Brilio.net - Selama ini ilmuwan astronomi yang bekerja sama dengan NASA banyak melakukan riset luar angkasa untuk menemukan planet yang memiliki pendukung kehidupan seperti di Bumi.

Baru-baru ini NASA mengumumkan penemuannya di planet kerdil bernama Ceres. Dalam hasil kajian tersebut, tim astronom internasional mengatakan bahwa temuan itu menunjukan bahwa kehidupan primitif mungkin terbentuk di Ceres, benda antariksa terbesar di sabuk asteroid.

ceres © 2017 brilio.net

"Di Ceres ditemukan bukti keberadaan mineral kering berlapis amonia, air es, karbon, garam, dan bahan organik," tutur Simone Marchi, seorang penulis dan seorang ilmuwan peneliti senior di Southwest Research Institute, Texas seperti dilansir brilio.net dari website resmi NASA.

ceres © 2017 brilio.net

Senyawa organik utama untuk kehidupan tersebut terdeteksi oleh sensor spektrometer yang terpasang di pesawat antariksa, Dawn, NASA. Dawn diluncurkan pada 2007 dan telah mengorbit di sekitar Ceres selama dua tahun terakhir.

ceres © 2017 brilio.net

Senyawa ini sangat mirip molekul yang ada di Bumi dan akan diadakan penelitian lanjut dalam rangka mencari kehidupan di luar Bumi.