Brilio.net - Dunia memang sedang digegerkan dengan virus bernama Corona. Coronavirus (CoV) dikabarkan muncul dan menyebar di kota Wuhan, China. Virus tersebut kini telah menyebar ke beberapa negara, tercatat setidaknya 13 negara menyebut ada kasus Coronavirus.

Beberapa peneliti menyebut wabah Coronavirus bersumber dari hewan termasuk unta, kucing, hingga kelelawar. Bahkan sekarang beberapa kota di provinsi Hubei termasuk Wuhan sudah diisolasi agar menghentikan penyebaran virus. Virus yang belum mempunyai vaksin ini memang sangat membahayakan, apalagi Coronavirus adalah terbilang virus baru.

Kendati demikian, rupanya Corona bukanlah virus pertama yang menggemparkan dan meresahkan dunia. Brilio.net merangkum lima virus yang pernah menggemparkan dunia dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (29/1).  

1. Flu burung.

Virus yang menggemparkan dunia © 2020 brilio.net

Loading...

foto: nytimes.com

Flu burung atau H5N1 adalah penyakit menular yang disebabkan virus influenza yang menyerang pada unggas. Pada tahun 2012, kasus flu burung di Indonesia sempat menggemparkan masyarakat. Bahkan Indonesia mendapatkan predikat negara dengan kasus flu burung terbanyak di dunia menurut WHO.

Kasus flu burung di Indonesia tercatat menelan korban jiwa sebanyak 155 orang. Merujuk pada data dari WHO, setidaknya flu burung telah menewaskan 349 orang sejak 2003.

2. SARS.

Virus yang menggemparkan dunia © 2020 brilio.net

foto: pond5.com

SARS atau sindrom pernapasan akut berat adalah sebuah penyakit pneumonia. SARS juga pertama kali muncul pada November 2002 di Provinsi Guangdong, Tiongkok. Sekitar 10 persen dari penderita SARS meninggal dunia. Dalam wabah virus ini tercatat 8.069 kasus muncul yang menewaskan 775 orang.

3. Flu babi.

Virus yang menggemparkan dunia © 2020 brilio.net

foto: endtimeheadlines.org

Flu babi atau H1N1 adalah kasus virus influenza yang disebabkan oleh virus Orthomyxoviridae. Virus endemik yang muncul pada populasi babi. Virus flu babi ditemukan di Meksiko, Amerika Serikat, Selandia Baru, Israel, dan Prancis. Lalu pada 26 April 2009, kawasan Asia mengumumkan status siaga satu terhadap flu babi.

4. Ebola.

Virus yang menggemparkan dunia © 2020 brilio.net

foto: healthadviceforall.com

Virus Ebola (EVD) atau demam berdarah Ebola (EHF) adalah penyakit pada manusia yang disebabkan virus Ebola. Gejala ini biasanya seperti mual, muntah, dan diare disertai dengan menurunnya fungsi liver dan ginjal. Ebola diduga dari kelelawar buah dan pertama kali dideteksi pada 1976 dekat sungai Ebola yang berada di Kongo.

5. HIV.

Virus yang menggemparkan dunia © 2020 brilio.net

foto: dailymail.co.uk

Human Immunodeficiency virus (HIV) adalah dua spesies lentivirus penyebab AIDS. Virus ini menyerang manusia dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Indonesia mempunyai rapor merah yang diberikan oleh Program on HIV/AIDS (UNAIDS) sehubungan dengan penyakit tersebut.

6. MERS.

Virus yang menggemparkan dunia © 2020 brilio.net

foto: nytimes.com

MERS atau Middle East Respiratory Syndrome coronavirus adalah infeksi virus pada paru-paru karena coronavirus. Terdapat lebih dari 1.600 kasus MERS dengan tingkat kematian 36 persen. Wabah virus ini terbaru terjadi di Korea Selatan pada tahun 2015, terdapat lebih dari 180 kasus dan lebih dari 35 kematian.

7. Coronavirus.

Virus yang menggemparkan dunia © 2020 brilio.net

foto: themillennialmirror.com

Coronavirus (CoV) sendiri adalah keluarga besar dari virus yang menyababkan penyakit, mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-Cov) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).

Virus corona adalah virus zoonosis yang berarti disebarkan melalui hewan dan manusia. Sementara, virus ini menyebar sangat cepat di kota Wuhan, Tiongkok.

mgg/ Nurul Fitriana