Brilio.net - Persaingan media sosial dalam merebut perhatian publik terlihat semakin gencar. Banyak bermunculan fitur-fitur baru yang memudahkan penggunannya. Fasilitas menarik yang diberikan ini tak jarang membuat penggunanya betah dan enggan beralih ke media lain.

Rentang waktu yang digunakan dalam mengeluarkan fitur inipun juga bergerak sangat cepat. Sehingga kondisi ini membuat para pengguna semakin penasaran untuk mencoba hal-hal baru yang ditawarkan.

Menariknya, beberapa media sosial bersaing dengan fitur yang sama lho. Sebagai contoh kamu bisa melihat pada YouTube dan Instagram. Dua raksasa media sosial ini merajai deretan media yang memiliki pengikut banyak.

Pada dasarnya kedua media sosial ini memiliki peyajian yang berbeda. Jika pada awalnya YouTube digunakan untuk mengunggah video berdurasi panjang, namun perusahaan yang dibangun Jawed Karim, Steve Chen, dan Chad Hurley ini juga bisa dinikmati untuk siaran langsung.

Begitu pula dengan Instagram, media sosial ini pada awalnya populer karena dapat mengunggah foto dan video. Bahkan Instagram juga dimanfaatkan untuk memperluas jaringan pertemanan. Namun dengan perkembangan waktu, Instagram menyuguhkan berbagai fitur menarik seperti Instagram Story atau Instastories dan juga siaran langsung.

Loading...

Instagram Story ini mirip dengan fitur YouTube Stories. Meski sekilas sama, namun tetap saja ada beberapa perbedaan yang menjadi keunggulan masing-masing media.

Ada apa saja sih beda YouTube Stories dan Instagram Story? Simak ulasan brilio.net dikutip dari berbagai sumber, Kamis (19/12).

1. Beda batas waktu yang disajikan.

Perbedaan Instastories dan YouTube Stories © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Instagram terlebih dahulu meluncurkan fitur Story dibanding YouTube dengan Stories. Fitur ini memberikan layanan unggahan video dengan durasi singkat. Biasanya para pengguna memanfaatkan fitur ini untuk membagikan kegiatan sehari-hari mereka.

Meskipun sekilas nampak mirip, namun Stories yang dimiliki Instagram dan YouTube memiliki perbedaan pada batas waktu yang disajikan. Story di akun Instagram hanya bertahan 24 jam. Setelah itu, video tersebut akan menghilang.

Sedangkan YouTube memberi batas waktu lebih lama. Kamu bisa melihat Stories yang dibuat para YouTuber selama seminggu.

2. Fasilitas interaksi dengan pengikut.

Perbedaan Instastories dan YouTube Stories © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Meskipun masih baru, namun YouTube Stories sudah dimanfaatkan oleh banyak orang. Salah satu yang menarik dari YouTube Stories adalah kamu dapat berinteraksi langsung dengan berbalas komentar bersama pengguna lain.

Hal ini berbeda dengan yang tersedia dalam Instastories. Kamu hanya dapat mengirim pesan kepada kreator melalui kotak pesan yang disediakan atau Direct Message. Sehingga kamu tidak bisa melihat secara langsung bagaimana respons pengguna lain dalam menanggapi unggahan tersebut.

3. Target penonton.

Perbedaan Instastories dan YouTube Stories © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Pada dasarnya YouTube dan Instagram adalah dua media sosial yang berbeda. Hal ini termasuk pada sasaran penonton di masing-masing akun. Jika kamu melihat pada Instagram, kamu dapat melihat Instastories orang yang kamu follow atau ikuti.

Namun hal tersebut tidak berlaku pada YouTube. Stories yang terdapat dalam YouTube dapat dilihat oleh semua orang, baik yang sudah menjadi pelanggan (subscriber) atau belum.

4. Syarat yang diberlakukan.

Perbedaan Instastories dan YouTube Stories © 2019 brilio.net

foto: Unsplash.com

Rupanya, Stories yang terdapat dalam Instagram dan YouTube memiliki perbedaan lain pada syarat penggunaan. Bagi semua pengguna Instagram, pasti bisa menikmati layanan Instastories. Tidak ada syarat yang diberlakukan pada layanan ini.

Namun jika kamu memiliki akun YouTube dan ingin mengunggah video melalui Stories, kamu harus memenuhi syarat memiliki minimal 10.000 subscribers. Jadi jangan heran kalu kamu menemukan stories hanya pada akun-akun besar.

Tapi untuk kamu yang pemula nggak perlu sedih. Kamu bisa mendapatkan ribuan subscriber dengan cara rajin membuat konten, menggunakan ide yang menarik, dan mempromosikan kontenmu agar semakin dikenal.

5. Ditemukan di tempat yang berbeda.

Perbedaan Instastories dan YouTube Stories © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, semua pengguna Instagram pasti bisa mengakses Instastories, baik untuk mengunggah atau sekadar melihat. Hal ini juga membuat kamu dapat melihat Instastories kapan saja dan di mana saja selagi terkoneksi dengan internet. Tak hanya di smartphone, kamu juga bisa melihat stories melalui PC kamu.

Namun hal ini tidak berlaku dengan YouTube Stories yang hanya dapat dipantau dari smartphone, baik Android ataupun iOS. Karena hingga saat ini fitur YouTube Stories masih belum ditemukan pada tampilan versi website.