Brilio.net - Menulis bisa dilakukan oleh setiap orang. Dengan menulis, orang bisa menuangkan segala perasaan yang tengah ia rasakan. Menulis bisa dituangkan ke beragam media. Bisa pada buku, disimpan dalam komputer, dibagikan pada internet atau bisa juga dituangkan pada tulisan pekerjaan.

Namun jadi penulis hebat tidaklah mudah. Kamu harus paham dengan struktur dan penulisan. Adapun di antaranya adalah kata pengantar, daftar isi, hingga daftar pustaka.

Berbicara mengenai struktur penulisan, daftar isi lah yang kerap jadi momok bagi seorang penulis. Daftar isi adalah bagian dari novel, buku, cerpen. Penting dan wajib juga ada pada laporan, tugas makalah, skripsi, tesis dan lainnya.

Daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari halaman yang diinginkan. Karena itu membuat daftar isi haruslah rapi. Sayangnya masih banyak orang yang belum bisa membuat daftar isi dengan bagus. Tak sedikit orang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan tugas karena merapikan daftar isi.

Tidak ingin menunggu lama, akhirnya kamu memutuskan untuk membuat daftar isi menggunakan layanan jasa. Padahal sebenarnya ada cara lebih mudah yang bisa diikuti agar daftar pustaka tugasmu menjadi lebih rapi dan cepat selesai.

Loading...

Cara membuat daftar isi bisa kamu kerjakan di Microsoft Word secara otomatis dan manual. Selain itu, cara pembuatan daftar isi juga sangat mudah diterapkan, jadi kamu tidak perlu pusing lagi dalam merapikan daftar isi. Tapi lagi-lagi masih banyak orang yang kebingungan bagaimana membuat daftar isi di Microsoft Word.

Nah, kali ini brilio.net bakal ngasih tahu kamu panduan yang mudah dan cepat, cara membuat daftar isi di Microsoft Word, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (26/9). Dijamin cepat bisa.

1. Cara awal mengatur daftar isi secara otomatis.

Mengatur Heading (blok)

Pertama, kamu bisa membuat daftar isi pada Microsoft Word secara otomatis. Cara ini biasa ditempuh ketika tugas memiliki banyak sub. Lagkah pertama adalah dengan mengatur Heading.

a. Blok pada bagian yang ingin kamu buat daftar isi.

b. Atur Heading dengan fitur Style, terletak di bagian tab Home bagian atas.

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word, mudah dan cepat pixabay

foto: Brilio.net

c. Pilih Heading 1 untuk bagian utama dan Heading 2 untuk sub bagian. Lakukan cara ini secara terus menerus sampai sub bagian tugas selesai.

Membuat daftar isi (blok)

Setelah kamu mengatur Heading, langkah selanjutnya adalah memasukkan daftar isi. Berikut cara memasukkan daftar isi dengan rapi dan benar.

a. Masuk pada menu References di bagian atas menu Home.

b. Kemudian pilih menu Table of Contents.

c. Kamu bisa memilih antara membuat daftar isi secara otomatis atau manual di sini.

d. Opsi pertama dan kedua adalah Tabel Otomatis (Automatic Table 1 dan Automatic Table 2).

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word, mudah dan cepat pixabay

foto: Brilio.net

e. Kamu bisa menambahkan atau mengubah rincian dengan cara klik pada bagian daftar isi. Kemudian klik Update Table di pojok kiri atas.

f. Sedangkan opsi ketiga merupakan Tabel Manual (Manual Table). Di opsi ini kamu tidak perlu mengatur Heading seperti contoh di atas.

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word, mudah dan cepat pixabay

foto: Brilio.net

g. Jika kamu membuat perubahan pada dokumen daftar isi tipe manual, perbarui daftar isi dengan mengklik bagian daftar isi tersebut, lalu ketikkan apa yang kamu inginkan.

2. Cara membuat daftar isi secara manual.

Selain bisa mengatur daftar isi secara otomatis, kamu bisa membuat daftar ini secara manual. Cara ini biasanya dipakai kalau tugasmu tidak memiliki sub bagian dan tidak terlalu panjang. Berikut langkah-langkahnya:

Mengatur Right Tab (blok)

a. Langkah pertama adalah mengatur right tab terlebih dahulu. Untuk menampilkan ikon right tab ini, kamu harus menampilkan Ruler pada tab View.

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word, mudah dan cepat pixabay

foto: Brilio.net

b. Setelah Ruler ditampilkan, kamu baru bisa melihat ikon Tab ini, di pojok kiri atas, tepatnya di bawah ikon Paste. Klik ikon Tab tersebut hingga terpilih Right Tab.

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word, mudah dan cepat pixabay

foto: Brilio.net

c. Selanjutnya kamu bisa mengatur posisi Right Tab tersebut melalui ruler yang telah ditampilkan tadi, di bagian atas dokumen. Dengan begitu, kamu bisa meletakkan nomor halaman dengan rapi dari sini.

d. Setelah itu, kamu bisa double click pada Tab pojok kiri atas, atur untuk membuat batas titik-titik daftar isi akan berhenti.

e. Lalu buat sekali lagi sebagai letak penomorannya.

Memasukkan daftar isi (blok)

Kamu tinggal memasukkan isi dari daftar isi tugasmu. Setelah memasukkan judul bagian, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memunculkan titik-titik. Lalu, terakhir kamu tinggal memasukkan nomor halaman yang sesuai dengan judul bagian tersebut.

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word, mudah dan cepat pixabay

foto: YouTube/@Pusat Cara Cara-