Brilio.net - Kebanyakan orang punya komputer pribadi portable yang dikenal dengan sebutan laptop. Penggunaannya lebih praktis ketimbang personal computer (PC). laptop dapat digunakan tanpa harus selalu terhubung dengan listrik, asalkan baterai masih terisi. Namun charger adalah komponen penting dari laptop yang juga harus dibawa ke mana-mana.

Nah jika kamu melihat pada kabel charger, umumnya terdapat sebuah tabung kecil (benjolan) yang posisinya mendekati ujung kabel yang menuju kontak ke laptopnya. tentu kamu sering melihatnya bukan? Tahukah kamu apa nama serta fungsinya?

Tabung kecil ini bernama ferrite bead/ ferrite core. Dilansir brilio.net dari Hansen Techno, Kamis (5/5), fungsi ferrite bead adalah untuk meredam Electromagnetic Interference (EMI). EMI adalah gelombang yang setiap saat melintas di dalam kabel ketika disambungkan dengan listrik yang dapat menyebabkan suara berisik.

tabung kecil  © 2016 brilio.net

EMI ini dapat menyebabkan gambar pada layar monitor komputer atau televisimu menjadi tidak stabil ketika kamu meletakkan handphone yang sedang menerima panggilan di dekat monitor. Pernah kan kamu mengalaminya?

Ferrite bead dapat pula kamu temukan pada kabel kabel pembawa sinyal lain semisal kabel usb untuk handphone, kamera, kabel audio , kabel monitor (D-Sub, HDM), dan lain sebagainya.