Brilio.net - Akademisi Indonesia terus melakukan pengembangan dan berbagai macam inovasi untuk membantu dan memajukan kesejahteraan rakyat. Salah satu yang terbaru adalah aplikasi Isolasinfo, merupakan sebuah aplikasi untuk membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Isolasinfo adalah sebuah aplikasi yang dibuat sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dengan bantuan para supervisor dalam menjaga kesehatan fisik di masa pandemi Covid-19, khususnya pasien yang mengalami gejala ringan dan tanpa gejala.

Selain kesehatan, Isolasinfo juga dirancang untuk membantu masalah mental pasien Covid-19 karena kurangnya interaksi sosial. Aplikasi ini menjadi satu dari sekian banyak inovasi yang hadir dari generasi muda saat ini.

Mau tahu lebih lanjut tentang Isolasinfo? Yuk, simak lima faktanya yang telah brilio.net rangkum dari siaran pers UI, Kamis (4/11).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Kolaborasi mahasiswa lintas fakultas.

Isolasinfo merupakan aplikasi yang dirancang oleh kolaborasi tim dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom). Kolaborasi ini tergabung dari 12 mahasiswa dan supervisor dokter dan dosen. Selain dari mahasiswa, aplikasi ini juga bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Pembuatan Isolasinfo juga menandakan bahwa para akademisi muda ini juga mampu berkolaborasi," kata Direktur RSUPN RSCM, Lies Dina Liastuti, dalam Soft Launching Isolasinfo.

2 Telah diluncurkan di Google Play Store.

Aplikasi Isolasinfo © 2021 brilio.net

foto: Playstore

Aplikasi ini telah diluncurkan secara daring pada Sabtu (30/10) lalu melalui Zoom dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Medicine_UI. Isolasinfo saat ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

3. Memiliki layanan telemedicine.

Aplikasi Isolasinfo © 2021 brilio.net

foto: Playstore

Isolasinfo memiliki layanan telemedicine yang dapat menghubungkan pasien Covid-19 yang sedang isolasi mandiri dengan para tenaga kesehatan. Hal ini juga sebagai upaya memantau perkembangan kesehatan dan aktivitas setiap pasien dari hari ke hari selama masa isolasi mandiri.

4. Memiliki 6 fitur andalan.

Aplikasi Isolasinfo © 2021 brilio.net

foto: Playstore

Selain itu, Isolasinfo juga memiliki enam fitur utama yakni edukasi, asesmen harian, nutrisi dan pengingat minum obat, olahraga, well being dan forum fitur asesmen.

Fitur edukasi berguna untuk memberikan informasi mengenai isolasi mandiri yang ditampilkan dengan kartu dan infografis menarik. Sedangkan fitur nutrisi untuk membantu para penggunanya memenuhi kebutuhan nutrisi disertai dengan fitur pengingat minum obat atau vitamin.

Begitu juga dengan fitur olahraga yang dapat membantu dan memberi arahan kepada pasien untuk mengetahui olahraga apa yang dapat dikerjakan selama isolasi mandiri. Kemudian forum fitur asesmen dapat membantu para pasien yang isolasi mandiri untuk saling menyemangati.

5. Landasan pembuatan aplikasi Isolasinfo.

Berangkat dari kepedulian terhadap rendahnya pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap isolasi mandiri di masa pandemi Covid-19, para mahasiswa kemudian berinisiasi untuk membantu masyarakat agar lebih peduli dengan kondisi mereka. Sekaligus membantu menjaga kesehatan mental dan fisik bagi pasien covid dengan gejala ringan dan tanpa gejala.

"Harapannya, sebagai penyemangat bersama bagi kita semua untuk saling mendukung, menjaga, dan saling bekerja sama dalam menghadapi dan mengatasi pandemi ini. Aplikasi ini membuktikan bahwa UI mampu beradaptasi dengan cepat dalam teknologi informasi dengan kondisi yang tidak terduga sebelumnya. Kerja sama seperti ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan pada masa-masa mendatang dan tidak berhenti dalam pengembangan aplikasi ini," ujar Wakil Dekan Fasilkom UI, Ari Saptawijaya, Pd.D.

(brl/tin)