Brilio.net - Arah kiblat yang benar untuk melaksanakan ibadah salat sangat penting untuk umat muslim. Sebenarnya letak kiblat tidak pernah mengalami perubahan, namun selama ini di Indonesia penentuan arah kiblat biasanya dilakukan dengan alat bantu kompas atau sekadar memprediksi arah barat.

Nah, kita memang tidak bisa merubah arah bangunan yang telah dibangun, namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan penyempurnaan arah kiblat.

Dilansir brilio.net dari website pribadi Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Jumat (27/5), salah satu cara mudah dalam menentukan arah kiblat adalah dengan memanfaatkan bayangan matahari. Mengikuti aturan alam ini ternyata lebih akurat dan efisien lho, untuk mengetahui arah kiblat yang benar.

Cara menentukannya bisa menggunakan alat bantu. Misalnya saja letakkan tongkat dalam kondisi tegak dai lokasi yang mendapat terpaan cahaya matahari langsung. Arah kiblat adalah dari ujung bayangan ke arah tongkat.

BACA JUGA: Kenapa muslim boleh menikah dengan beda agama, tapi muslimah tidak?

Loading...

Waktu yang baik untuk melakukan perbaikan arah kiblat ini juga bermacam-macam. Wilayah Indonesia Barat bisa melakukannya di waktu yang terik pada pukul 16:18 hingga 16:27 WIB. Hal ini disebabkan wilayah yang berada di Indonesia Barat pada jam tersebut memiliki waktu siang yang bersamaan dengan Mekkah.

Berbeda dengan lokasi yang berada di Indonesia Timur yang bisa melakukan penentuan arah kiblat pada pukul 04:09 hingga 04:30 WIB.

Cara sederhana ini bisa diterapkan di berbagai tempat ibadah sebelum memasuki bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba.

Selamat mencoba dan selamat beribadah!