Brilio.net - Hari gini siapa sih yang nggak kenal sistem operasi Microsoft Windows? Sejak duduk di bangku sekolah, kamu pasti sudah pernah berinteraksi dengan yang namanya komputer. Dan kebanyakan komputer di Indonesia menggunakan sistem operasi buatan Bill Gates ini, terlepas bajakan atau asli lho ya.

Nah, Windows terbaru, yakni Windows 10 sudah resmi dirilis oleh Microsoft sejak Juli 2015 silam. Sistem operasi ini diklaim cepat dan efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas penggunanya.

Selain itu, Windows 10 juga memiliki beberapa fitur tersembunyi yang tak banyak orang tahu. Apa saja? Yuk simak ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber berikut ini, Rabu (17/1).

1. Mengaktifkan fitur shutdown rahasia.

fitur tersembunyi ini cuma bisa kamu temukan di windows © 2018 berbagai sumber

foto: winaero.com

Jika bosan dengan cara mematikan komputer yang itu-itu saja, Windows 10 memberikan fitur yang agak sedikit berbeda. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa klik kanan pada desktop kemudian pilih new, lalu shortcut.

Pada jendela pop-up berikutnya, tempel baris kode berikut: %windir%System32 SlideToShutDown.exe. Jika fitur ini telah aktif, kamu hanya perlu menarik layar ke bawah lalu komputer akan mati secara otomatis.

2. Mengaktifkan multiple desktop.

fitur tersembunyi ini cuma bisa kamu temukan di windows © 2018 berbagai sumber

foto: tenforums.com

Multiple screen atau multiple desktop merupakan fitur yang dapat membuat pengguna membuka aplikasi secara bersamaan dalam satu layar sehingga dapat bekerja secara lebih cepat. Di Windows 10, kamu tinggal menyeret program yang aktif ke setiap sudut layar untuk membagi seperempat dari layar program yang kamu perlukan. Kamu juga dapat mengaturnya dengan tombol win + arah panah yang sesuai keinginan.

3. Menggunakan touchpad gesture untuk akses beragam fitur.

fitur tersembunyi ini cuma bisa kamu temukan di windows © 2018 berbagai sumber

foto: extremetech.com

Bagi kamu pengguna laptop, touchpad gesture di Windows 10 dapat membantumu untuk mengakses beragam fitur dengan lebih cepat. Banyak yang bilang fitur ini merupakan adaptasi dari fitur yang sudah ada di produk-produk Apple.

Berikut gerakan-gerakan touchpad yang berguna untuk sehari-hari:

- Gulir: Geser horizontal atau vertikal dengan dua jari.
- Zoom in/out: Pinch atau cubit menggunakan dua jari.
- Klik kanan: Ketuk dengan dua jari pada touchpad.
- Tampilkan desktop: Geser touchpad berlawanan dengan layar menggunakan tiga jari.
- Lihat semua window: Geser touchpad ke arah layar menggunakan tiga jari.
- Beralih aplikasi: Gesek ke kiri atau kanan menggunakan tiga jari.

4. Menutup aplikasi dengan getaran.

fitur tersembunyi ini cuma bisa kamu temukan di windows © 2018 berbagai sumber

foto: youtube.com

Windows 10 juga menyajikan fitur menutup aplikasi dengan cara menggoyangkannya. Caranya, kamu hanya perlu mengarahkan cursor ke bagian atas windows program lalu tahan dan goyangkan windows itu untuk menutup semua program yang ada kecuali yang sedang digoyangkan.

5. Game tersembunyi di Cortana.

fitur tersembunyi ini cuma bisa kamu temukan di windows © 2018 berbagai sumber

foto: engadget.com

Cortana merupakan asisten virtual yang diciptakan Microsoft untuk membantu pengguna Windows 10. Secara default, Cortana bisa diakses melalui form search yang ada di dalam taskbar.

Kamu dapat meminta bantuan Cortana untuk membuka aplikasi, memainkan musik, melakukan pencarian web, menampilkan berita terkini, hingga memberi notifikasi penting. Selain itu Cortana juga dapat melakukan permainan kecil. Caranya, ketik 'Rock Paper Scissors', 'Roll the Die', atau 'Flip the Coin'. Dan lihat apa yang akan terjadi.

Selamat mencoba!