Brilio.net - Netflix kerap dikenal dengan aplikasi untuk nonton atau streaming film saja. Sekarang, pengguna juga bisa memainkan game di aplikasi ini.

Pada Selasa silam, Netflix mengumumkan update mengenai fitur terbaru untuk para subscriber-nya, di mana pengguna bisa mengunduh game dan memainkan game tersebut di dalam aplikasi Netflix. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna Android.

Platform layanan streaming ini meluncurkan lima permainan yang bisa dimainkan dalam aplikasi Netflix: Stranger Things:1984, Stranger Things 3: The Game, Shooting Hoops, Teeter Up, dan Card Blast.

Lima permainan ekslusif ini sebenarnya adalah game yang dapat diunduh dari Play Store dan App Store dengan label "Netflix Inc". Pengguna tetap bisa mengunduhnya pada perangkat sistem operasi yang dimiliki, namun memerlukan akun Netflix untuk memainkannya.

Setelah update aplikasi Netflix, pengguna Android akan melihat tab baru bertuliskan "Games" pada akun Netflix mereka. Dengan mengeklik tab tersebut, pengguna akan diarahkan ke Play Store di mana mereka bisa mengunduh untuk memainkan game-game yang tersedia. Netflix juga mengabarkan, para subscriber tak perlu membayar lebih dan akan dapat fitur tanpa iklan untuk setiap memainkan permainan ini.

Netflix luncurkan 5 game untuk pengguna bosan nonton @NetflixGeeked

foto: Twitter.com/@NetflixGeeked

Netflix mungkin merilis fitur ini pada Selasa lalu, namun ada kemungkinan untuk perilisan secara global akan memakan waktu lebih. Jadi, para pengguna OS Android jangan kaget bila masih belum bisa melihat tab "Games" pada aplikasi Netflix mereka, karena pada dasarnya, fitur ini membutuhkan waktu untuk rilis sepenuhnya. Netflix juga merencanakan untuk merilis fitur ini untuk pengguna iOS, namun sama seperti sebelumnya, hal ini membutuhkan waktu beberapa bulan.

"Kita ingin mulai membangun divisi permainan yang menawarkan sesuatu untuk banyak orang. Kita sedang menciptakan eksperimen gaming yang mengesankan dan kami tak sabar untuk membagikannya pada kalian," ujar Mike Verdu, Wakil Presiden Pengembangan Game dari Netflix.

Sebenarnya, Netflix sudah lama ingin menambahkan kategori game ke dalam aplikasinya. Dalam laporan di kuarter ke dua Juli 2021, Netflix mengumumkan "Kita melihat game sebagai konten baru dalam kategori kami, sama seperti waktu kita mengembangkan Netflix dengan film original, animasi, hingga TV serial."

Selanjutnya pada bulan Agustus, Netflix mulai mengadakan uji coba fitur gaming ini yang dikhususkan untuk subscriber Polandia yang menggunakan Android, dengan merilis game Stranger Things: 1984 dan Stranger Things 3. Bersambung di bulan September, Netflix meneruskan perilisan gamenya dengan menambahkan Shooting Hoops, Teeter Up, dan Card Blast.