×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini penjelasan ilmiah saat suntuk baiknya liburan di alam terbuka

View Image

0

BRILIO » Ilmiah

Ini penjelasan ilmiah saat suntuk baiknya liburan di alam terbuka

foto: shutterstock.com

Penyegaran pikiran bukan isapan jempol belaka.

20 / 01 / 2019 23:01

Brilio.net - Problematika manusia zaman sekarang adalah kesibukan yang tiada henti menghantui. Jangankan liburan, menyempatkan waktu untuk diri sendiri atau 'me time' saja bisa jadi barang langka.

Namun, jeda sejenak dari rutinitas sehari-hari wajib dilakukan demi menjaga kewarasan lahir dan batin. Salah satu solusinya adalah liburan.

Untuk merilekskan diri, pilihan berlibur banyak orang adalah pergi menikmati wisata alam. Konon bisa menyegarkan pikiran serta mengenyahkan penat. Benarkah demikian?

Dilaporkan Indian Express seperti dilansir Brilio.net dari Antara, Minggu (20/1), sebuah studi dalam The Journal of Positive Psychology mengungkapkan bahwa berada di alam terbuka bahkan hanya lima menit bisa bermanfaat positif untuk suasana hatimu.

Studi ini mengungkapkan bukti kuat bahwa berkontak dengan alam meningkatkan kesehatan manusia, termasuk kesejahteraan emosional.

Loading...

Untuk sampai pada hasil, peneliti melakukan dua studi dengan bantuan partisipasi dari mahasiswa. Dalam studi pertama, mereka memeriksa apakah kontak lima menit dengan alam dapat memengaruhi emosi 'hedonis dan transenden-diri'.

Dalam studi kedua, peneliti mengamati apakah perbaikan dalam suasana hati bergantung pada durasi waktu yang dihabiskan di luar.

Hasilnya, kontak singkat mengarah pada peningkatan 'baik emosi hedonis maupun transenden-diri', sementara durasi kontak, bagaimanapun, tidak berpengaruh pada peningkatan ini.

Menurut sebuah laporan Time, menghabiskan waktu di ruang hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan mental sekaligus menjadikan seseorang lebih bahagia.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more