Brilio.net - Masalah pemilik smartphone, nggak cuma saat gadgetnya lemot. Tapi, masalah LCD juga paling sering dialami. Sebab, LCD smartphone sampai saat ini belum ada yang benar-benar tahan banting.

Dari mulai retak sedikit hingga retak parah akibat jatuh sudah sering kita dengar. Dan, masalahnya ada sebagian orang yang malas mengganti LCD rusak karena harga yang masih mahal. Banyak yang beranggapan daripada cuma ganti LCD, mending beli baru.

Namun, generasi milenial jangan takut lagi hal ini terjadi di masa depan. Sekelompok peneliti bidang kimia dari University of California, Amerika Serikat diklaim sudah menemukan bahan layar yang bisa 'sembuh sendiri' jika tergores atau retak. Wah kok bisa sih?

Dilansir brilio.net dari 9to5Mac, Jumat (7/4), bahan baku layar ini bisa menyembuhkan dirinya sendiri kurang dari 24 jam. Bahan baku layar smartphone akan dibuat dari polimer yang dapat meregang dan juga terdiri dari garam ionik. kemampuan menyembuhkan diri sendiri itu merupakan hasil dari reaksi ion dan molekul yang saling tarik-menarik secara otomatis sesaat terjadi keretakan.

Selain menggunakan ion khusus, pimpinan tim peneliti, Chao Wang juga mengungkapkan bahwa bahan baku layar juga bisa menghantarkan listrik sehingga bisa menjadi pelapis layar sentuh alias touch screen. Wang memperkirakan bahan baku ini akan mulai diterapkan untuk smartphone keluaran 2020 mendatang. Sudah nggak sabar Guys?