Brilio.net - Tidak henti-hentinya YouTube memberikan pengalaman baru untuk penggunanya. Setelah merilis fitur-fitur baru seperti Video Chapters, Video Snippets, serta penerjemah caption, deskripsi, judul, dan komentar, kini YouTube kembali memanjakan penggunanya dengan satu fitur baru, tombol download.

Tentunya ini akan sangat membantu pengguna dalam mengunduh video favorit mereka kapanpun. Namun sayangnya, fitur ini baru hanya tersedia untuk pengguna atau member Premium untuk desktop saja, artinya pengguna yang sudah berlangganan dan berbayar.

Ini meninggalkan pertanyaan-pertanyaan besar, "apakah fitur ini juga akan diberlakukan gratis untuk umum?" atau "kalau tidak gratis untuk umum, apakah Google malah akan bekerja dengan YouTube untuk menyediakan fitur ini secara gratis?"

YouTube adakan tombol download bagi user Premium berbagai sumber

foto: Pixabay/@Ksv_gracis

Seperti yang diketahui, ketika kamu ingin mengunduh video dari YouTube, kamu harus menggunakan website atau aplikasi luar. Ini pastinya sangat merepotkan, karena saat berada di website atau aplikasi tersebut, kamu akan diganggu dengan munculnya banyak iklan yang kadang mengganggu.

YouTube adakan tombol download bagi user Premium berbagai sumber

foto: Pixabay/@asi24

Untuk waktu yang terbatas, tombol download ini sedang dinikmati oleh pengguna Premium saat ini dan akan berakhir hingga 31 Oktober mendatang. Dengan menjadi member Premium, seorang pengguna bisa mencoba fitur-fitur baru yang sedang dikerjakan oleh YouTube termasuk fitur tombol download ini. Selain itu, pengguna Premium juga bisa menikmati video bebas iklan, mengunduh video secara gratis, dan banyak lagi.

YouTube adakan tombol download bagi user Premium berbagai sumber

foto: Pixabay/@Mizter_X94

Jika kamu termasuk member Premium dan ingin mengetahui cara mendownload video favorite-mu, coba lihat langkah-langkah berikut:

- Scroll ke bawah halaman sampai kamu melihat bagian, "Unduh video dari browsermu."

- Setelah itu klik tombol "Coba (try it out)."

- Dari situ, kamu hanya dapat menggunakan salah satu fitur eksperimental Google dalam satu waktu. Jadi kalau kamu menggunakan fitur lain, fitur tersebut akan dinonaktifkan hingga kamu memutuskan untuk mengaktifkannya kembali.

- Setelah memilih fitur unduhan, tombol baru akan muncul di antara tombol "bagikan" dan "simpan" di bawah video YouTube. Kamu juga akan melihat opsi saat mengklik tiga titik yang muncul dengan gambar mini video saat menjelajahi YouTube.

Satu-satunya kelemahan di sini adalah resolusi maksimum untuk unduhan yang saat ini ditetapkan pada 1080p. Kalau kamu ingin mengubah kualitas videonya, bisa kamu lakukan di halaman pengaturan YouTube.