Brilio.net - Smartphone saat ini sudah seperti kebutuhan. Bisa dibilang juga sebagai 'teman hidup' karena tentu tidak akan ada orang yang bisa lepas dari smartphone.

Namun rupanya, banyak efek buruk yang terjadi bila kamu sering menggunakan smartphone lho. Pasalnya, terlalu seringnya kita menggunakan gerakan yang berulang akibat texting dalat menyebabkan ibu jari menjadi meradang. Duh..

Dilansir brilio.net dari Zeenews, Jumat (2/6), terlalu sering chatting menyebabkan tendon yang melenturkan ibu jari menjadi meradang. Bahkan, setiap tahun semakin banyak orang mengeluh sakit di bagian ibu jari.

Kristin Zhao, dari Mayo Clinic di Amerika Serikat mengatakan, meradangnya ibu jari dipicu oleh salah satu persendian menjadi longgar. Itu sebabnya karena tulangnya bergerak dengan situasi yang tidak normal. "Gerakan mengetik di smartphone sebabkan ibu jari canggung. Bahkan ada beberapa gerakan yang perlu tenaga ekstra," ujar Zhao.

Hipotesis ini menyebutkan, gerak tulang yang tidak normal pada jempol bisa menyebabkan rasa sakit dan osteoarthritis akhirnya. Juga, akan lebih banyak kasus arthritis di ibu jari.

Loading...

Untuk mencegahnya, jangan terpaku texting dengan ibu jari saja. Sesekali gunakan jari telunjuk atau gunakan voice note yang bisan di kirim saat chatting. "Lakukan pula latihan peregangan di bagian pergelangan tangan dan jari. Atau dapat konsultasi dengan dokter untuk mencegah kasus peradangan," pungkasnya.