Brilio.net - Mars memiliki tampak geologi seperti bumi dan bulan, seperti kawah dan lembah, kebanyakan terbentuk karena hujan. Yup, dulu hujan deras pernah terjadi di Mars. Meski pun hingga kini ada bukti keberadaan air di Mars, namu sekarang hujan tidak lagi turun di sana.

Hujan deras di planet Mars berdampak pada kawah dan pla aliran sungai di permukannya sejak miliaran tahun lalu, menurut studi di jurnal Icarus.

Dilansir brilio.net dari nasa.gov, peneliti dari Smithsonian Institution dan John Hopkins University Applied Physics Laboratory menunjukan perubahan di atmosfer Mars membuat hujan semakin deras dan berdampak mirip dengan apa yang ada di permukaan bumi.

Saat Mars terbentuk sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu, ia memiliki lebih banyak unsur di atmosfer dengan tekanan yang lebih tinggi dari sekarang, termasuk ukuran hujan dan seberapa deras hujan turun.

Tetesan hujan saat Mars baru terbentuk diyakini sangat kecil, mirip seperti embun sehingga tidak mungkin meninggalkan jejak di planet itu.

Loading...

Penurunan tekanan di atmoser selama berjuta tahun menyebabkan tetesan air membesar dan hujan menjadi cukup berat untuk mengiris tanah dan membentuk kawah dan lembah.