Brilio.net - Perkembangan teknologi robot semakin hari semakin canggih. Kalau dulu robot mungkin hanya digunakan di bidang industri, kini banyak robot juga diciptakan untuk bidang olahraga.

Salah satunya adalah FORPHEUS. Robot canggih yang satu ini baru saja dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai robot tenis meja pertama di dunia.

Sesuai rekornya, FORPHEUS memang benar-benar bisa bermain layaknya atlet tenis meja. Tak hanya bermain, robot yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang bernama Omron itu juga bisa menjadi pelatih tenis meja.

ini dia robot tenis meja pertama di dunia © 2017 odditycentral

FORPHEUS bisa menilai keterampilan manusia, menyesuaikan permainan, hingga bisa memberikan tips untuk membantu manusia agar dapat meningkatkan teknik mereka.

Loading...

FORPHEUS telah dikembangkan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Pada awalnya, FORPHEUS hanya dirancang untuk mengaplikasikan teknologi sensor milik Omron.

Namun kini FORPHEUS terus berkembang. Ia dapat menganalisis data seperti gerakan pemain lawan, kecepatan, dan pergerakan bola untuk menentukan tingkat keterampilan lawannya dengan akurasi sekitar 90%.

ini dia robot tenis meja pertama di dunia © 2017 odditycentral

FORPHEUS dilengkapi dengan dua sensor vision yang berfungsi untuk mengidentifikasi pergerakan bola dan memantau pergerakan lawan. Canggihnya lagi, FORPHEUS dapat menggunakan informasi yang ia dapat untuk menyesuaikan gaya bermain lawannya.

"Pada saat ini manusia mengajarkan robot bagaimana berperilaku. Tapi 20 tahun ke depan, tak menutup kemungkinan jika robot mengajarkan robot atau robot mengembangkan robot," ujar sang pengembang, Taku Oya, seperti dikutip brilio.net dari laman Odditycentral, Jumat (3/3).

Penasaran seperti apa gaya bermain robot yang satu ini? Berikut video lengkapnya seperti dikutip dari channel Guinness World Records.