Brilio.net - Sejak beberapa bulan terakhir, masyarakat dibuat panik dengan munculnya pandemi Covid-19. Masyarakat diimbau lebih memperhatikan kebersihan diri, seperti rajin mencuci tangan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas New South Wales dan diterbitkan pada tahun 2015 oleh American Journal of Infection Control (AJIC), orang menyentuh wajah mereka rata-rata 23 kali per jam, di mana ada 10 sentuhan di daerah mata, hidung atau mulut. Area-area itu merupakan jalur utama masuknya bakteri atau virus.

Imbuan mengenai menjaga kebersihan pun terus dilakukan oleh seluruh pihak, mulai dari pemerintah, hingga publik figur. Tinggal kitanya yang menjadikan itu sebagai kebiasaan.

Selain itu juga, baru-baru perusahaan elektronik, Samsung mengajak masyarakat untuk rajin mencuci tangan. Imbauan itu dibuat dalam bentuk aplikasi Hand Wash yang terdapat pada Samsung Wearable. Aplikasi ini dapat diunduh di Galaxy Store bagi pengguna Gear S3, Gear Sports, Galaxy Watch, Galaxy Watch Active, dan Galaxy Watch Active2.

Lantas seperti apa yah, fungsi dari aplikasi tersebut. Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari Samsung, Selasa (9/6).

Loading...

1. Menetapkan standar untuk mencuci tangan.

Aplikasi handwash © 2020 brilio.net

Aplikasi ini memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana, dan seberapa sering, pengguna harus mencuci tangannya. Aplikasi Hand Wash dapat membantu pengguna mengingat untuk mencuci tangan pada waktu yang dijadwalkan secara teratur sepanjang hari.

2. Membangun rutinitas kamu

Aplikasi handwash © 2020 brilio.net

Sebuah studi tahun 2020 oleh University College London (UCL) menunjukkan bahwa mencuci tangan 6-10 kali sehari dapat dihubungkan dengan penurunan risiko infeksi. Tetapi, seringkali terlewat karena lupa. Nah, aplikasi ini bisa membantu untuk mengingatkan.

3. Cuci tangan kamu dengan benar & seksama

Aplikasi handwash © 2020 brilio.net

Saat mencuci tangan, dianjurkan selama 20 detik, itulah yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Di sinilah fungsi aplikasi itu berfungsi untuk menghitung mundur 25 detik, termasuk 5 detik untuk mengoleskan sabun dan 20 detik untuk menggosok.

4. Melacak kebersihan diri

Aplikasi handwash © 2020 brilio.net

Di dasbor aplikasi Hand Wash, pengguna dapat dengan mudah melacak aktivitas mencuci tangan, seperti sudah berapa kali, dan masih kurang berapa dari target.

5. Memantau perkembangan berdasarkan mingguan

Aplikasi handwash © 2020 brilio.net

Untuk membantu membangun kebiasaan mencuci tangan, pengguna dapat memanfaatkan fungsi Pelacakan Tren Cuci Tangan dari aplikasi, yang mencatat kegiatan cuci tangan per hari dan memberikan rata-rata mingguan.

6. Langkah-langkah mencuci tangan

Aplikasi handwash © 2020 brilio.net

Untuk mencegah penyebaran kuman secara efektif, cara mencuci tangan sama pentingnya dengan frekuensi melakukannya. Saat mencuci tangan, kamu tidak hanya harus menggosok telapak tangan, tetapi juga area di antara jari-jari dan punggung tangan.