Brilio.net - WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia. Sejak diluncurkan pada 2009 silam, WhatsApp kini menjadi yang begitu diandalkan, bahkan di seluruh dunia. Melihat eksistensi masih bertahan hingga saat ini tentunya WhatsApp berupaya untuk terus memberikan pengalaman terbaik untuk semua penggunanya.

WhatsApp menjadi begitu banyak digunakan karena dianggap aplikasi ringan ringan dan mudah digunakan. Sehingga setiap smartphone pasti memiliki WhatsApp sebagai alat komunikasi paling efektif dan begitu diandalkan. Baik untuk keperluan kantor, ngobrol antar teman dan keluarga.

Menjalin komunikasi melalui aplikasi chatting satu ini membuat seseorang merasa cukup puas karena memang sangat membantu dalam berbagai hal, mulai dari mengirim pesan teks, gambar maupun video.

Belakangan ini WhatsApp kerap merilis fitur terbaru. Dua di antaranya adalah fitur privasi untuk memilih siapa saja yang bisa mengundang kamu ke grup dan Block and Report. Bagi kamu yang ingin menikmati fitur terbaru dari WhatsApp ini, kamu harus melakukan update WhatsApp ke versi terbaru. Jika tidak, kamu akan kehilangan beberapa fitur penting tersebut.

Selain itu, dengan melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru akan dapat mengurangi masalah ketika menggunakan WA. Pasalnya, WhatsApp seringkali meluncurkan aplikasi dengan versi baru akibat terdapat bug pada versi yang sebelumnya.

Sebagian besar pengguna mengatur smartphone miliknya untuk secara otomatis memperbarui WhatsApp, namun ada juga menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan update WhatsApp, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Seperti apa? Berikut cara mudah update WhatsApp (WA) versi terbaru Android dan iOS, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (21/12).


Update WhatsApp di Android.

foto: app4smart.com



1. Aktifkan smartphone Android kamu dan buka Play Store.

2. Ketuk opsi Menu dengan ikon tiga garis horizontal.

3. Dari opsi yang ditampilkan, silakan pilih My Apps & Games.

4. Setelah itu, ketuk Update.

Cara lainnya adalah buka Play Store, lalu cari aplikasi WhatsApp di kolom pencarian Play Store dan ketuk Update.

Loading...
2 dari 4 halaman



Update WhatsApp di Perangkat iOS.

foto: makemac.grid.id



1. Aktifkan iPhone dan buka App Store.

2. Lalu pilih Updates.

3. Kemudian temukan WhatsApp dan ketuk Update.

Cara lain yang lebih cepat adalah kunjungi App Store, lalu cari WhatsApp di kolom pencarian dan ketuk Update.

3 dari 4 halaman



Update WA lewat Web WhatsApp.

foto: topapkmods.com



Ada kalanya kadang playstore yang tidak bisa dibuka sehingga sangat sulit untuk menemukan WhatsApp. Jika ini terjadi, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengupdate aplikasi whatsapp melalui situs web resmi dari whatsapp.

1. Kunjungi situs web Whatsapp.com dengan browser di HP kamu.

2. Kemudian pilih logo Get in on Google Play.

3. Kamu akan diarahkan langsung ke halaman whatsapp di playstore.

4. Cukup dengan tap tombol Update lalu tunggu hingga proses selesai.

4 dari 4 halaman



Aplikasi chatting yang bisa diandalkan selain WhatsApp.

WhatsApp memang menjadi yang cukup terkenal dan banyak digunakan. Namun apa jadinya jika WhatsApp tidak bisa digunakan lagi di Smartphone kamu? Pasalnya di tahun 2020 mendatang, WhatsApp hanya bisa digunakan pada Smartphone versi terbaru.

Nah, untuk mengatasi itu, kamu bisa menggunakan beberapa alternatif lainnya. Berikut ini beberapa aplikasi chatting yang bisa kamu andalkan selain WhatsApp.

1. Telegram.
Telegram bisa menjadi alternatif lain yang bisa kamu gunakan. Layanan berbagi pesan (chatting) asal Rusia, ini didirikan Pavel Durov sebagai tandingan WhatsApp.

Telegram memiliki keunggulan yang selalu ditawarkan layanan berbagi pesan ini layanan yang lebih aman karena obrolan otomatis terenkripsi. Telegram memiliki 200 juta pengguna, 7% di antaranya di Rusia, menurut angka terbaru yang diumumkan pada 2018.

2. Line.
Line juga tak kalah asyiknya dijadikan aplikasi chatting sehari-hari. Resmi diluncurkan pada 2011, Line memiliki banyak pengguna. Line merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna mengirim pesan teks, pesan suara, panggilan suara, mengirimkan gambar, video, dan lain-lain

3. WeChat.
WeChat juga merupakan aplikasi sosial networking terbesar di China dan terbilang cukup menarik jika digunakan. Pasalnya kamu bisa menjalin komunikasi dan dapat berbagi momen-momen penting dengan mudah.

Hampir 800 juta pemilik ponsel di China menggunakan aplikasi ini dan dapat terhubung ke banyak game hingga sistem pembayaran. Jadi nggak ada salahnya nih kalau kamu mau menggunakan aplikasi chatting satu ini.

4. Kakao Talk.
Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi chatting satu ini. Mobile messenger asal Korea Selatan. Meski tidak begitu terkenal di Indonesia, namun nggak ada salahnya jika kamu mencobanya.

Dilansir dari berbagai sumber, Kakao Talk pun berkolaborasi dengan beberapa mitra lokal untuk memperkaya konten. Hal ini termasuk membuat emoticon khusus dengan warna lokal bersama dengan desainer, pengembang aplikasi, hingga bekerja sama dengan operator serta kemitraan untuk membuat konten mobile promotion.