Brilio.net - China saat ini sedang darurat virus Corona. Virus yang telah merenggut puluhan nyawa ini menghantui warga China sejak beberapa pekan terakhir. Tak hanya itu. virus Corona juga sudah menyebar ke negara-negara lain meskipun kasus yang dikonfirmasi tidak sebanyak di China.

Virus ini disebut persebarannya berawal dari Wuhan, China. Kota yang terkenal dengan kuliner ekstrem ini menjadi yang terparah di Negeri Tirai Bambu. Seluruh warganya tidak bisa bergerak secara leluasa sejak dihantui oleh virus Corona. Warga yang masih belum terkontaminasi lebih memilih berdiam di rumah sambil menunggu suasana kembali kondusif.

Kondisi ini membuat warga Wuhan yang terjebak di rumah mereka saling menguatkan. Belum lama ini beredar video di mana para warga saling bersahutan meneriakkan kata-kata selamat. Berharap teriakan ini mampu menguatkan mereka menghadapi situasi genting.

Detik-detik video tersebut diunggah oleh akun Twitter @minhtngo belum lama ini. Dalam video tersebut, kamera dari ponsel seorang warga merekam suasana pemukiman hunian vertikal di Wuhan. Beberapa jendela menampakkan cahaya lampu ruangan, yang menandakan ada kehidupan di ruangan tersebut.

Pada video itu juga terdengar suara warga yang berteriak dari jendela mereka masing-masing saling bersahutan. Menurut keterangan di video, para warga ini meneriakkan 'Whuhan, jiayou!' yang berarti 'warga Wuhan, kamu pasti bisa!'

Loading...

Sejak virus Corona menyebar dari dan di Wuhan, tak banyak yang bisa dilakukan para warga. Mereka tidak bisa sembarangan keluar rumah karena khawatir terpapar virus. Mereka juga harus mengkarantina diri sendiri dan keluarga mereka untuk menghindari kemungkinan tertular.

Sebelumnya foto-foto menunjukkan jika Wuhan sempat diisolasi pemerintah China. Tidak ada orang yang boleh keluar atau masuk kota Wuhan. Rekaman saat warga Wuhan berebut barang kebutuhan pokok di supermarket juga sempat viral di media sosial.