Brilio.net - Di masa kenormalan baru, orang dituntut bisa beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru. Salah satunya bekerja dari rumah. Kondisi ini membuat banyak orang terinspirasi “menyulap” rumah mereka layaknya kantor. Ya, paling tidak suasana kantor diciptakan di rumah.      

Tentu saja untuk menciptakan ruang kerja yang nyaman perlu didukung alat kerja layaknya di kantor. Nah di era perkembangan digital seperti sekarang, peralatan teknologi menjadi keniscayaan yang harus dimiliki untuk menunjang produktivitas. Karena itu dibutuhkan kit yang tepat untuk menciptakan home office yang tenang dan nyaman, mulai dari furnitur hingga peralatan teknologi.  

Berikut beberapa perangkat berbasis teknologi yang wajib kamu miliki saat work from home.

1. Personal computer (PC)

7 Perangkat untuk bekerja dari rumah © 2020 brilio.net@yans_brilio

Loading...

Sebagian orang merasa nyaman bekerja menggunakan personal computer (PC). Alasannya, meski membutuhkan tempat yang memadai karena ukurannya besar, set PC dianggap sebagai perangkat yang mumpuni.

Kebanyakan orang melihat tiga komponen penting pada PC untuk bekerja dari rumah yakni CPU, SSD, dan RAM. Ketiga komponen ini dinilai sebagai tulang punggung kinerja PC agar responsif. Kebutuhan RAM yang besar dibutuhkan untuk menjalankan beberapa program sekaligus. Setidaknya dibutuhkan 8GB RAM agar tidak lemot. Tapi prosesor yang dibenamkan di dalamnya juga harus mumpuni untuk menunjang pekerjaan.

Selain itu kapasitas penyimpanan pada PC juga cukup besar sehingga sangat dibutuhkan bagi para fotografer, desainer grafis, atau insinyur. Kapasitas besar seringkali menjadi pertimbangan. Di samping itu, biasanya PC mengunakan monitor setidaknya berukuran 14 inci. Layar yang lebar dianggap memberikan kenyamanan, terutama bagi mereka yang sedikitnya bekerja 8 jam sehari. Layar yang lebih besar dapat memberikan lebih banyak informasi dan mengurangi risiko mata tegang. Penggunaan PC sangat cocok bagi mereka yang tidak suka bekerja secara mobile.

2. Laptop

7 Perangkat untuk bekerja dari rumah © 2020 brilio.net@yans_brilio

Nah bagi mereka yang suka berkerja secara mobile, laptop mungkin menjadi pilihan yang tepat. Laptop dinilai sebagai perangkat kerja yang ideal bagi sebagian besar anak muda.

Tidak memakan banyak ruang, dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain sesuai kebutuhan, terutama dalam situasi WFH di mana kamu mungkin harus bekerja di sekitar anggota keluarga. Selain itu, laptop memberi kamu waktu berjam-jam tanpa akses ke stop kontak daya. Artinya laptop cukup fleksibel terutama saat listrik padam.

Namun untuk memastikan kinerja laptop prima, setidaknya prosesor yang dibenamkan di dalamnya harus Core i5. Hampir sama dengan PC, RAM 8GB adalah tipikal umum pada laptop untuk membantu performa prangkat ini bekerja maksimal.

3. Layanan jaringan konektivitas yang mumpuni

7 Perangkat untuk bekerja dari rumah © 2020 brilio.netouinolanguages.com

Di era yang serba online, kemampuan layanan telekomunikasi menjadi hal penting yang tidak bisa diabaikan untuk mendukung bekerja jarak jauh (telecommuting). Selama masa pandemi Covid-19 masih terjadi, banyak perusahaan yang menghindari pertemuan fisik secara langsung. Sebagai gantinya dilakukan video conference.

Nah untuk mendukung video conference atau panggilan video, tentu saja dibutuhkan sistem komunikasi dan jaringan telekomunikasi yang mumpuni. Karena kelancaran tele conference akan sangat bergantung pada kemampuan layanan telekomunikasi.

Karena itu internet berkecepatan tinggi menjadi keniscayaan terlebih bagi pekerja yang membutuhkan kecepatan unggah dan unduh yang cepat untuk melakukan panggilan video atau bekerja dalam platform berbasis cloud. 

4. Webcam yang memadai

7 Perangkat untuk bekerja dari rumah © 2020 brilio.netcheckmatehosting.com

Beberapa tahun lalu mungkin banyak orang menganggap keberadaan webcam di sebuah perangkat hanya sebatas aksesoris dan jarang digunakan. Namun kini, webcam menjadi salah satu peralatan wajib yang dimiliki untuk bekerja dari rumah. Dengan webcam yang mumpuni, rekan kerja dapat mendengar dan melihat kamu dengan jelas saat video conference.

