Brilio.net - Pandemi corona hingga saat ini masih menjadi perhatian dunia. Virus yang berawal dari Wuhan, China ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia dan menimbulkan banyak korban jiwa. Saat ini, berbagai negara telah menerapkan social distancing guna mencegah rantai penyebaran virus ini. Selain itu, di beberapa negara juga dilakukan lockdown untuk mencegah meluasnya virus ini.

Di tengah wabah corona, para petugas medis bekerja di garda terdepan untuk memerangi virus ini. Tak sedikit yang bekerja nonstop untuk merawat pasien corona. Bahkan, mereka harus rela terpisah sementara dari keluarga demi merawat pasien Covid-19. Paramedis ini bekerja bertaruh nyawa demi menyelamatkan pasien corona.

Selain paramedis, petugas kebersihan rumah sakit juga selayaknya mendapat perhatian khusus. Pasalnya, mereka juga bekerja dalam risiko terpapar virus corona. Para petugas kebersihan ini memang jarang tersorot, namun tugasnya sangat penting bagi pasien. Para petugas kebersihan ini harus membersihkan ruangan tempat pasien corona dirawat serta membersihkan sampah klinis bekas perawatan pasien.

Tentu saja, pekerjaan ini sangat berisiko mengingat mereka juga berinteraksi langsung dengan pasien corona. Di balik pekerjaan itu, ada kisah-kisah mengharukan para petugas kebersihan rumah sakit yang jarang terekspos.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (14/4), berikut 5 kisah haru petugas kebersihan RS yang bertugas saat wabah corona.

Loading...

1. Petugas kebersihan membersihkan sampah klinis yang rawan terkontaminasi virus.

Akun Twitter @farihinosteo mengunggah video mengharukan saat petugas kebersihan bekerja membersihkan tempat isolasi pasien corona. Dalam unggahan tersebut tampak seorang cleaning service tetap bekerja dengan peralatan kebersihan dan mengenakan alat pelindung diri (APD). Di depannya terlihat tumpukan sampah medis yang dibungkus kantong kuning.

Meski pekerjaan mereka berisiko terpapar virus corona, namun para petugas kebersihan ini tetap bekerja dengan profesional.

"Antara wira yg tak didendang. Brader dan makcik cleaner. Tunggu smpai kami semua habis tugas, diorang start cuti lap and decon semua tempat yg kami kerja. Then tolak tong kuning yg penuh dgn sisa klinikal yg penuh ak rasa dengan virus Covid 19 tu," tulis akun @farihinosteo dalam keterangannya.

2. Memastikan ambulans pasien corona tidak terkontaminasi apapun.

Sebuah unggahan di media sosial menunjukkan perjuangan petugas kebersihan saat membersihkan ambulans yang digunakan pasien positif corona. Unggahan berbentuk video ini diposting oleh akun Twitter @farihinosteo pada 3 April 2020 lalu.

Petugas kebersihan itu bertugas untuk memastikan ambulans yang akan digunakan tidak terkontaminasi apapun demi mencegah kontaminasi silang dengan pasien corona yang membahayakan keselamatan mereka. Dalam video tersebut terlihat petugas kebersihan mengenakan alat pelindung diri lengkap selama bekerja.

3. Pahlawan yang jasanya terlupakan.

kisah petugas kebersihan RS saat corona © 2020 berbagai sumber

foto: Instagram/@m.bachrunnajah

Sebuah unggahan foto viral di media sosial memperlihatkan petugas kebersihan terduduk di lantai dengan kantong kuning berisi sampah klinis. Di sampingnya terdapat sepatu boots yang melindungi dirinya dari paparan virus corona. Foto petugas kebersihan tersebut diunggah salah satunya oleh pemilik akun Instagram @m.bachrunnajah.

Unggahan tersebut dilengkapi dengan keterangan apresiasi kepada tenaga kebersihan yang juga bekerja keras di tengah pandemi corona.

Seringkali, jasa petugas kebersihan ini memang seolah terlupakan. Namun ia memegang peranan penting untuk membersihkan ruang isolasi tempat pasien corona dirawat. Mereka juga menjadi orang yang berperang melawan paparan virus corona di garis depan.

