Brilio.net - Smartphone merupakan salah satu alat komunikasi yang paling laris saat ini. Tak heran memang, kecanggihan dan kepraktisan yang ditawarkan membuat smartphone menjadi barang yang paling banyak diincar oleh orang. Melihat tingkat kebutuhan smartphone yang tinggi tentunya membuat para produsen menggarap berbagai merk smartphone dengan kualitas yang luar biasa.

Salah satu yang merk smartphone yang sudah cukup terkenal adalah Samsung. Bahkan sekarang ini Samsung menjadi salah satu produsen terbesar untuk penjualan smartphone hampir di seluruh dunia.

Samsung hadir dengan berbagai jenis dan seri smartphone. Hampir semuanya menjadi incaran banyak orang. Salah satunya nih Samsung A10. Memiliki fitur unggul, namun harganya sangat ramah kantong, yakni berkisar di bawah Rp 2 jutaan, tak heran jika banyak yang mengincarnya.

Meski memiliki keunggulan di beberapa sisi, Samsung A10 juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung A10 seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (12/10).

Kelebihan Samsung A10

1. Memiliki desain keren

Loading...

Meski harganya cukup murah, namun Samsung A10 tetap hadir dengan desain kece. Bagian depan smartphone ini terlihat sangat bersih dan tampilan Infinity-U membantu mengurangi bezel di sekelilingnya.

Memiliki resolusi layar 720 x 1.520 piksel atau HD+, serta tebal bodi 7,9 mm dengan plastik mengkilap.

2. Kamera dengan kualitas keren.

Samsung A10 dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dan selfie 5 MP. Untuk menyokong performa sehari-hari. Bak ponsel dengan harga mahal, smartphone ini juga memiliki bukaan lensa yang dimaksimalkan. Hasil jepretannya cukup memuaskan.

3. Baterai tahan lama.

Smartphone selalu bermasalah dengan baterai, setiap orang menginginkan smartphone-nya bisa bertahan lebih lama. Nah Samsung A10 memang bisa diandalkan. Pasalnya Samsung A10 dilengkapi dengan baterai 3400 mAh akan mendukung daya tahan yang cukup lama untuk HP dengan spesifikasi ringan.

4. Pilihan warna beragam.

Samsung A10 memiliki pilihan warna yang cukup menggoda mata. Terdapat 3 pilihan warna, mulai dari biru, hitam, dan merah. Kamu tinggal pilih saja sesuai dengan selera kamu.

Kekurangan Samsung A10

1. Kapasitas RAM kecil

Samsung A10 merupakan varian paling bawah di antara seri Samsung Galaxy A lainnya. Hal ini juga berpengaruh pada kapasitas RAM-nya, yang hanya 2 GB. Hal ini jelas berpengaruh pada multitasking, di mana kamu tidak bisa membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.

2. Body kurang kokoh.

Samsung A10 memiliki tampilan body dari plastik. Hal ini membuat smartphone ini menjadi kurang kokoh. Pada intinya, Samsung Galaxy A10 hanya menyerupai tampilan ponsel premium, namun tentu berbeda soal kualitas bahan dan ketahanannya.

Cara mengisi baterai handphone yang benar agar tetap awet

1. Jangan menunggu baterai benar-benar habis.

Harga Samsung A10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Hampir semua orang memiliki kebiasaan menunggu baterai benar-benar habis baru melakukan pengisian daya. Namun cara ini dianggap kurang tepat. Kebiasaan ini tidak dianjurkan karena membuat baterai membutuhkan waktu yang lebih lama dan membuat suhu semakin panas. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari baterai handphone mendekati 0 persen untuk mengisinya. Kamu bisa mengisi daya jika baterai sudah menunjukkan 30 atau 40 persen.

2. Jangan mengisi baterai hingga penuh.

Harga Samsung A10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Kebiasaan mengisi baterai sampai penuh ternyata juga tidak dianjurkan. Kondisi tersebut membuat handphone menjadi tak tahan lama. Pengisian parsial pada baterai Li-ion yang tertanam di hampir seluruh handphone saat ini sudah mampu mengurangi masa handphone. Oleh karena itu, pengisian daya yang dibiarkan penuh tidak dianjurkan. Kamu hanya perlu mengisinya pada kisaran 80 persen saja.

3. Gunakan charger handphone yang asli.

Harga Samsung A10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com View Image

Charger merupakan yang kerap digunakan untuk mengisi daya handphone. Jika menginginkan baterai handphone tetap awet dan tak mudah rusak, ada baiknya untuk menggunakan charger aslinya. Charger asli dari bawaan pabrik dinilai lebih optimal untuk melakukan pengisian daya pada handphone.

Apabila kondisi ini benar-benar tak bisa dihindari, alangkah baiknya untuk tetap memperhatikan detail charger yang ingin kamu gunakan. Usahakan untuk lebih memperhatikan kualitas charger yang akan kamu gunakan seperti melihat voltase dan juga ampere di bagian kepala charger.

4. Batasi penggunaan powerbank.

Harga Samsung A10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Powerbank menjadi salah satu yang dimiliki oleh seseorang untuk mengisi daya handphone ketika sedang berpergian. Ternyata kebiasaan menggunakan powerbank untuk mengisi daya handphone ternyata kini perlu kamu kurangi. Terlalu sering menggunakan powerbank akan membuat handphone kamu mudah drop dan berpotensi mengurangi masa usia baterai.

Tak hanya itu saja, kebiasaan mengisi daya dengan menggunakan port USB di laptop atau komputer juga bisa mengakibatkan baterai kamu menjadi cepat rusak. Hal ini dikarenakan port pada USB hanya memiliki 0,5 A, dimana arus yang dihasilkan cenderung melambat.

5. Mematikan handphone saat sedang diisi daya.

Harga Samsung A10 © 2020 brilio.net

foto: pixabay.com

Satu lagi cara mengisi baterai smartphone yang benar adalah dalam kondisi mati atau nonaktif. Hal ini sangat jarang dilakukan oleh pengguna smartphone. Mereka terbiasa untuk tetap mengaktifkan handphonenya saat sedang melakukan pengisian daya. Mematikan handphone saat sedang diisi daya lebih baik untuk menjaga kestabilan pengisian dayanya.