Nah untuk menambah performa webcam, pengguna biasanya menambahkan headset dan mikrofon agar bisa menerima panggilan sambil tetap bisa bekerja dengan perangkat lain seperti PC atau laptop.

5. Aplikasi video conference

7 Perangkat untuk bekerja dari rumah © 2020 brilio.netwelivesecurity.com

Anjuran untuk menjaga jarak dan bekerja dari rumah membuat kebutuhan akan aplikasi video conference menjadi semakin tinggi. Lewat teknologi ini, interaksi tatap muka bisa dilakukan meski terpisah jarak. Koordinasi pun mudah dilakukan. Saat ini banyak platform video conference yang bisa digunakan untuk mendukung bekerja dari rumah.  

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakan aplikasi video conference. Hemat biaya tentunya. Kamu nggak perlu menghabiskan waktu untuk bepergian, termasuk biaya transportasi jika harus menghadiri rapat di lokasi yang jauh. Dengan video conference kamu bisa mengikuti rapat dari mana saja tanpa repot.

6. Calendar tools

7 Perangkat untuk bekerja dari rumah © 2020 brilio.netPhoto courtesy of Adobe Stock/ra2 studio

Calendar tools kini juga menjadi salah satu aplikasi yang wajib dimiliki untuk bekerja dari rumah. Aplikasi ini berguna untuk mengatur jadwal kamu. Lewat aplikasi ini kamu bisa membuat jadwal pribadi ataupun publik. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa memberikan akses kepada rekan kerja untuk melihat jadwal kamu.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu kamu lebih mudan untuk menyebarkan undangan pertemuan dengan deskripsi yang detail. Kamu juga bisa menggunakan fungsi repeat untuk acara yang diadakan secara berkala, seperti rapat mingguan. Calendar tools akan mencari dan membuat jadwal kegiatan kamu secara otomatis.

7. Tablet

7 Perangkat untuk bekerja dari rumah © 2020 brilio.netDok.Sammobile.com

Kalau mau gampang, kamu bisa pakai tablet saja untuk bekerja di rumah, tak perlu perangkat yang lain. Sebab teknologi tablet kini sudah setara dengan laptop dan desktop. Tablet yang punya kemampuan seperti itu adalah Samsung Galaxy S7 dan S7+. Tablet ini punya performa yang sangat mumpuni untuk teman bekerja termasuk memenuhi hasrat me time kamu.

Selain itu, tablet ini Android-based sehingga kompatibel dengan segala aplikasi yang kamu butuhkan di Google Play. Dengan desainnya yang ringkas, Tab S7 series menawarkan fleksibilitas yang tinggi buat kamu yang bekerja dari rumah. Menggunakan perangkat ini, kamu dengan bebas bisa bekerja di mana saja mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur. Selain itu kamu juga nggak akan repot jika harus berpindah-pindah dari satu perangkat ke perangkat lain. Performanya menyamai laptop. 

Dengan teknologinya itu, Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+ adalah perangkat all in one, dengan fitur-fitur produktivitas macam layar yang lebih luas (11 inci dengan resolusi LTPS LCD untuk Tab S7 dan 12,4 inci Super AMOLED untuk Tab S7+) Samsung DeX, Samsung Notes, S Pen, kamera, preload dengan Clip Studio Paint, Noteshelf, dan Canva serta prosesor Snapdragon 865+ yang memiliki kemampuan lebih powerful dibandingkan dengan seri pendahulunya. Prosesor yang mumpuni untuk membantu pekerjaan kamu sekaligus mendukung produktivitas, kreativitas, hingga hiburan. Performanya bisa setara PC loh.

7 Perangkat untuk bekerja dari rumah © 2020 brilio.netDok. Samsung.com

Selain itu perangkat ini juga memiliki aplikasi Samsung Notes, fitur yang membantu kamu menulis berbagai catatan, impor dan anotasi PDF, mengetik, dan menggambar di area yang sama. Selain itu perangkat ini juga memiliki fitur audio bookmark yang berfungsi untuk merekam materi kuliah atau rapat yang sedang berlangsung sementara kamu menulis sesuatu, lalu menyinkronkan keduanya.

Fitur kamera depan 8MP dengan lensa 26mm f/2.0 dan fixed focus membuat kamu lebih nyaman saat melakukan video conference. Posisi kamera depan di tengah juga akan sangat membantu ketika video conference atau kelas online, sehingga peserta lain dengan mudah melihat kamu.

Satu lagi yang nggak kalah penting adalah daya tahan baterai yang cukup ciamik. Dibekali baterai berkapasitas 8.000 mAh (Tab S7) dan 10.090 mAh (Tab S7+) membuat perangkat ini bisa digunakan hingga berjam-jam tanpa harus mengisi daya. Keduanya memiliki kemampuan superfast charging kalau kalian punya kepala charger 45W.