Brilio.net - Jaringan 5G atau yang dikenal dengan 5 Generation adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima yang menjadi fase terbaru sesudah 4G. Setelah diumumkannya pada awal Juni 2021 lalu oleh Telkomsel, banyak masyarakat yang bertanya-tanya tentang generasi terbaru ini.

Kabarnya 5G akan hadir perdana di Indonesia pada 2022 mendatang. Nah, sebelum jaringan yang keren ini resmi diluncurkan di negara tercinta, ada baiknya kamu mengetahui keunggulan-keunggulan dari 5G.

Tanpa membuang waktu, ini 5 keunggulan 5G yang siap membawa pengalaman hidupmu lebih baik yang dirangkum oleh brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (24/9).

1. Peningkatan kecepatan.

Seperti yang diketahui, setiap ada pembaharuan generasi jaringan nirkabel, pasti selalu ada peningkatan kecepatan yang signifikan. Teknologi jaringan seluler generasi kelima ini akan melampaui kecepatan 4G LTE. Luar biasanya lagi, kecepatan puncak 5G diharapkan bisa sampai hingga 100x lebih cepat dari kecepatan jaringan 4G LTE.

Prediksi kecepatan 5G ini hingga 10 Gbp. Ini memungkinkan pengguna mentransfer film resolusi tinggi pada kecepatan unduh puncak, yang dulunya dari tujuh menit akan menjadi hanya enam detik.

Setelah operator meluncurkan fitur 5G lengkapnya, konsumen dan bisnis bisa mulai mempertimbangkan jaringan 5G sebagai alternatif yang kuat untuk koneksi broadband cepat.

2. Latensi yang rendah.

5 Keunggulan jaringan 5G yang memukau berbagai sumber

foto: pixabay.com

Latensi mengukur berapa lama sinyal yang diperlukan untuk berpindah dari sumbernya ke penerima, hingga kemudian kembali lagi. Salah satu tujuan bagi setiap generasi jaringan nirkabel ini adalah mengurangi latensi. Nah, di jaringan 5G baru ini, pengguna akan memiliki latensi yang bahkan lebih rendah daripada 4G LTE dengan transmisi data bolak-balik memakan waktu kurang dari 5 milidetik.

Latensi pada jaringan 5G juga akan lebih cepat daripada pemrosesan visual manusia, sehingga memungkinkan untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh dalam waktu hampir nyata. Kecepatan reaksi manusia akan menjadi faktor pembatas untuk aplikasi jarak jauh yang menggunakan 5G dan IoT (Internet of Things), serta banyak aplikasi baru yang akan melibatkan komunikasi mesin ke mesin yang tidak dibatasi oleh seberapa cepat manusia dapat merespon.

Sementara pertanian, manufaktur, dan logistik akan mendapat manfaat dari latensi yang lebih rendah, para gamers pastinya akan sangat terbantu dengan adanya teknologi jaringan 5G ini. Kombinasi kecepatan tinggi dan lag minimal dari 5G sangat cocok untuk aplikasi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), yang kemungkinan akan booming popularitasnya karena peningkatan konektivitas menciptakan pengalaman yang lebih mulus.

3. Peningkatan kapasitas.

Salah satu pasar untuk penerapan jaringan 5G ini adalah pasar di industri bisnis. 5G akan memberikan kapasitas hingga 1.000x lebih banyak daripada 4G. Ini akan menciptakan lahan subur untuk pengembangan IoT. Ketika 5G dan IoT dikombinasikan, semuanya bisa dinikmati dengan sempurna. Dengan kapasitas untuk ratusan atau ribuan perangkat yang berkomunikasi dengan lancar, aplikasi baru dan kasus penggunaan untuk kota, pabrik, pertanian, sekolah, dan rumah akan berkembang.

Dengan adanya teknologi jaringan 5G ini, rumah dan kota juga akan mengambil lompatan besar. Menggunakan lebih banyak perangkat yang terhubung dari sebelumnya, AI (Artificial Intelligence) akan dibawa ke tempat-tempat yang belum pernah ada sebelumnya. Aplikasi 5G yang mengandalkan kapasitas jaringan tambahan ini juga akan berdampak pada hampir semua orang. Mulai dari rumah yang memberikan saran hemat energi yang dipersonalisasi yang memaksimalkan dampak lingkungan hingga lampu lalu lintas yang mengubah polanya berdasarkan arus lalu lintas.

4. Peningkatan Bandwidth.

Dalam teknologi komunikasi, Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Kombinasi peningkatan kecepatan dan kapasitas jaringan pada jaringan 5G akan menciptakan potensi jumlah data yang lebih besar untuk ditransmisikan dibangking dengan jaringan 4G LTE.

Kehadiran jaringan 5G ini juga dirancang secara berbeda dari jaringan 4G tradisional. 5G memungkinkan optimalisasi lalu lintas jaringan yang lebih besar dan penanganan lonjakan penggunaan yang lancar. Stadion yang ramai dan tempat-tempat lain telah berjuang untuk menyediakan konektivitas tanpa batas ke audiens yang besar, namun dengan adanya 5G penggemar olahraga bisa melakukan streaming langsung pengalaman mereka dari kursi manapun di arena.

Untuk bisnis sendiri, dampak peningkatan bandwidth akan banyak dirasakan di departemen dan divisi dalam bentuk data besar. Dengan konektivitas 5G dan analitik data besar, bisnis ini dapat mengubah volume data yang besar menjadi pengetahuan yang dapat ditindaklanjuti.

5. Teknologi dan solusi Intel® 5G.

5 Keunggulan jaringan 5G yang memukau berbagai sumber

foto: pexels.com

Manfaat penuh dari 5G bergantung pada jaringan yang mampu mendukung kemampuan dan fitur generasi berikutnya. Sebagai pemimpin komputasi dalam solusi jaringan, Intel sangat penting bagi struktur dan organisasi peluncuran 5G global.

Teknologi Intel 5G akan mendorong pengalaman 5G masa depan, mulai dari perangkat edge yang mengumpulkan data di lapangan hingga server jaringan yang dioptimalkan untuk beban kerja yang ditenagai oleh prosesor Intel® Xeon® Scalable. Intel berdedikasi untuk memaksimalkan potensi 5G dalam berbagai aplikasi dan kasus penggunaannya, dari rumah hingga tempat kerja, dan seterusnya.