Brilio.net - Robocop sekarang ternyata tak cuma bisa dilihat sebagai tokoh sebuah film. Kini, Pemerintah Dubai mewujudkan Robocop menjadi wujud nyata.

Tentu ini menjadi kabar genbira bagi perkembangan teknologi. Pemerintah Dubai baru-baru ini meresmikan beroperasinya polisi robot untuk membantu keamanan di Dubai.

Robocop Dubai © 2017 istimewa-foto: Twitter.com/@DXBMediaOffice

Polisi robot yang menjadi pertama di dunia diresmikan pada 24 Mei 2017 pada acara Gulf Information Security Expo and Conference (GISEC) di Dubai World Trade Center. Sejak diresmikan, polisi robot itu sudah ada di berbagai titik di Kota Dubai.

"Dengan tujuan untuk membantu dan membantu orang-orang di mal atau di jalanan, Robocop telah dirancang untuk membantu kita memerangi kejahatan, menjaga keamanan kota dan meningkatkan tingkat kebahagiaan," kata Khalid Nasser Al Razzouqi, Direktur Jenderal Smart Services Kepolisian Dubai, seperti yang dilansir brilio.net dari newsweek.com.

Loading...

Robocop Dubai © 2017 istimewa-foto: Twitter.com/@DXBMediaOffice

Peluncuran pengoperasian Robocop pertama di dunia ini menjadi sejarah penting Uni Emirat Arab dan merupakan langkah mewujudkan visi Dubai sebagai pelopor penerapan teknologi untuk smart city.

Robocop yang diambil dari nama film, dirancang oleh perusahaan Spanyol PAL Robotics dengan tinggi 170 cm dan berat 100 kg.

Robocop Dubai © 2017 istimewa-foto: Twitter.com/@DXBMediaOffice

Robocop memiliki layar sentuh yang bisa digunakan masyarakat untuk melaporkan kejahatan hingga membayar denda pelanggaran lalu lintas.

Hebatnya, teknologi yang dikembangkan dari Google dan IBM Watson ini juga bisa mempunyai fitur pengenalan wajah untuk mendeteksi wajah penjahat hingga mengenali emosi seseorang.

Wah....keren!