dikunjungi orang dari berbagai daerah bahkan negara, hanya untuk menikmati keindahan sunrise-nya.

6. Pantai Indrayanti.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Facebook/Andri Wahyu Nugroho

Pantai Indrayanti juga merupakan pantai yang ada di Gunungkidul. Kawan ini merupakan tempat favorit wisatawan, selain keindahan pantainya, keindahan sunrise menjadi salah satu tujuan wisatawan datang ke sini.

Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan sunrise secara utuh, kamu bisa naik ke atas tebing yang terdapat di sisi kiri pantai. Dinginnya pagi akan terasa hangat ketika kamu berpapasan langsung dengan sang fajar.

7. Candi Prambanan.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Twitter/@Aguzt_F

Selain menyimpan berbagai situs sejarah dan berbagai keindahan candinya, Prambanan merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati sunrise. Wisata satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan wisatawan, baik dalam dan luar negeri. Candi Prambanan ini terletak di Klaten, Jawa Tengah, sekitar 20 km di timur kota Jogja.

Satu hal yang harus menjadi catatan para wisatawan yang ingin menikmati sunrise di sini. Candi Prambanan di hari biasa tidak buka di pagi hari. Jadi, buat kamu yang ingin berburu sunrise di sini, bisa datang di hari Minggu saja.

8. Gunung Api Purba Nglanggeran.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Facebook/Jogjaku

Gunung Api Purba Nglanggeran masuk ke kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Pemandangan alam di Gunung Api Purba Nglanggeran luar biasa indahnya. Jika kamu belum naik sampai ke atas, sunrise Gunung Api Purba Nglanggeran ini kesannya biasa aja, namun jika sudah di atas, kamu akan melihat betapa indahannya alam yang bentang luas di depan mata.

Satu hal lagi yang diburu banyak orang, yakni sunrise-nya. Di sini kamu bisa menikmati sunrise secara bebas tanpa terhalangi apapun. Benar-benar menakjubkan. Untuk mencapai gunung ini, diperlukan sekitar 25 km dari pusat Jogja. Jika kamu ingin menikmati sunrise di sini, maka kamu berangkat sekitar jam 03.30 WIB, jika tidak ingin terburu-buru kamu bisa datang lebih cepat dari itu.

9. Kalibiru.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Instagram/@rahmanta_dima

Objek wisata yang ada di Kulonprogo ini, begitu hits di kalangan wisatawan. Selain bisa menikmati alam lepas dari ketinggian, seperti Waduk Sermo. Kamu juga bisa menikmati spot-spot foto yang ada di wisata tersebut.

Satu hal yang paling dicari di sini adalah matahari terbitnya atau sunrise. Sunrise di Kalibiru begitu indah dan menawan. Kamu akan takjub melihat keindahan tersebut.

10. Pantai Sundak.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Twitter/@infojogja

Ini merupakan pantai yang ada di wilayah Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Pantai ini tepatnya berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Yogyakarta. Pantai Sundak memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain itu kamu juga bisa berburu sunrise di sini.

Pantai ini berdekatakan dengan beberapa pantai lain di Gunungkidul, seperti Pantai Indrayanti, pantai Sadranan dan pantai Krakal. Untuk bisa menikmati sunrise di pantai Sundak, kamu nggak perlu datang sepagi mungkin ke sini. Cukup menginap aja di sini dengan memasang tenda. Jadi kamu bisa bermalam ditengah alam bebas dan keesokan harinya bisa menikmati sang fajar.

11. Candi Plaosan.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Twitter/@Jogja24Jam

Candi Plaosan merupakan candi yang berada di kawasan Klaten, Jawa Tengah yang merupakan destinasi wisata yang wajib di kunjungi. Candi ini terletak di sebelah Utara Candi Prambanan. Candi ini terdiri dari dua kompleks candi yang berdekatan, yakni Plaosan Lor dan Plaosan Kidul.

Kamu bisa menikamati keindahan sunrise yang memukau di sini. Tak kalah apiknya dengan sunrise di Candi Prambanan. Pastikan kalau ke Jogja, jangan melewati wisata satu ini.

12. Bukit Parang Endog.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Facebook/LiburMulu.Com

Bukit ini sebenaranya lebih dikenal dengan bukit paralayang. Karena kerap dijadikan sebagai salah satu tempat untuk lepas landas para pecinta olahraga ekstrem. Setiap tahunnya juga tempat ini digunakan untuk event-event tertentu, misalnya Jogja Air Show yang diadakan setiap tahun di Parangtritis dan Parangkusumo.

Meskipun demikian, tempat ini begitu menakjubkan dengan fenomena sunrise dan sunset-nya. Banyak yang datang ke sini hanya untuk bersantai sambil menunggu matahari terbenam. Dan bahkan ada pula yang rela datang pagi-pagi ke sini untuk bisa menyaksikan matahari terbit.

13. Pantai Pok Tunggal.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Twitter/@harleypradana

Sama dengan beberapa pantai di Gunungkidul lainnya, pantai Pok Tunggal juga memiliki keindahan sunrise yang luar biasa. Untuk bisa menikmati keindahan di sini, kamu harus melalui jalanan yang terjal dan diharapkan untuk selalu berhanti-hati.

