Brilio.net - Sebagai situs video steaming terbesar dan terpopuler saat ini, YouTube menyediakan berbagai jenis video yang bisa kita tonton setiap saat. Dengan 30 juta pengunjung tiap harinya, tak salah bila YouTube begitu kaya dengan konten. YouTube menjadi situs favorit bagi banyak orang yang ingin menonton video online secara gratis. Jutaan video dari berbagai macam katagori bisa kamu saksikan di sini.

Namun sebagian banyak orang kesulitan untuk mendownload video YouTube. Hal ini sangat wajar karena pada video YouTube tidak terdapat tombol untuk download. Meski dalam aplikasi YouTube terdapat fitur menyimpan video, namun terkait dengan hak cipta, tidak semua video bisa kamu simpan dan ditonton secara offline. Sehingga kemudian banyak bermunculan aplikasi YouTube downloader yang memungkinkan kita mengunduh secara bebas video favorit di YouTube dengan leluasa.

Cara download video YouTube di Android atau PC sebenarnya sangat mudah. Kita bisa menggunakan tool downloader online, atau menambahkan huruf tertentu pada link video. Kamu juga bisa menambahkan eksistensi atau bisa juga menambahkan software atau aplikasi.

Nah, kali ini brilio.net akan membahas bagaimana cara download video YouTube secara mudah, cepat dan gratis, dikutip dari berbagai sumber, Minggu (29/9).

1. Menggunakan KeepVid di komputer.

Loading...

download youtube istimewa

foto: KeepVid.com

(1) Buka https://www.youtube.com di pencarian web. Sebelum membuka KeepVid, kamu harus membuka video YouTube. Kamu dapat menggunakan situs web pengunduhan YouTube gratis seperti KeepVid untuk mengunduh video YouTube ke komputer kamu.

(2) Buka video yang ingin kamu download. Kamu dapat memilih video dari beranda atau mencari menggunakan bilah "Cari" di bagian atas layar. Setelah kamu memilih video, itu harus segera diputar.

(3) Klik ikon "Bagikan".

(4) Klik alamat URL dan copy

(5) Arahkan ke https://keepvid.pro. Kamu dapat melakukan ini di tab browser yang sama jika diinginkan.

(6) Kemudian klik tempel pada 'enter link'

(7) Klik tombol 'Unduh Sekarang'. KeepVid akan mengambil video dan menampilkan beberapa opsi format.

(8) Pilih format unduhan.

2. Menggunakan pengunduh video 4K di komputer.

download youtube istimewa

foto: YouTube

(1) Unduh file pengaturan Pengunduh Video 4K. Buka https://www.4kdownload.com/products/product-videodownloader di pencarian web komputer kamu, lalu klik Get 4K Video Downloader di sisi kiri halaman. File pengaturan 4K Video downloader akan diunduh ke komputer kamu.

(2) Instal pengunduh Video 4K. Setelah file pengaturan 4K Video Downloader selesai diunduh, kamu dapat menginstalnya.

(3) Buka https://www.youtube.com di pencarian web.

(4) Buka video yang ingin kamu unduh, kemudian putar.

(5) Klik alamat video di bilah bagian atas browser kamu. Kemudian salin alamat web tersebut.

(6) Buka pengunduhan video 4K. Jika Pengunduh Video 4K tidak terbuka secara otomatis setelah menyelesaikan pemasangannya, klik tautannya di menu Mulai Windows atau folder Aplikasi Mac kamu.

(7) klik tempel tautan di sudut kiri atas jendela 4K Video Downloader.

(8) Pilih format video dari menu "Format". Jika kamu tidak melihat "4K" tercantum dalam opsi kualitas untuk video yang mendukung 4K, mengubah format video dari MP4 ke MKV biasanya akan muncul opsi 4K.

(9) Pilih kualitas. Secara default, komputer akan memilih kualitas tertinggi, tetapi kamu dapat mencentang kotak di sebelah kualitas yang berbeda (misalnya, 1080p ) jika komputer kamu tidak mendukung kualitas tertinggi.

(10) Klik tombol unduh di bagian bawah, kemudian video akan mulai di download ke komputer kamu.