Warganet pun dibuat haru melihat perjuangan petugas kebersihan. Tak sedikit dari mereka yang meninggalkan komentar apresiasi untuk para petugas kebersihan di rumah sakit rujukan corona.

"Iya benar banget..kasian mrk justru yg berhadapan dgn virus secara langsung..ya Allah beri mrk kesehatan ya Allah..dan virus covid19 ini cepat berlalu ya Allah yg maha baik," tulis akun @makverazanobia.

"Jauh sebelum covid19, para CS di RS... Mereka lh yg membersihkan darah dan kotoran seantero RS. Risiko yg mereka hadapi jg sama dgn yg lain. Oleh karena itu, semua unit di RS menganggap mereka adalah bagian penting. Sayangnya msh ada RS yg menggunakan CS pihak ketiga/outsourcing. Mudah2n kedepannya, ada yg peduli....," ungkap akun @kharisma_hardi2108.

"Ya..mereka justru yang membersihkan lantai yang terpapar virus...bisa sehari 2x..belum kamar mandinya..dimana dahak pasien ada dimana2...semoga Tuhan selalu menjaga dan memberkati mereka dan keluarganya di rumah..selalu sehat dan tetap semangat," komentar akun @helen_sudijono.

4. Rela meninggalkan keluarga demi menjadi relawan di rumah sakit.

kisah petugas kebersihan RS saat corona © 2020 berbagai sumber

foto: SCIO

Seorang petugas kebersihan di salah satu rumah sakit di Wuhan, China menceritakan kisahnya saat berjuang menjadi relawan di rumah sakit saat pandemi corona. Petugas kebersihan bernama Zhang Chunxiang tersebut rela meninggalkan keluarga untuk menjadi relawan di pusat wabah virus corona.

Dilansir dari CGTN, awalnya Zhang mengetahui majikannya merekrut petugas kebersihan untuk bangsal isolasi di Rumah Sakit Union Wuhan. Awalnya, suami Zhang menentang rencana tersebut dengan alasan khawatir karena usianya yang hampir 60 tahun. Seperti diketahui, usia tersebut rentan terhadap virus corona.

Namun, Zhang berkeras dan meyakinkan suaminya untuk tetap berangkat dan berjanji akan menggunakan peralatan medis yang sesuai standar. "Saya petugas kebersihan, dan saya tidak khawatir karena anak-anak saya sudah menikah," ungkap Zhang seperti dilansir dari CGTN.

"Jika tidak ada yang melakukan pembersihan di sana, situasinya bisa lebih buruk. Karena itu saya memutuskan untuk melangkah maju dan mendaftar," tambahnya.

Zhang termasuk di antara 15 petugas kebersihan wanita yang pertama kali memasuki daerah yang terkontaminasi di Wuhan yang terisolasi karena pandemi corona.

5. Apresiasi dari paramedis untuk petugas kebersihan RS.

Sebuah rumah sakit di Barcelona, Spanyol mengunggah sebuah video yang mengharukan petugas rumah sakit saat menangani virus corona. Rumah sakit bernama Hospital Sant Joan de Deu CAT ini mengunggah video melalui akun Twitter-nya @SJDbarcelona_ca pada 27 Maret 2020 lalu.

Dalam video yang viral di dunia maya tersebut, tampak seorang petugas kebersihan rumah sakit tersebut dihujani tepuk tangan dari paramedis setelah ia keluar ruangan isolasi membawa peralatan kebersihan.

Apresiasi ini diberikan oleh paramedis yang sudah berkumpul di depan ruangan dan menyambut hangat petugas kebersihan itu. Melalui unggahannya, pihak rumah sakit menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada petugas non-medis yang tetap menjalankan tugasnya di tengah pandemi corona.

"Hari ini kami ingin mengucapkan terima kasih kepada petugas kebersihan, keamanan, dapur, infrastruktur, yaitu semua profesional non-kesehatan yang terus melakukan tugas mereka dalam keadaan luar biasa karena #Covid-19. Tepuk tangan untuk mereka," tulis akun Twitter rumah sakit tersebut.