Brilio.net - Hampir semua orang saat ini pasti membutuhkan internet. Entah sekadar untuk browsing beberapa pengetahuan baru, atau untuk membuktikan eksistensi diri di media sosial, bahkan juga untuk bermain game online.

Nah, apa yang terjadi jika di tengah kita asik menggunakan internet kemudian koneksi terhenti karena kuota paket internet kita habis. Sebel banget kan? Untuk kamu yang sering mengalami hal ini, berikut ada 5 tips yang berhasil dikumpulkan brilio.net tentang cara menghemat paket data, Minggu (13/9).

1. Log out aplikasi yang tidak perlu

Lakukan 5 hal ini agar paket datamu awet wet!

Kuota paket data yang cepat habis salah satu penyebabnya karena ada aplikasi yang masih tersambung. Misalnya saja bila kamu menggunakan Facebook atau Twitter di ponselmu, pastikan bahwa aplikasi tersebut sudah ter log out bila tidak diakses, karena bila tidak ter log out itu artinya internetmu masih terus tersambung untuk selalu update, sama saja kuotamu akan terus berkurang untuk kebutuhan up date tadi.

Loading...

2. Kurangi penggunaan game online dan video streaming

Lakukan 5 hal ini agar paket datamu awet wet!

Bagi kamu pecinta game online dan video streaming, tampaknya kamu harus mengurangi kebiasaan itu demi langgengnya hubungan ponsel dan paket datamu. Game online dan video streaming adalah salah contoh aplikasi yang cukup menguras kuota internet. Apalagi bila kamu membeli paket dengan kuota minim. Siap-siap saja paket harianmu ludes dalam hitungan jam dan paket mingguan ludes dalam hitungan hari.

3. Periksa pengaturan ponselmu

Lakukan 5 hal ini agar paket datamu awet wet!

Pengaturan internet di ponsel juga memengaruhi seberapa lama paket internetmu bertahan. Kamu bisa menonaktifkan sambungan data atau data seluler pada pengaturan HP-mu saat kamu tak terlalu membutuhkan akses internet, misalnya saja saat tidur atau saat bekerja.

4. Pilih paket internet sesuai jenis device

Lakukan 5 hal ini agar paket datamu awet wet!

Kesalahan memilih paket internet juga bisa menjadi penyebab borosnya kuota. Untuk HP jenis android atau iOs, usahakan pilih paket internet dengan kuota lebih dari 4GB karena pasti device jenis tersebut memiliki banyak aplikasi yang membutuhkan internet. Selain itu usahakan untuk tidak memilih jenis paket unlimited karena paket unlimited tetap memiliki jatah kuota harian yang sangat minim. Bila jatah kuota harian habis, koneksimu akan sangat lambat.

5. Perhatikan juga ketentuan paket internet

Lakukan 5 hal ini agar paket datamu awet wet!

Usahakan untuk selalu aware dengan ketentuan paket internet yang kamu pilih. Bila kamu menggunakan paket yang berlaku 24 jam, maka kamu aman. Namun bila kamu memilih paket dengan ketentuan time band, kamu perlu mengingat jatah kuota dan waktu pemakaiannya.

Misal kamu memiliki jatah 3GB untuk pukul 01.00-04.59 dan 1GB untuk pukul 05.00-00.59, lakukan on-off sambungan data sesuai jamnya. Contohnya, matikan sambungan data pada pukul 00.55 dan nyalakan kembali pada pukul 01.05 agar kuota yang digunakan sesuai waktunya.