3. Menggunakan VLC Player di komputer.

download youtube istimewa

foto: WikiHow

(1) Jika Anda memiliki VLC Media Player di komputer kamu, kamu mungkin dapat menggunakannya untuk mengunduh video dari YouTube. Buka https://www.youtube.com di komputer kamu.

(2) Buka video yang ingin kamu unduh. kamu dapat mencari video menggunakan bilah "Cari" di bagian atas layar. Setelah itu pilih video dan putar videonya.

(3) Salin URL video yang berada di atas jendela layar.

(4) Kemudian buka VLC Player. Jika kamu belum memilikinya, kamu dapat mengunduh VLC secara gratis di https://www.videolan.org

(5) Buka halaman baru dari pencarian web di VLC. Caranya, klik media, kemudian klik buka Network Streaming

(6) Kemudian tempel alamat URL video YouTube yang di-copy tadi.

(7) Klik mainkan pada komputer. Ini akan membuka video YouTube di VLC.

(8) Lihat informasi codec video. Untuk melakukannya: Klik Alat, lalu klik Informasi Codec.

(9) Di bagian bawah jendela, kamu akan melihat alamat panjang yang harus kamu salin. Sorot seluruh alamat dan kemudian menyalinnya.

(10) Rekatkan URL yang disalin ke browser web kamu dan tekan Enter. Jika kamu menggunakan Windows, buka tab browser baru, klik kanan bilah alamat, lalu klik Tempel.

(11) Klik kanan video dan pilih "Simpan video sebagai". Ini akan membuka dialog "Simpan" ke komputer kamu.

(12) Kemudian klik kanan video di browser kamu, lalu klik Simpan video seperti pada menu tarik-turun yang dihasilkan. Video akan mulai mengunduh ke komputer kamu sebagai file MP4 dengan nama "videoplayback".

(13) Pilih lokasi penyimpanan dan klik tombol simpan.

4. Menggunakan TubeMate untuk Android.

download youtube istimewa

foto: istimewa

Tubemate adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda mengunduh video YouTube ke Android Anda. Aplikasi ini tidak tersedia dari Play Store, tetapi Anda dapat mengunduh APK dan menginstalnya secara manual.

(1) Download aplikasi TubeMate di play store atau Buka https://tubemate.net di pencarian web Android kamu.

(2) Instal aplikasi dan ikuti intruksi di layar android kamu untuk memberi izin ke TubeMate.

(3) Cari video yang ingin kamu unduh

(4) Kemudian ketuk ikon panah merah di sudut kanan bawah layar. Daftar opsi unduhan untuk video akan muncul.

(5) Pilih ukuran dan jenis file yang diinginkan. Format video berada di bagian atas layar, dan opsi audio ada di bagian bawah. Pilih salah satu format MP4 untuk mengunduh video.

(6) Kemudian klik ikon panah merah. Setelah video diunduh, kamu dapat melihatnya di Galeri seperti video lainya.

5. Menggunakan KeepVid di iPhone atau iPad.

download youtube istimewa

foto: KeepVid.com

(1) Instal dokumen dengan Readdle di iPhone atau iPad.

(2) Buka YouTube di iPhone atau iPad kamu.

(3) Buka video yang ingin kamu unduh.

(4) Klik ikon bagikan untuk mendapatkan link.

(5) kemudian salin tautan yang tadi dibagikan.

(6) Buka aplikasi Dokumen.

(7) Klik ikon kompas biru di sudut kanan bawah layar.

(8) Lalu pergi ke https://keepvid.pro di browser. kamu dapat melakukan ini dengan mengetik URL ke bilah "Buka alamat ini".

(9) Kemudian tempel link video YouTube yang kamu salin tadi

(10) Klik tombol "unduh sekarang"

(11) Kemudian ganti nama file dan pilih selesai. Setelah video diunduh, kamu akan kembali ke layar utama Documen by Readdle.

(12) Tambahkan folder Readdle ke aplikasi Files. Jika kamu menambahkan Readdle ke aplikasi Files, kamu akan lebih mudah untuk mengakses video yang kamu unduh tadi.

(13) Setelah itu kamu dapat menonton video yang telah diunduh.

reporter: mgg/gusti ridani