Brilio.net - SharePlay adalah salah satu fitur terbaru besutan Apple pada perangkat iOS dan macOS. Fitur ini mempermudah nonton bareng dengan pengguna lain menggunakan FaceTime.

Masih belum banyak aplikasi yang mendukung pelayanan SharePlay. Namun, platform streaming game, Twitch, baru saja mengumumkan bahwa SharePlay telah tersedia di aplikasi Twitch di perangkat iOS.

Hal tersebut diumumkan oleh aplikasi streaming itu sendiri pada cuitan Twitter di akun resminya pada Rabu (1/12).

Twitch dukung SharePlay © 2021 brilio.net

foto: Twitter.com/@TwitchSupport

"Ingin nonton bareng konten di Twitch bersama teman-teman? Kini kamu bisa melakukannya di iPhone dan iPad melalui SharePlay," tulisnya di Twitter.

Untuk dapat nobar Twitch melalui SharePlay, pengguna FaceTime harus mengunduh aplikasi Twitch terlebih dahulu dan masuk ke akun Twitch masing-masing. Setelah itu, saat pengguna membuka salah satu stream di Twitch, akan ada tampilan muncul untuk menonton bareng dengan pengguna lain yang terhubung dalam panggilan FaceTime.

Posisi stream akan tersinkron ke perangkat pengguna dan setiap peserta akan bisa menggunakan akses chat, follow, subscribe, dan menyorak dengan Bits Twitch melalui akun mereka.

Meski begitu, integrasi SharePlay dan Twitch masih belum ke tahap sempurna. Saat ini masih belum ada support untuk Twitch Apple TV. Akses SharePlay dan Twitch hanya serta-merta dapat bekerja untuk pengguna iOS 15.1 atau lebih baru.

Selebihnya, semua pengguna yang tidak memakai perangkat Apple tidak bisa bergabung dengan program ini. Hal tersebut dikarenakan SharePlay hanya mengandalkan Face Time, fitur yang diusung khusus dari Apple.