Brilio.net - Redmi 9A adalah salah satu smartphone baru produksi Xiaomi yang kehadirannya di Indonesia diumumkan pada 13 Agustus 2020 lalu, dan bertepatan dengan perayaan ulang tahun Xiaomi yang ke-10.

Redmi 9A masuk dalam jajaran entry level smartphone yang hadir dengan pilihan warna Sky Blue, Peacock Green, Granite Gray.

Awalnya, Xiaomi menggelar penjualan khusus untuk pengguna loyal Redmi seri A. Dilansir dari merdeka.com program ini merupakan bentuk terima kasih kepada para Mi Fans dan pengguna setia Redmi A series yang telah menemani perjalanan Xiaomi di Indonesia selama ini.

Namun kini penjualan Redmi 9A sudah dijual secara online dan offline. Redmi 9A dilengkapi layar lega berukuran 6,53 inci HD+ Dot Drop Display untuk pengalaman menonton lebih imersif, serta baterai kapasitas besar 5000 mAh, cukup untuk mereka yang ingin beraktivitas sepanjang hari. Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse juga mengatakan bahwa Redmi 9A hadir untuk menunjang kebutuhan penggemar gaming.

"Redmi 9A menjadi ponsel entry-level yang dapat mendukung segala kebutuhan Mi Fans karena didukung oleh chipset Helio G25," ujar Alvin dalam acara peluncuran secara online.

Loading...

Selain dapat menunjang kebutuhan para gamer dengan HP entry level, Redmi 9A ini juga dibanderol dengan harga yang murah, mulai dari Rp 1 jutaan.

Berikut spesifikasi Xiaomi Redmi 9A serta kelebihan dan kekurangannya, seperti brilio.net rangkum dari mi.co.id dan sumber lainnya pada Senin (23/11).

Spesifikasi

1. Chipset : MediaTek Helio G25 (12 nm)

2. CPU : Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 GPU PowerVR GE8320 (650 MHz)

3. Layar : IPS LCD, 6.53 inches

4. RAM : 2 GB dan 3 GB

5. Memori Internal : 32 GB

6. Memori Eksternal : microSDXC (slot khusus)

7. Kamera Belakang : 13 MP

8. Kamera Depan : 5 MP

9. Baterai : Li-Po 5000 mAh

Harga

Dimulai dari Rp 1.199.000

Kelebihan Xiaomi Redmi 9A

1. Baterai besar dan tahan lama.

Spesifikasi Redmi 9A © 2020 brilio.net

foto: mi.co.id

Meski dibanderol dengan harga di bawah Rp 1,5 juta, Redmi 9A dibekali dengan baterai kapasitas 5000 mAh yang cukup besar. Kapasitas baterai ini terbilang besar pada jajaran entry level smartphone.

Xiaomi bahkan mengklaim dengan daya 5000 mAh, HP ini bisa bertahan selama 19 jam saat dipakai menonton video, sanggup dipakai menelepon hingga durasi 38 jam, ataupun bermain game selama 14 jam.

2. Chipset mendukung aktivitas gaming.

Spesifikasi Redmi 9A berbagai sumber

foto: mi.co.id

Untuk menunjang performa, Redmi 9A ditenagai chipset gaming Helio G25 (12nm) dari Mediatek, dengan kecepatan clock 2.0 GHz. Chip tersebut dipadu dengan dua opsi RAM dan penyimpanan, yaitu 2GB/32GB dan 3GB/32 GB. Hal ini sesuai yang dikatakan oleh Alvin Tse Country Director Xiaomi Indonesia, bahwa Redmi 9A ini menjadi ponsel entry level yang mendukung kegiatan gaming.

3. Desain dan body pas di genggaman.

Spesifikasi Redmi 9A © 2020 brilio.net

foto: mi.co.id

Dibekali layar IPS LCD berukuran 6,53 inci (720 X 1.600 piksel) dan berat berat 194 gram, membuat Redmi 9A cukup nyaman digenggam. Seperti kebanyakan smartphone baru saat ini, Redmi 9A tidak memiliki tombol fisik di bagian bodi depan alias full layar touchscreen.

Xiaomi menempatkan tombol fisik untuk volume dan power di sisi kanan. Sementara slot kartu SIM berada di sisi kiri. Pada slot kartu ini, pengguna bisa menempatkan dua Nano-SIM dan satu microSD.

Ada tiga pilihan warna Redmi 9A yang bisa dipilih, yakni Granite Gray, Peacook Green, dan Sky Blue. Pada bodi belakang di bawah kamera, terdapat garis vertikal ke bawah yang memberikan kesan seperti pita sehingga tampak manis dilihat.

4. Hasil kamera cukup bagus dikelasnya.

Spesifikasi Redmi 9A © 2020 brilio.net

foto: mi.co.id

Meski saat ini HP dengan satu lensa kamera belakang sudah terkesan kuno, hasil dari kamera Redmi 9A terbilang bagus pada kelasnya. Mengandalkan kamera resolusi 13MP f/2.2 dan sudah didukung oleh PDAF, kamera belakang ini mampu hasilkan efek potret menggunakan oleh software dan AI.

Selain itu ada pula mode profesional yang tak cuma bisa mengatur ISO (100 – 3200) dan shutter speed (1/1000 – 32 detik), namun juga bisa mengatur focus peaking dan exposure verification.

Kekurangan Xiaomi Redmi 9A

1. Tak dilengkapi fitur fast charging.

Spesifikasi Redmi 9A © 2020 brilio.net

foto: mi.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Redmi 9A ini dibekali kapasitas daya baterai yang besar, hingga 5000 mAh. Sayangnya, Xiaomi tidak membekalinya dengan fitur fast charging atau pengisian daya secara cepat.

Redmi 9A hanya dibekali 10W untuk pengisian daya, mengingat kapasitas baterai yang besar membutuhkan waktu pengisian daya yang cukup lama apabila tidak diimbangi dengan fast charging. Hal ini cukup disayangkan.

2. Belum dilengkapi fingerprint.

Spesifikasi Redmi 9A © 2020 brilio.net

foto: mi.co.id

Untuk pengamanan privasi, hampir sebagian besar smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan 2 fitur pengaman seperti face unlock atau membuka kunci dari wajah si pemilik dan fingerprint scanner yang digunakan untuk membuka kunci dengan mendeteksi sidik jadi si pemilik. Namun sayangnya, Redmi 9A hanya memiliki satu fitur pengaman saja yaitu face unlock dan tidak bekali fitur fingerprint.