Brilio.net - Kini dunia nyata dan virtual kian menyatu dan mengubah kehidupan manusia. Setelah sukses dengan 4G, kini 5G jadi teknologi jaringan nirkabel terbaru yang digadang-gadang memiliki kecepatan lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Pesatnya perkembangan era digital saat ini sangat membantu kita dengan kemudahan layanan dan cakupan yang luas.

Kecepatan 5G boleh diadu dengan Wi-Fi. Terobosan generasi kelima ini sangat membantu dalam konektivitas dan transmisi data berbagai sektor, dari personal hingga industri. Inovasi dan terobosan canggih akan semakin cepat menjadi kenyataan berkat teknologi ini.

Tentunya 5G bisa memberikan manfaat untuk semua aspek kehidupan jadi lebih mudah dan cepat. Nah, kira-kira apa saja lima kemudahan hidup di era 5G ini? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, (24/6).

1. Unduh file besar lebih cepat.

Kemudahan hidup di era 5G © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Teknologi 5G memiliki kecepatan yang lebih stabil dan latensi rendah daripada pendahulunya. Dengan kecepatan yang lebih baik, tentu pengguna dapat mengunduh dan mengunggah file berkapasitas besar dalam waktu singkat. Artinya, kamu nggak perlu lagi berlama-lama menunggu sebuah file selesai diunduh ataupun diunggah.

2. Percepat transaksi keuangan.

Kemudahan hidup di era 5G © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Kini berbagai jenis transaksi semakin praktis dengan menggunakan smartphone. Layanan m-banking, internet banking, dan berbagai e-wallet lainnya kini semakin mudah. Sayangnya, nggak sedikit pengguna mengalami gagal mengecek saldo atau transaksi uang. Salah satu penyebabnya karena faktor signal yang nggak stabil.

Dengan jaringan 5G, transaksi keuangan akan lebih stabil dan bisa diandalkan setiap saat. Transmisi data yang cepat dan aman ini membuatmu lebih nyaman lagi menggunakan layanan keuangan lewat smartphone ataupun gadget lainnya.

3. Peluang menang game online lebih besar.

Kemudahan hidup di era 5G © 2021 brilio.net

foto: oppo Indonesia

Lebih dari sekadar mempercepat transaksi keuangan, latensi rendah 5G sangat bermanfaat saat gaming. Dengan latensi rendah, tak ada jeda dari input hingga gerakan yang tampil di layar. Latensi rendah membuatmu bisa merespons gerakan musuh dengan lebih cekatan. Alhasil, signal 5G yang stabil dan cepat membuat peluangmu menang semakin besar.

Keuntungan itu bisa kamu rasakan saat menggunakan smartphone yang sudah terhubung jaringan canggih ini, seperti Oppo Reno5 5G yang dirilis Januari kemarin. Smartphone ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 765G dan RAM 8 GB yang mampu menjalankan berbagai game dengan kualitas mumpuni.

Oppo Reno5 5G memiliki baterai 4.300 mAh dan fitur 65W SuperVOOC. Ponsel ini menawarkan layar AMOLED dengan refresh rate hingga 90Hz untuk kenyamanan visual yang lebih memuaskan. Ponsel ini membawa fitur AI Highlight Video, Portrait Beautification Video hingga fitur favorit Dual-view Video.

Untuk informasi lebih mengenai Oppo Reno5 5G dan bagaimana 5G bisa mengubah hidupmu, klik di sini.

Kini penerus gadget canggih ini akan segera hadir, yakni Oppo Reno6. Smartphone ini memawarkan fitur gaming yang lebih unggul. Sebab perangkat ini dilengkapi teknologi Hyper Boost yang mampu meningkatkan performa Reno6 ketika game sedang dijalankan.

Hyper Boost mampu meningkatkan sensitivitas sentuhan dan respons game, sekaligus mengurangi jeda, meningkatkan frame rate, dan meningkatkan scene loading time. Untuk mengaktifkan teknologi tersebut, caranya gampang sekali. Tinggal taruh game atau aplikasi di dalam folder Game Space.

Kemampuan gaming gadget satu ini semakin bikin penasaran. Oppo hanya memberikan teaser di video kompetisi PUBG Mobile National Championship (PMNC) 2021, yang ada di kanal YouTube resmi PUBG Mobile Indonesia.

4. Main game VR dan AR tanpa lag.

Kemudahan hidup di era 5G © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Konektivitas 5G yang begitu minim latensi dan kecepatan yang konsisten, bisa menghadirkan Augmented Reality (AR) kapan saja dan di mana saja. Teknologi ini tentu bermanfaat bagi gamer yang akan menikmati kecepatan tinggi dan latensi minimal dengan koneksi yang mulus. Bahkan, kamu akan memiliki pengalaman nge-game yang lebih istimewa karena disuguhkan dengan kualitas video terbaik dan lebih realistis tanpa harus mengalami lag.

5. Penggunaan drone yang lebih luas.

Kemudahan hidup di era 5G © 2021 brilio.net

foto: shutterstock.com

Jaringan 5G membuat drone lebih diminati dalam berbagai sektor pekerjaan, mulai dari pemetaan, pertanian, industri minyak dan gas, hingga militer. Jaringan ini memungkinkan operator mengendalikan drone dengan presisi tinggi, dan mengirimkan video beresolusi tinggi secara real time.

(brl/lak)

(brl/lak)