Brilio.net - Menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), telah diprediksi bahwa hujan akan terjadi secara merata di seluruh daerah Indonesia maksimal pada bulan Desember tahun 2021. Namun faktanya, hujan telah melanda beberapa bagian daerah di Indonesia, khususnya Jakarta, yang mana saat ini telah mengalami bencana banjir.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, dilaporkan telah ada lebih dari 90 RT yang terendam banjir hingga Senin (8/11). Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah luapan dari air kali yang berada di daerah-daerah terlanda hujan.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui pemantauan terhadap banjir. Untungnya seiring berkembangnya teknologi yang pesat, saat ini terdapat situs maupun aplikasi yang dapat dengan mudah diakses dan diunduh dari smartphone untuk melacak keberadaan bencana alam.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (9/11), berikut tujuh aplikasi untuk memantau bencana alam seperti banjir, gempa, dan sebagainya.

1. Google Maps.

7 Aplikasi pantau bencana © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Aplikasi mudah yang bisa digunakan untuk melacak banjir di daerah tertentu adalah Google Maps. Selain digunakan sebagai aplikasi peta, Maps juga senantiasa membantu pengguna untuk selalu berhati-hati melewati daerah mana yang sedang dilanda banjir.

Aplikasi ini sangat pas untuk warga yang daerah tempat tinggalnya sering dilanda banjir, khususnya daerah DKI Jakarta. Dengan munculnya infromasi "Jakarta floods" pada Maps, hal ini cukup memberikan informasi seputar titik atau daerah mana saja yang sedang diluap air kali.

Selebihnya, aplikasi ini juga memberikan arah jalan alternatif untuk penggunanya tidak menempuh jalan yang sedang terkena banjir. Wow, banyak banget fiturnya, kan?

2. Peta Bencana.

7 Aplikasi pantau bencana © 2021 brilio.net

foto: petabencana.id

Selain Jakarta, situs Peta Bencana juga bisa mengetahui daerah mana yang terkena banjir di kota lain di Indonesia. Peta bencana merupakan peta yang diakses secara online untuk melacak bencana alam yang terjadi pada kota yang terkena bencana alam.

Saat ini, Peta Bencana memantau sebagian kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

3. Pantau Banjir.

7 Aplikasi pantau bencana © 2021 brilio.net

foto: apppage.net

Pantau Banjir adalah salah satu aplikasi yang informatif untuk mengetahui bencana alam banjir. Selain berfungsi untuk memberikan informasi mengenai data tinggi debit air di daerah yang terendam banjir, pengguna juga akan memperoleh data pengamatan dari petugas dinas tata air yang diupdate secara berkala.

4. inaRISK.

7 Aplikasi pantau bencana © 2021 brilio.net

foto: Play Store

inaRISK adalah aplikasi maupun situs web yang berfungsi untuk menampilkan risiko bencana di Indonesia. Contoh kegunaan dari aplikasi inaRISK adalah pada sebelum atau setelah terjadi banjir, pengguna akan diberikan sederet informasi bagaimana menyiapkan hingga menanggulangi bencana alam tersebut.

Tak hanya itu, inaRISK juga dilengkapi fitur informatif yakni informasi dasar seputar bencana alam. Untuk itu, aplikasi ini tak hanya digunakan untuk mengetahui bencana alam banjir, namun tanah longsor juga.

5. Disaster Alert.

7 Aplikasi pantau bencana © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Selain keempat aplikasi di atas, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi bernama Disaster Alert. Dengan ini, pengguna dapat melacak peta bencana alam yang sedang terjadi, yakni gempa bumi, banjir, tsunami, tanah longsor, hingga kebakaran hutan.

Selebihnya, aplikasi ini akan memberikan pemberitahuan berdasarkan lokasi atau GPS pengguna guna mengetahui lebih detail lokasi mana saja yang sedang dilanda bencana alam.

6. Peringatan Dini Banjir DKI Jakarta.

7 Aplikasi pantau bencana © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Berasal dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, sistem Peringatan Dini Banjir DKI Jakarta berfungsi menampilkan informasi ter-update mengenai tinggi permukaan air sungai-sungai yang ada di Jakarta. Selain itu, aplikasi ini juga menunjukkan grafik dari ketinggian permukaan air.

7. Info BMKG.

7 Aplikasi pantau bencana © 2021 brilio.net

foto: Play Store

Dibuat oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, aplikasi Info BMKG juga sangat berguna untuk memantau bencana alam banjir. Aplikasi ini dibekali fitur untuk memeringati pengguna mengenai iklim, cuaca, guncangan atau gempa, hingga kualitas udara di Indonesia. Untuk mengaksesnya, pengguna dapat mengunduh aplikasi serba guna ini di Play Store.

*

INFOGRAFIS APLIKASI PEMANTAU BENCANA ALAM © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS APLIKASI PEMANTAU BENCANA ALAM
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan