Brilio.net - Samsung merupakan salah satu brand terkenal yang berasal dari Korea Selatan. Brand ini mengeluarkan beberapa produk seperti alat elektronik, smartphone hingga smartwatch atau jam pintar.

Salah satu produk yang sering dikeluarkan oleh Samsung adalah smartphone. Pada Januari 2020 lalu, Samsung merilis smartphone kelas menengah terbarunya yakni Galaxy A71. Tak main-main, Samsung bahkan menggaet girl band Blackpink saat merilis seri ini di Indonesia.

Galaxy A71 ini dirilis bersama Galaxy A51 yang menghadirkan pengalaman mobile live untuk anak-anak muda di Indonesia berkat segudang fitur yang dihadirkannya. Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Galaxy A71 hadir dengan fitur seperti baterai tahan lama yang dibekali kemampuan fast charging, quad camera 48MP dan 64MP yang lebih cerdas, layar Super AMOLED Infinity O, dan fitur NFC dan Samsung Pay.

"Generasi masa kini melihat tren live bukan hanya berbagi aktivitas tetapi bagaimana mereka membuat konten otentik, Galaxy A51 dan Galaxy A71 hadir menjawab kebutuhan yang diinginkan generasi live, mulai dari membuat konten, esport, hingga memulai usaha sendiri," kata Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia pada pertengahan Januari lalu.

Penasaran bagaimana spesifikasi, kelebihan dan kekurangan dari Galaxy A71? Berikut rangkuman harga, spesifikasi serta kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A71, dilansir brilio.net dari samsung.com dan berbagai sumber pada Rabu (14/10).

Loading...

Spesifikasi

1. Layar sentuh kapasitif Super AMOLED dengan ukuran 6,7 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 3.
2. Dibekali chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm).
3. CPU Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver) dan GPU Adreno 618.
4. Dilengkapi quad camera dengan resolusi 64 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP
5. Besar media penyimpanan RAM 8 GB, memori internal 128 GB dan memori eksternal microSD, hingga 512 GB (slot khusus)
6. Kapasitas baterai 4.500 mAh.

Harga

Dimulai dari Rp. 5.999.000

Kelebihan Samsung Galaxy A71

1. Quad camera yang juara.

foto: samsung.com

Dengan harga mendekati Rp 6 juta, Galaxy A71 dilengkapi dengan 4 kamera atau quad camera yang terletak di bodi belakang. Kamera ini terdiri dari masing-masing adalah kamera 64MP dengan aperture F1.8, kamera depth sensor 5 MP dengan aperture F2.2, kamera macro 5 MP dengan aperture f2.4 untuk mengambil foto dari jarak dekat, dan kamera ultra wide 123 derajat dengan resolusi 12 MP dan aperture F2.2.

Sementara pada kamera selfie yang berada di bodi depan, memiliki resolusi 32 MP dengan aperture F2.2. Selain itu ketika digunakan untuk mode low-light, HP ini mampu melakukan tugasnya dengan gambar lebih baik dan lebih tajam.

Selain untuk foto, Galaxy A71 juga memiliki memiliki fitur rekaman video yang sangat bagus. Kameranya ini memiliki fitur untuk merekam video dengan resolusi sampai 4K. Rekaman video memakai resolusi 4K yang juga tergolong bagus dengan fitur Super Steady, yang memungkinkan rekaman video dengan baik dan tenang alias menghindari video yang bergoyang-goyang. Hanya saja, fitur ini hanya bisa diaktifkan untuk mode perekaman video 1080p.

2. Prosesor yang memanjakan gamers.

foto: samsung.com

Chipset Qualcomm Snapdragon 730G menjadi prosesor andalan untuk memaksimalkan aktivitas gaming, apalagi ditambah RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Snapdragon 730G memiliki beberapa fitur eksklusif yang mendukung pengalaman gaming pengguna, di antaranya peningkatan grafis yang lebih tinggi hingga 15 persen dari pendahulunya. Peningkatan tersebut akan memengaruhi kekayaan warna yang dihasilkan dan mampu menampilkan hingga 1 miliar warna. Dengan chipset tersebut, memungkinkan penggunanya untuk bermain game dengan lancar.

3. Layar Super AMOLED.

foto: samsung.com

Samsung Galaxy A71 dibekali dengan layar 6,7 inci. Layarnya ini memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels dengan rasio 20:9. Layarnya ini tentu tergolong luas dan tergolong nyaman digunakan menonton video. Terlebih layar ponsel ini menggunakan panel Super AMOLED Plus. Panel Super AMOLED sudah dikenal sebagai salah satu panel layar yang baik. Jadi, tidak berlebihan menyebut layar ponsel ini memiliki tingkat warna dan kontras rasio yang bagus.

4. Fast charging 25 W.

foto: samsung.com

Samsung Galaxy A71 dibekali dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh dan dilengkapi teknologi fast charging 25 W. Sehingga membuat HP ini juga dapat menambah daya dengan cepat bahkan hanya memerlukan waktu sekitar 90 menit.

5. Dilengkapi fitur NFC.

foto: samsung.com

Samsung Galaxy A71 dilengkapi dengan fitur NFC atau, Near Field Communication. Fitur ini dapat memudahkan kamu dalam mentransfer data antar perangkat tanpa harus melalui proses pairing seperti saat menggunakan Bluetooth.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan transaksi pada mesin digital menggunakan NFC. Selain itu, HP ini juga sudah One UI 2 berbasis Android 10. Antarmuka ini memiliki fitur yang menarik dan banyak fitur One Ui di ponsel kelas atas Samsung yang disematkan di ponsel ini.

2 dari 2 halaman

Kekurangan Samsung Galaxy A71.

1. Kapasitas baterai kurang besar.

foto: samsung.com

Untuk kelas smartphone dengan harga Rp 5 jutaan, kapasitas baterai Galaxy A71 ini tergolong masih kecil. Padahal pada brand kompetitor lainnya, sudah dilengkapi dengan baterai kapasitas 5.000 mAh, bahkan dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari Galaxy A71.

2. Bodi ponsel terbuat dari plastik.

foto: samsung.com

Bodi ponsel Galaxy A71 ini terbuat dari polikarbonat alias plastik tetapi dipoles seolah membuat ponsel terlihat terbuat dari kaca. Penggunaan bodi plastik ini jelas mengurangi nilai desain ponsel yang sangat terlihat premium untuk HP dengan harga Rp 5 jutaan.