Brilio.net - Air terjun merupakan salah satu objek pariwisata yang sangat menakjubkan. Air terjun ini selain menunjukkan sebagai sebuah harmoni dari keseimbangan alam yang ada, juga menunjukkan sebuah keajaiban alam yang nggak mudah didapatkan di semua tempat di dunia. Keindahan alam berupa air terjun ini juga selalu diburu para wisatawan, terutama jika mudah diakses.

Salah satu air terjun yang terkenal indah di dunia adalah Niagara yang terletak di Sungai Niagara, perbatasan antara negara bagian New York Amerika Serikat dengan provinsi Ontario Kanada. Namun di Indonesia, ada sejumlah air terjun yang sebenarnya nggak kalah menakjubkan dibanding Niagara.

Nah, berikut 10 air terjun Nusantara yang dijuluki Niagara dari Indonesia, sebagaimana dihimpun brilio.net dari beberapa sumber, Kamis (15/12):

1. Air Terjun Sipiso Piso, Karo, Sumatera Utara.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: piknikzone.com

Air terjun yang ada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini sangat indah, terutama jika dilihat dari sisi bukit yang ada di sekelilingnya. Puncak air terjun ini berada di ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Sekelilingnya ada hutan-hutan pinus yang membuatnya menjadi tempat rekreasi yang sangat indah.

Air terjun ini bahkan merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Para pengunjung mudah menikmati keindahan Air Terjun Sipiso Piso ini karena jalan berbentuk tangga-tangga yang bisa dilewati nggak jauh dari air terjun.

2. Air Terjun Lawean, Tulungagung, Jawa Timur.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: cepamagz.com

Air Terjun Lawean ini terletak di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Sekeliling air terjun ini juga dipadati oleh hutan pinus.

Guna mencapai air terjun Lawean memang nggak mudah, butuh tenaga ekstra. Namun saat sudah sampai lokasi, pengunjung dipastikan akan takjub degan deburan air yang meluncur di bebatuan yang indah.

3. Air Terjun Payakumbuh, Lembah Harau, Sumatra Barat.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: jalan-jalanbasamosamo.blogspot.co.id

Tebing-tebing yang ada di Lembah Harau Payakumbuh mempunyai kemiringan hampir mencapai 90 derajat. Di tebing-tebing ini terdapat sejumlah air terjun yang jatuh di kolam berair jernih.

Selain ada yang jatuh ke kolam, ada juga yang secara alami mengalir langsung ke daratan yang lebih rendah. Pengunjung tinggal pilih yang mana. Jika ingin mudah mandi di air terjun, pilih lokasi yang ada kolam penampungannya.

4. Air Terjun Curug Cipendok, Purwokerto, Jawa Tengah.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: wikimedia.org

Curug Cipendok adalah air terjun dengan ketinggian 92 meter yang terletak di lereng Gunung Slamet. Air terjun ini seakan tersembunyi di tengah lebatnya lereng gunung.

Derasnya air terjun seakan memecah kesunyian yang ada di sekelilingnya. Hawa di sekitar juga sangat sejuk dan sepanjang jalan menuju ke sana terdapat area perkebunan. Di sekitar wilayahnya terdapat bumi perkemahan dan sebuah telaga yang bernama Telaga Pucung.

5. Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: initempatwisata.com

Keindahan air terjun ini nggak hanya tampak pada turunnya air dari atas tebing, tapi juga aliran air di atas bebatuan sebelum benar-benar turun ke sungai yang ada di bawahnya.

Aliran air tersebut tampak seperti lukisan karya maestro ternama. Para pengunjung bebas memilih, apakah ingin menikmati turunnya dari dari atas, atau sekedar duduk di atas bebatuan yang ada.

6. Air Terjun Dua Warna, Deliserdang, Sumatra Utara.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: panduanwisata.id

Air terjun yang terletak di Kecamatan Sibolangit ini mempunyai ketinggian sekitar 1.270 mdpl. Air terjun ini disebut dua warna karena mempunyai dua gradasi warna yang berbeda yaitu putih keabu-abu dan biru muda.

Warna putih keabu-abuan terlihat pada air yang tertampung dari pancurannya. Sementara warna biru muda terlihat pada air terjun yang tumpah ruah.

7. Air Terjun Sendang Gile, Lombok.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: transportwisatalombok.com


Air terjun Sendang Gile ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Objek wisata ini masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus menaiki dua ratusan anak tangga guna mencapai ketinggian 40 meter serta jembatan yang melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit.

Ada juga jalan alternatif lainnya dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam.

8. Air Terjun Curug Citambur, Cianjur, Jawa Barat.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: ridwanderful.com

Curug Citambur yang betada di ketinggian sekitar 100 meter ini memiliki debit air yang sangat deras. Derasnya air kadang seperti menimbulkan uap air berupa kabut tipis di sekelilingnya.

Debit akan semakin besar di musim hujan. Air terjun ini terletak di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur Selatan.

9. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo, Jawa Timur.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: wisataterbaru.com

Air Terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tinggi air terjun ini mencapai 200 meter di kolam yang ada di bawahnya. Air terjun dikelilingi oleh tebing.

Perpaduan antara air terjun dan tebing ini memberikan keindahan tersendiri. Banyak tempat di sekitar air terjun yang bisa dipergunakan untuk mengambil gambar atau foto dengan latar belakang air terjun tersebut.

10. Air Terjun Sigura Gura, Toba Samosir, Sumatra Utara.

Niagara Indonesia berbagai sumber

foto: ksmtour.com

Air Terjun Sigura-gura ini terletak di Kabupaten Toba Samosir, tepatnya 250 km dari pusat Kota Medan. Tingginya yang mencapai 250 meter membuat banyak orang yang ingin melihatnya.

Tingginya air membuat hempasan air yang jatuh pun terdengar sangat keras. Letak air terjun ini juga nggak terlalu jauh dengan objek wisata Danau Toba, sehingga banyak turis yang datang ke danau tersebut juga akan berkunjung ke air terjun ini.

 

Sejumlah air terjun indah yang ada di Indonesia tersebut menunjukkan bahwa Nusantara nggak kalah dengan negara lain dalam urusan keindahan alamnya.

Kamu bisa menjadikan berbagai air terjun yang ada sebagai tujuan wisata menarik. Apalagi saat ini makin mudah keliling Indonesia dengan berbagai fasilitas yang ada.

Kamu ingin keliling Indonesia gratis? Ayo ikutan promo #MyBigWish #GratisKelilingIndonesia yang diselenggarakan oleh Blibli.com. Di sini, kamu berkesempatan untuk memenangkan hadiah yang menarik lho, seperti tiket terbang gratis keliling Indonesia sepanjang tahun, menginap gratis di hotel berbintang seluruh indonesia sepanjang tahun, voucher belanja gratis di Blibli.com sepanjang tahun! Dan masih banyak hadiah lain menantimu. Wow!

Info lebih lengkap bisa kamu lihat di sini.