Brilio.net - Aplikasi TikTok merupakan sebuah platform untuk membuat karya video dengan durasi singkat. TikTok juga dapat dimanfaatkan untuk media hiburan dengan cara scrolling screen handphone secara vertikal. Pada tahun 2020 aplikasi ini mengalami peningkatan pengguna, karena dampak pandemi yang membuat orang jenuh saat di rumah saja.

Konten kreator TikTok kerap kali memberikan suguhan video pendek yang menarik, lucu, dan menghibur. Tak jarang pula pada aplikasi ini terdapat cuplikan video penceramah, maupun berita yang sedang trending. Bahkan melalui platform ini, pengguna dapat mengetahui momen-momen langka yang terjadi di luaran sana.

TikTok saat ini menjadi salah satu rujukan untuk mengetahui video viral yang terjadi. Selain itu pengguna juga bisa mendapatkan uang dengan hanya mengundang teman agar mendownload aplikasi TikTok. Kemudian salah satu keunggulan lain dari aplikasi ini ada pada fitur live streaming.

Lalu bagaimana sih cara agar kita dapat melakukan streaming di TikTok? Yuk simak ulasan brilio.net pada Selasa (8/3) mengenai cara live streaming aplikasi TikTok, beserta syarat dan tips agar punya banyak views.

Cara live streaming di Aplikasi TikTok:

1. Buka aplikasi TikTok, kemudian login ke akun yang dimiliki.
2. Izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi perangkat.
3. Tekan ikon (+) yang terletak pada bagian bawah layar.
4. Geser ikon kamera menjadi hingga menjadi mode live.
5. Apabila tidak ada ikon live yang muncul, maka perlu update aplikasi. Jika hal itu tidak berhasil, kumpulan followers hingga mencapai 1000 akun.
6. Setelah ikon live ditekan, lanjut ke klik tombol Go Live untuk memulai siaran langsung.

Jika kamu belum mempunyai 1000 followers maka cukup ikuti langkah ini:

1. Masuk ke tools akun kamu yang terletak pada pojok bagian bawah kanan.
2. Ketuk tiga garis yang berada di atas kanan layat untuk menuju menu pengaturan.
3. Pilih menu laporkan masalah.
4. Kemudian pilih opsi "Saya tidak dapat memulai LIVE".
5. Tunggu hingga umpan balik dari developer TikTok muncul.

Agar kamu memiliki viewers banyak saat live, yuk ikuti langkah berikut ini:

1. Buat konten video menarik dan konsisten.

Apabila kamu ingin mendapatkan 1000 followers dengan cepat, dan dapat melakukan live, maka kamu wajib untuk mengunggah video dengan konsisten. Video yang kamu upload harus memiliki topik dan tema tertentu. Usahakan konten dibuat semenarik mungkin dan bisa masuk FYP TikTok. Dengan masuk FYP, karya mu akan mendapatkan banyak penonton, dan secara otomatis followers akan bertambah.

2. Balas komentar pada Video TikTok.

Tips selanjutnya adalah selalu aktif pada komentar video. Apabila video yang kamu unggah mendapat komentar, maka balaslah dengan sopan, dan tidak menyinggung pengguna lain. Selain itu kamu juga bisa ikut berkomentar pada video yang sedang trending. Hal ini harus dilakukan dengan konsisten ya, agar cepat mendapatkan followers.

3. Gunakan hashtag yang tepat.

Saat akan mengunggah video, gunakanlah hastag yang pas. Ditambah berikanlah tagar yang relevan agar pengguna lain dapat menemukan video mu dengan mudah. Selain itu gunakan hastag yang sedang trending, karena potensi masuk FYP semakin besar.

4. Bagikan hasil video ke banyak platform.

Mempromosikan hasil karya video kamu juga dapat dilakukan untuk menambah followers loh. Cara cukup bagikan unggahan video TikTok kamu ke berbagai platform aplikasi lain, seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, dan yang lainnya. Kemudian kelola video yang telah kamu bagikan, dengan saling berbalas komentar.

5. Adakan acara live bareng dengan teman.

Setelah kamu mendapatkan fitur Live, kamu juga bisa mengadakan live bareng bersama teman kamu. Tidak hanya itu, Live dengan para pengguna akun lain juga bisa dilakukan. Hal ini juga akan mendongkrak viewers saat melakukan Live di TikTok.

Jika kamu masih bingung cara agar bisa Live bareng di TikTok, yuk ikuti cara ini:

1. Buka aplikasi TikTok dan login ke akun utama kamu.
2. Tekan tombol (+), dan pilih opsi Live.
3. Masukan pengaturan singkat seperti thumbnail, dan judul.
5. Tekan ikon Go Live untuk memulai.
6. Selanjutnya tekan ikon pada pojok kiri bawah layar, kemudian akan muncul jendela daftar host.
7. Pilih opsi undang untuk mengajak pengguna lain masuk ke dalam Live TikTok kamu.
8. Tunggu pengguna lain menerima undangan live bareng yang kamu kirim.

Sangat mudah bukan untuk menggunakan fitur live dari TikTok? Akan tetapi perlu digaris bawahi, untuk dapat dengan bijak menggunakan fitur tersebut. Jangan sampai saat live malah mengundang kemarahan, kebencian, dan isu sara. Terlebih hindari memberikan konten yang berbau 18+, penipuan, dan hal negatif lainnya pada saat live.