Brilio.net - Reynhard Sinaga belakangan ini menjadi topik perbincangan hangat di Inggris. Pria asal Indonesia ini divonis hukuman penjara seumur hidup atas kasus perkosaan dan penyerangan seksual, Senin (6/1). Satu yang bikin heboh adalah polisi menduga korban aksi Reynhard ini ada sekitar 190 orang.

Bukan baru kali ini Reynhard melakukan aksinya tersebut. Polisi pertama kali menahan Reynhard pada tahun 2017. Saat itu ia kepergok memiliki banyak video perkosaan dengan total durasi sampai ratusan jam. Ya, pria asal Indonesia ini selalu merekam aksi perkosaan yang dilakukan di apartemennya dengan menggunakan ponsel.

Hingga sidang keempat yang digelar Senin lalu, Kepolisian Manchester Raya menyebutkan sudah 48 orang yang kasusnya telah disidangkan. Sidang dilakukan terpisah mulai dari Juni 2018 sampai Desember 2019. Atas aksinya tersebut, Reynhard dijuluki sebagai pemerkosa dengan korban paling banyak sepanjang sejarah hukum di Inggris.

Berikut ini kronologi terungkapnya kasus Reynhard Sinaga, seperti brilio.net lansir dari bbc.com pada Selasa (7/1).

1. Pertama kali terungkap pada 2017.

Loading...

kronologi kasus reynhard sinaga © berbagai sumber

foto: Greater Manchester Police

Seorang pria menelepon kepolisian Manchester dan melaporkan adanya penyerangan pada Juni 2017. Polisi kemudian gerak cepat mendatangi apartemen Reynhard Sinaga. Ketika petugas menyita ponselnya, mereka menemukan ratusan jam rekaman yang berisi aksi pemerkosaan yang ia lakukan.

2. Polisi mengumpulkan bukti video pemerkosaan sebanyak 3,29 terabite.

kronologi kasus reynhard sinaga © berbagai sumber

foto: Greater Manchester Police

Setelah mendapatkan bukti video dari ponsel Reynhard, polisi kembali mendapatkan bukti usai menggeledah apartemennya. Petugas mendapatkan banyak barang milik korban yang Reynhard curi untuk dijadikan 'trofi' atau kenang-kenangan.

Polisi juga menemukan bukti berupa dua iPhone, lima laptop, dan empat penyimpanan data dengan total dokumen sebanyak 3,29 terabite.

3. Sudah menjalani empat persidangan.

kronologi kasus reynhard sinaga © berbagai sumber

foto: CCTV Greater Manchester Police

Sidang pada Desember 2019, sebelum akhirnya nama Reynhard Sinaga viral di media sosial, adalah sidah keempatnya. Sidang tahap pertama dimulai pada Juni-Juli 2018 dengan 13 korban. Sidang kedua digelar pada April-Mei 2019 dengan 12 korban. Sementara itu, sidang tahap ketiga pada September-Oktober 2019 dengan 10 korban. Total ada 159 dakwaan atas 48 korban pria. Sebagian korban bahkan diperkosa berkali-kali.

4. Reynhard melakukan aksinya sejak tahun 2015.

kronologi kasus reynhard sinaga © berbagai sumber

foto: Instagram Reynhard Sinaga

Reynhard Sinaga menjalani empat tahap persidangan dalam kurun waktu 18 bulan di Manchester Crown Court. Dari persidangan itu, Reynhard divonis bersalah atas semua tuduhan. Hukumnya terkait dengan pemerkosaan dan penyerangan seksual yang ia lakukan sejak Januari 2015 hingga Juni 2017. Meski demikian, polisi masih menyelidiki jejak kasus Reynhard pada tahun-tahun sebelumnya.

5. Namanya viral di media sosial.

kronologi kasus reynhard sinaga © berbagai sumber

foto: Twitter

Usai menjalani sidang keempat, nama Reynhard Sinaga kemudian menghebohkan linimasa media sosial. Ini terjadi karena media Inggris, baik online maupun cetak banyak yang membahas kasusnya. Hingga kini, topik Reynhard Sinaga juga menjadi trending di Twitter dengan 100 ribu lebih pengguna yang membahasnya.