Jika pagi kamu bisa menikmati sunrise di sini, sore harinya kamu juga akan di suguhi pemandangan yang luar biasa kerennya, yakni sunset. Dua keindahan itu akan membuat liburan aku begitu berkesan.

14. Embung Nglanggeran.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Twitter/@AstraHondaCare

Embung Nglanggeran merupakan spot paling tepat untuk menikmati keindahan sunrise. Wisata ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul atau sekitar 25 km dari Kota Jogja. Karena lokasinya berada di atas bukit, kamu harus sedikit bersusah payah. Embung Nglanggeran terletak 500 meter di atas permukaan laut. Kamu bisa menyaksikan keindahan serta kamu akan takjub dengan Embung Nglanggeran ini.

Dengan bacground pepohonan hijau yang begitu indah, kawasan ini terasa begitu asri dan rindang. Banyak nih wisatawan merasa betah berlama-lama di sini. Kamu nggak akan nyesal jauh-jauh ke jogja dan mengunjungi Embung ini.

15. Embung Tambakboyo.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Twitter/@mmtcradiojogja

Ini merupakan salah satu tempat antimeinstream untuk menyaksikan keindahan sunrise. Embung Tambakboyo merupakan sebuah waduk yang rampung pada 2008 silam. Tempat ini sebenarnya di fungusikan sebagai penampungan cadangan air untuk warga Bantul.

Tempat ini kemudian digunakan oleh beberapa orang untuk bersantai dan berjalan-jalan di sekitar waduk. Nah sekali waktu orang juha suka berburu matahari terbit di sini.

16. Puncak Suroloyo.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Twitter/@Jogja24Jam

kawan wisata satu ini terletak di Pegunungan Menoreh, Kulonprogo. Untuk ke sini, kamu cuma butuh waktu 1 jam dari pusat kota Jogja. Jika kamu ingin menikmati sunrise dipuncak Suroloyo, kamu harus siap menaiki anak tangga sebanyak 286 anak tangga agar bisa menuju puncak gardu pandang yang memiliki ketinggian 1.019 mdpl.

Bagaimana? Kamu tidak akan kelelahan kok, karena kamu akan ditemani wisatawan lainnya yang ingin menikmati keindahan yang sama.

17. Puncak Becici Dlingo.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Instagram/@ashddqq

Puncak Becici Dlingo merupakan hutan lindung yang dikelola oleh RPH Mangunan. Kawasan wisata satu ini sangat asri. Kebanyakan orang datang ke sini untuk bisa menikmati sunset. Namun di pagi hari kawasan ini jauh lebih indah. Kamu bisa menikmati sunrise di sini dengan leluasa.

Tempat ini begitu bagus dan menakjubkan, tak heran orang berbondong-bondong datang ke sini untuk bisa menikmati keindahan alamnya. Sampai akhirnya tempat ini dikelola oleh masyarakat setempat. Kawasan Puncak Becici Dlingo, tidak jauh dari hutan pinus Mangunan. Akses menuju ke sini sangat mudah, jadi kamu bisa dengan mudah mengunjunginya.

18. Candi Borobudur.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Instagram/@piknik_djogja

Candi Buddha terbesar di dunia ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sekitar 40 km sebelah utara kota Yogyakarta. Wisatawan tak asing lagi dengan wisata megah satu ini. Jika kamu ingin berburu sunrise di sini, kamu harus menginap di kawasan Candi Borobudur, yakni hotel Manohara. Pasalnya, Candi Borobudur baru di buka tepat pukul 06.00 pagi, itu artinya kamu sudah tidak bisa menikmati sunrise.

Soal keindahan tak perlu dipertanyakan lagi, hampir semua wisatawan merasa senang bisa berkunjung ke kawasan ini. Jadi kamu jangan sampai kelewatan setiap momen keindahan di sini ya.

19. Punthuk Setumbu.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Instagram/@andelishomestay

Punthuk Setumbu merupakan bukit yang memiliki tinggi 400 m yang terletak tidak jauh dari kawasan Candi Borobudur. Kawasan ini sempat sangat terkenal, karena dijadikan salah satu lokasi shooting AADC. Kalau di sini, orang-orang datang memang untuk menyaksikan keindahan sunrise.

Dari atas bukit ini kamu juga bisa melihat keindahan Pegunungan, mulai dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan pastinya bisa melihat keindahan Candi Borobudur. Nah untuk bisa sampai ke puncak kamu harus menaiki satu persatu anak tangga hingga ke gardu pandang.

20. Candi Ijo.

20 Spot menikmati sunrise terbaik di Jogja istimewa

foto: Twitter/@nazirahnajit

Candi Ijo merupakan candi tertinggi di Jogja. Ketika kamu mengunjungi candi ini, maka kamu akan melihat hamparan rerumputan yang hijau dan bersih serta terdapat relief bersejarah yang cantik. Di Candi Ijo menyuguhi keindahan sunrise yang luar biasa bagusnya. Panorama alamnya yang bagus, dijamin kamu betah berlama-lama di kawasan wisata satu ini.

Ketinggian bukit ini adalah sekitar 410 m di atas permukaan laut. Karena berada di kawasan yang cukup tinggi, kamu bisa melihat Candi-candi yang lain dari ketinggian ini. Candi Ijo berada tak jauh dari Candi Ratu Boko, jadi dengan mudah kamu bisa menjumpai Candi ini.