Brilio.net - Kamu pasti tahu dong dengan virtual reality (VR). Kalau kamu hanya berpikir VR itu hanya untuk main game, salah besar. Ternyata VR juga bisa membantu motivasi belajar para siswa.

Baru-baru ini, Kantar EMNID, sebuah perusahaan riset Jerman mengadakan sebuah survei pada 606 guru dari sekolah di seluruh Jerman. Survei ini tentang penerapan teknologi baru–terutama virtual reality–di dalam kelas.

VR di kelas  © 2017 brilio.netfoto: Samsung Business Insights

Hasilnya, 92% guru mendukung penggunaan teknologi digital tersebut. Sementara 99% guru di bawah usia 30 tahun sangat mendukung. Maklum, kebanyakan guru sudah terbiasa dengan penggunaan teknologi di dalam kelas.

“Survei ini jelas menunjukkan, para guru sangat berpikiran terbuka ketika mengacu ke penerapan media baru di sekolah. Mereka mengakui banyak potensi yang dapat diungkap pada teknologi digital, seperti VR,” kata Steffen Ganders, Director Corporate Citizenship & Public Affairs, Samsung Electronics GmbH seperti dilansir Samsung News.

Loading...

VR di kelas  © 2017 brilio.netfoto: Samsung Business Insights

Dari survei itu, sekitar 77% guru percaya VR adalah cara yang tepat bagi siswa menjelajahi tempat-tempat yang tidak biasa mereka kunjungi. Sekitar 74% guru juga percaya, penggunaan VR di kelas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Bahkan 62% percaya VR bisa meningkatkan keberhasilan belajar. Nah penggunaan VR paling cocok untuk pelajaran geografi (80%), sejarah (74%) dan ilmu pengetahuan alam (62%).

VR di kelas  © 2017 brilio.netfoto: vrlife.news

“Sekarang harus menjadi prioritas utama untuk mengembangkan konsep kerjasama antara guru dan para pembuat kebijakan pendidikan,” ungkap Ganders.

Oh ya, dengan menggunakan VR, siswa juga dapat mengalami langsung berbagai konsep pendidikan dengan cara belajar yang menyenangkan dan menarik.