Brilio.net - Apple Watch kini bukan sekadar jam tangan saja. Gadget pintar ini punya aneka fitur yang memanjakan penggunanya. Notifikasi, telepon masuk, atau pesan instan yang masuk ke smartphone bisa kamu intip hanya dengan melihat ke pergelangan tangan dengan Apple Watch. Terbaru, Apple baru saja memasukkan paten teknologi terbaru untuk membuat sensor pembuluh darah yang futuristik, loh.

Dilansir Brilio.net dari Gizmodo, Rabu (1/7), sebuah paten dari Amerika memperlihatkan desain Apple Watch yang bisa memindai pembuluh darah di pergelangan tangan. Sensor ini bisa menangkap gerakan tangan. Secara teori Apple Watch bisa menebak gerak gerik tangan dan posisi jari tangan secara akurat. Di paten tersebut, sensor ini akan ditempatkan di bagian tali jam.

Apple Watch bikin sensor pembuluh darah © 2020 brilio.net

foto: Gizmodo.com

Teknologi ini akan semakin akurat lagi jika digabungkan dengan sensor detak jantung yang sudah ada di Apple Watch. Sensor ini bisa mengukur seberapa banyak darah yang mengalir melewati sensor tersebut. Dari aliran ini, Apple Watch bisa mendapatkan data tentang gerakan tangan dan kondisi kesehatan jantung.

Loading...

Teknologi ini sangat berguna untuk gesture tanpa sentuh. Misalnya seperti saat kamu ingin memutar lagu tanpa harus mengusap layar Apple Watch. Fitur ini juga sangat berguna di saat pandemi dan menghindari kontak agar tak tertular virus. Kamu bisa membalas pesan tanpa harus mengetik lewat smartphone.

Apple Watch bikin sensor pembuluh darah © 2020 brilio.net

foto: Gizmodo.com

Fitur AR (alternate Reality) yang menggabungkan dunia virtual dengan dunia nyata juga akan terbantu dengan sensor tangan yang semakin akurat. Selama ini, alat AR biasanya mengandalkan kontroler tangan yang lumayan besar dan ribet. Kan seru juga bisa bermain AR dengan akurat sampai ke jari tangan hanya mengandalkan Apple Watch saja.

Semua ini masih spekulasi karena masih berupa paten saja. Tapi paten ini bisa memberikan kita gambaran teknologi anyar yang sedang digodok oleh Apple. Sensor pembuluh darah yang futuristik ini pasti akan mengubah secara drastis interaksi kita dengan smartphone pada masa depan.