Brilio.net - Email merupakan salah satu platform berguna dan sangat dibutuhkan. Fungsi utama email adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain secara cepat. Pesan yang dikirim bersifat digital. Tanpa perlu repot mencari kertas dan menuliskannya dengan tinta. Menggunakan email mampu membantu kamu bergerak lebih cepat.

Cara kerja email pada dasarnya sama seperti kita sedang menulis surat biasa. Yang membedakan bahwa email bisa mengirim tulisan sekaligus beserta file, seperti gambar atau video, musik, atau data lainnya. Ada beberapa penyedia email atau layanan surel yang terkenal dan bisa kamu pakai. Email dari Gmail, Yahoo, Rocketmail, Outlook, dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, seiring perkembangan zaman, email tidak hanya bisa digunakan melalui PC atau laptop saja lho. Akan tetapi kamu bisa mengaksesnya menggunakan HP (handphone).

Dari HP pintar seperti Xiaomi, kamu tetap bisa sekalian berkirim tulisan bersamaan dengan gambar atau file lainnya. Kemudahan itu bisa kamu akses di mana dan kapan saja.

Cara membuat akun email melalui HP Xiaomi ini sangat mudah dan nggak butuh banyak waktu. Buat kamu yang masih bingung, simak caranya di bawah ini ya, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (28/8).

Cara membuat Gmail lewat HP Xiaomi.

Gmail merupakan layanan surel dari Google. Kamu bisa lebih mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu akun Gmail ini yang akan terkait dengan kegiatan pada Smartphone. Akun Gmail lantas seolah jadi barang wajib ada di dalam HP. Berikut cara mudah buat email Google baru lewat HP Xiaomi.

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.
2. Cari menu account atau akun.
3. Pilih add account atau tambah akun.
4. Cari ikon Google.
5. Pilih buat akun baru atau create a new account.
6. Isi data yang dibutuhkan. Klik next.
7. Pilih nama sebagai username kamu. Klik next.
8. Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another" Itu tandanya orang lain telah memakai username yang kamu pilih.
9. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka. Klik next.
10. Isi password yang paling aman menurutmu. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa. Samakan isian kolom atas dengan bawah. Klik next.
11. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika kamu ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, klik skip.
12. Akan muncul kotak Privacy and Terms. Klik 'I Agree'.
13. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.
14. Akan muncul pilihan pembayaran. Kamu bisa melewatinya dengan pilih 'No Thanks', lalu klik Next. Aplikasi akan memproses. Kamu akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

Loading...
2 dari 4 halaman

Cara membuat akun email selain Gmail pada HP Xiaomi.

Selain Gmail, masih banyak penyedia layanan email gratis tapi berkualitas yang bisa kamu pakai. Ada Yahoo Mail, Zoho, Mail.com, Outlook, AOL Mail, Yandex Mail, Lycos, ProtonMail, Tutanota, dan iCloud Mail. Cara membuat email baru lewat HP Xiaomi ini hampir sama dengan Gmail. Berikut langkah-langkahnya:

1. Jika kamu sudah memiliki akun email di HP Xiaomi, buka akun email.

2. Klik atau pilih akun email-mu. Ada di pojok kanan atas.

3. Kemudian tambahkan akun email yang ingin kamu pakai 'Tambahkan akun lainnya'.

foto: Brilio.net



4. Pilih akun email yang ingin kamu tambahkan.

foto: Brilio.net



5. Jika tidak tersedia pada pilihan, klik 'lainnya'.

6. Tunggu prosesnya, lalu kamu akan melihat tampilan awal email seperti biasa.

foto: Brilio.net



7. Klik 'create an account'.

8. Isi sesuai data diri yang benar.

foto: Brilio.net



9. Klik 'continue'

3 dari 4 halaman

Cara membuat email baru melalui browser lewat HP Xiaomi.

Selain dari aplikasi dan langsung dari HP Xiaomi, kamu bisa membuat email lewat browser. Berikut langkah-langkahnya.

1. Pilih browser apa yang kamu mau, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Maxthon, Vivaldi, atau lainnya.

2. Buka halaman awal browser tersebut.

foto: Brilio.net



3. Ketik situs email yang kamu mau. Misalnya yahoo.com.

foto: Brilio.net



4. Klik atau pilih simbol kotak surat di pojok kanan atas.

5. Klik 'buat akun'.

foto: Brilio.net



6. Isi data diri dengan benar. Klik 'lanjutkan'.

foto: Brilio.net



4 dari 4 halaman

Manfaat menggunakan email.

Email sangat penting untuk semua orang yang punya smartphone. Selain bisa saling berkirim pesan, semua kegiatan termasuk penginstalan aplikasi membutuhkan email.

Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu manfaat punya akun email dengan baik. Padahal dengan mengetahui fungsinya, kamu bisa memanfaatkan email secara maksimal. Berikut beberapa manfaat email yang bisa kamu rasakan.

1. Komunikasi dengan murah. Setelah kamu punya akun email, pemakaiannya atau saat membuka email ini tidak membutuhkan banyak biaya atau kuota.
2. