Brilio.net - Internet berbasis 4G mungkin saja belum sepenuhnya dinikmati oleh seluruh pengguna internet di Indonesia, namun di sana, di Negeri Tirai Bambu, China, para pakar sudah mulai mengembangkan teknologi jaringan internet berbasis 5G. Bahkan mereka memprediksi pada 2018, sebagian masyarakat di sana bisa menggunakan internet 5G yang kecepatannya bikin "ngeri" sendiri.

"China sudah merampungkan serangkaian tes untuk fungsi utama teknologi 5G dan akan menyiapkan standar pertama 5G pada 2018 mendatang," ujar juru bicara badan nasional China yang mengembangkan jaringan internet 5G seperti dilansir brilio.net dari CCTVNews, Sabtu (8/10).

Jaringan 5G © 2016 brilio.net

Perkiraan itu lebih cepat dua tahun karena sebelumnya, meski memang sudah mewacanakan tentang internet 5G seperti halnya negara-negara maju lainnya, China kemungkinan baru bisa menggunakan teknologi tersebut paling cepat pada tahun 2020 mendatang.

Namun yang paling ditunggu-tunggu dari datangnya teknologi internet berbasis 5G ini adalah kecepatannya yang bisa 10 kali lipat kecepatan internet berbasis 4G.

Loading...

Jaringan 5G © 2016 brilio.net

"Kecepatan download di jaringan 5G diperkirakan mencapai 10 Gigabyte per detik. Dari kecepatan itu anda bisa mendownload 30 judul film High Definition (HD) dalam satu detik," ungkap Arthur C. Clarke, menganalogikan kecepatan download di jaringan 5G.

Jaringan 5G © 2016 brilio.net

Semoga, Indonesia juga segera melakukan riset tentang 5G juga deh, biar nggak tertinggal jauh-jauh amat dari China. Tapi pengusaha warnet wajib waspada nih, nanti belum masuk tagihan billing, para pengguna udah log out duluan.