Brilio.net - Menjelajah tempat baru dan berbeda menjadi salah satu cara setiap orang untuk menghilangkan stres dan rehat sejenak dari segala rutinitas yang penuh tekanan. Kalau kamu sedang merencanakan untuk melakukan liburan, maka jangan hanya memilih tempat yang ramai di kunjungi orang. Kamu bisa memilih tempat-tempat yang menantang dan memberikan pesan tersendiri seperti halnya wisata religi.

Di daerah Asia sendiri banyak terdapat tempat wisata religi yang sangat unik dan misterius yang patut untuk di kunjungi agar liburanmu nggak biasa aja.

Kamu salah satu orang yang hobi jalan-jalan? Udah deh, nggak usah ngaku hits kalau kamu belum mengunjungi 10 wisata religi yang penuh misteri seperti yang dilansir brilio.net dari Listverse, Sabtu (2/4).


1. Kuil Dongyue, China

Kuil Dongyue kembali ditemukan pada tahun 1319 dan merupakan salah satu kuil terbesar di Beijing, China. Resmi dibuka untuk umum pada tahun 1999, Dongyue menyimpan berbagai tradisi kuno negeri bambu. Berbagai upacara keagamaan dilakukan di tempat ini sepanjang tahunnya.

Dongyue memiliki halaman utama yang dapat diakses melalui Happiness Road yang di sisinya terdapat dua paviliun megah yang sudah ada sejak Dinasti Qing. Berbagai nama di dalam kuil masing-masing mewakili penamaan negara. Di dalam kuil juga pengunjung dapat menemukan patung-patung tua dan langkah.


2. Candi Goa Lawah, Indonesia

Goa Lawah atau yang memiliki arti Goa Kelelawar ini juga menjadi salah satu situs candi Hindu pada abad ke-11. Goa ini dulunya sering dijadikan tempat meditasi. Bahkan kelelawar yang bergelantungan di dinding goa dianggap sakral karena menjaga perairan. Air yang mengalir di dalam goa yang berada di Bali ini pun dianggap sebagai air suci.


3. Wat Phumin, Thailand

Wat Phumin adalah kuil Buddha di Nan, Thailand. Kuil ini akan menampilkan panorama yang sangat indah dan artistik. Dinding dipenuhi dengan berbagai mural yang menampilkan kearifan lokal masyarakat di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga terdapat perpustakaan dua lantai yang berisi berbagai teks-teks agama serta diorama-diorama yang memperlihatkan ajaran Buddha.


4. Huashan Teahouse, China

Gunung Huashan telah menjadi tempat suci selama bertahun-tahun lamanya. Di puncak gunung ini tersebar beberapa kuil-kuil tentang keyakinan Tao. Selain itu berbagai tanaman langka dan satwa bisa ditemukan di sekitar kuil. Keberadaan 474 jenis tanaman dan satwa yang berbeda ini menjadi simbol untuk perwujudan kekayaan. Perjalanan ke Huashan Teahouse pun tidak mudah dan membutuhkan kemampuan fisik yang kuat demi melewati anak tangga yang curam.


5. Candi Zenkoji, Jepang

Candi Zenkoji telah ada sejak abad keenam. Saat itu Buddhisme adalah sesuatu yang kurang dapat diterima di Jepang. Secara diam-diam para pengikut Buddhisme membangun 654 patung yang telah diukir di India dan dibawa ke Jepang. Untuk beberapa kesempatan, pengunjung banyak yang mengatakan melihat patung-patung itu bergerak. Beberapa juga menyaksikan bahwa susunan patung bisa berpindah sendiri.


Masih ada juga wisata religi yang dari Indonesia. Kamu bisa tebak lokasinya di mana? KLIK NEXT..

2 dari 2 halaman




6. The Snake Pagoda, Myanmar

The Snake Pagoda memiliki nama resmi Labamuni Hsu-taungpye Paya ini telah ada sejak abad ke-15. Secara historis pagoda ini terbentuk dari 3 ekor ular yang membelah hutan Myanmar yang tersesat di dekat patung Budha di dalam hutan. Salah satu ular yang berada di Pagoda tersebut adalah jenis python yang berukuran sangat besar mencapai 5 meter. Phyton ini bahkan dianggap sebagai reinkarnasi dari salah satu abbots. Pagoda yang dilengkapi dengan 325 stupa ini ramai pengunjung setiap harinya.


7. Mount Osore, Jepang

Mount Osore menjadi salah satu tempat suci di Jepang. Berada di dataran vulkanik, Mount Osore memiliki danau yang indah dan dapat berubah warna. Selain itu, Mount Osore juga dikelilingi oleh 8 gunung dan dipenuhi dengan patung Jizo yang dianggap sebagai pelindung anak-anak dari makhluk jahat. Bahkan Jizo sering digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi dengan makhluk gaib.


8. Tanah Lot, Indonesia

Tanah Lot Bali Indonesia, menjadi salah satu kuil Hindu paling indah di dunia. Menurut legenda, Tanah Lot pertama kali diselesaikan oleh seorang pengembara Hindu bernama Danghyang Nirartha. Kemampuan Nirartha membangun kuil mendapatkan kecemburuan dari raja yang berkuasa dan para akhirnya Nirartha diusir. Ketika tidak bisa bertahan melawan kekuatan raja, Nirartha membentangkan selendangnya di laut untuk melindungi Tanah Lot dan akhirnya dia menghilang.


9. Preah Vihear, Kamboja

Candi ini terletak di dataran Kamboja dekat dengan perbatasan Thailand. Berdiri sejak abad ke-11, Preah Vihear memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik. Tempat yang kini menjadi situs warisan budaya UNESCO ini didedikasikan untuk Dewa Siwa.


10. Awashima Jinja, Jepang

Boneka memiliki arti penting bagi kebudayaan Jepang. Boneka tidak hanya menjadi mainan saja melainkan berperan penting dalam ritual upacara dan doa. Awashima Jinja menjadi kuil dengan koleksi boneka terbanyak di dunia. Boneka di kuil ini dianggap suci dan membawa keberkahan. Masyarakat menyakini bahwa Awashima Jinja adalah tempat terbaik untuk wanita meminta kesehatan dan kesuburan.

Kuil ini memperlakukan boneka secara khusus dan setiap tahunnya dilaksanakan ritual membersihkan boneka sebagai simbol menolak hal jahat dan membersihkan boneka dari roh jahat yang bersemayam di boneka.