Brilio.net - Xiaomi Redmi 6A tergolong sebagai ponsel the entry-level atau bisa dibilang bagi konsumen kelas menengah ke bawah. Kendati dibanderol dengan harga ekonomis, tidak membuat Xiaomi lupa menawarkan deretan spesifikasi andal bagi peminat Redmi 6A.

Xiaomi Redmi 6A yang mulai diperkenalkan pada 2018 ini sampai sekarang masih memiliki peminatnya sendiri. Murah bukan berarti murahan, soal kamera, desain, memori dengan chipset Mediatek yang fokus pada multimedia, smartphone ini memiliki RAM sebesar 3 GB dan memori internal 32 GB, hingga performa HP Xiaomi Redmi 6A bisa diandalkan.

Namun, kecanggihan Redmi A6 tetap belum bisa dikatakan sempurna. Masih ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum fix mengincar ponsel ini. Salah satunya adalah kurang maksimalnya performa Redmi 6A saat dipakai untuk bermain game dan multitasking.

Berikut spesifikasi Xiaomi Redmi 6A serta kelebihan dan kekurangannya, seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (15/12).

Kelebihan HP Xiaomi 6A

1. Desain.

Loading...

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Poin yang diunggulkan oleh HP Xiaomi Redmi 6A salah satunya adalah bentuk body dan desain. Xiaomi Redmi 6A punya desain ramping, terasa pas saat digenggam, dengan layar 5,45 inches. Soal desain layar, Redmi 6A dirancang untuk memberikan tampilan antarmuka yang lebih luas. Layar penuh HD 18:9 mencakup 80,5% dari permukaan depan.

2. Memori.

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Memori yang disediakan oleh HP Xiaomi Redmi 6A tergolong besar. Dual SIM + slot kartu microSD khusus memori eksternal hingga 256 GB. Ponsel ini juga mendukung penggunaan dua kartu SIM secara bersamaan untuk data internet serta panggilan telepon.

3. Face unlock.

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Handphone Xiaomi Redmi 6A sudah didukung oleh kunci sensorik wajah AI face unlock. Redmi 6A diklaim punya kemampuan unlock yang cerdas, sensitif, dan cepat. Kamu cukup mengangkat dan tatap telepon untuk unlock secara instan.

4. Kamera.

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Banyak pengguna ponsel mencari smartphone andal dari segi kamera. HP Xiaomi Redmi 6A hadir dengan kamera yang dapat menangkap gambar keren dan lebih mudah. Dilengkapi sensor cahaya berkualitas tinggi pada kamera fokus 13 MP ini. Gambar yang dihasilkan detail secara alami.

Terdapat fitur PDAF dengan kecepatan tinggi mampu fokus mengunci subjek, bahkan saat bergerak sekalipun. Nggak kalah pentingnya, kamera depan Xiaomi Redmi 6A hadir dengan mode portrait dan fitur Beautify, kamu bisa mendapatkan hasil foto selfie yang menakjubkan setiap saat.

5. Baterai.

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Smartphone Xiaomi Redmi 6A menwarkan kapasitas baterai lumayan besar, yakni 3000 mAh. Daya tahan baterai semakin awet dan optimal karena dilengkapi oleh prosesor berteknologi 12nm, terutama untuk penggunaan dengan MIUI 9.

6. Performa.

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Performa kuat membawa dampak pada intensitas kerja ponsel. Xiaomi Redmi 6A muncul dengan prosesor baru 12nm. Soal performa, bisa dikatakan standar kuat dan lancar. Performa makin kencang setelah dioptimalkan pakai MIUI 9, tetap ringan meski sudah dipakai untuk aplikasi berat.

Kekurangan HP Xiaomi 6A

1. Tidak ada NFC.

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Beberapa seri ponsel kekinian sudah banyak didukung fitur NFC, yang memudahkan untuk transfer atau memindah data. Sayang Xiaomi Redmi 6A belum memiliki fitur ini. Namun demikian, mengingat harga yang relatif murah, tidak adanya NFC bisa dimaklumi.

2. Baterai.

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Baterai yang tersedia adalah 3000 mAh, masih tergolong lumayan besar. Namun kapasitas itu justru lebih kecil dan dirasa kurang jika dibanding seri keluaran Redmi sebelumnya, misalnya Redmi 5 yang sudah berkapasita baterai 3.3000 mAh.

3. Belum ada fingerprint.

harga Xiaomi 6A ©mi.co.id

foto: mi.co.id

Sudah dilengkapi dengan face unlock, tapi Xiaomi Redmi 6A tidak punya sensor fingerprint. Beberapa orang menganggap dan lebih senang membuka dan mengunci layar lebih aman jika pakai fingerprint.

Spesifikasi HP Xiaomi 6A

- Layar: 5.45 inches, 76.7 cm2 (~72.7% screen-to-body ratio)

- Resolusi: 720 x 1440 pixels, 18:9 ratio (~295 ppi density)

- Type: IPS LCD

- OS: Android 8.1 (Oreo), planned upgrade to Android 10, MIUI 12

- Chipset: Mediatek MT6761 Helio A22 (12 nm)

- CPU: MediaTek MT6761 Helio A22

Quad-core Cortex-A53

- Kecepatan CPU: 2.0 GHz

- GPU: PowerVR GE8320

- RAM: 2 GB, 3 GB

- Memori Internal (ROM): 16 GB, 32 GB

- Memori Eksternal: Up to 256 GB

- Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, PDAF

- Fitur kamera belakang: LED flash, HDR, panorama

- Video belakang: 1080p@30fps

- Kamera depan: 5 MP, f/2.2

- Kapasitas baterai: 3000 mAh

Built-in rechargeable battery

5V/1A charging

- Berat: 145 gram

- Fitur lainnya: Wi-Fi, Hotspot/Tethering, GPS, Bluetooth, Flash, Face Unlock, 3.5mm Headphone Jack.

Didukung berbagai kecanggihan yang sudah disebutkan, kamu bisa menikmati kemudahan teknologi memakai HP Xiaomi 6A dengan merogoh uang dengan kisaran harga Rp 1.299.000.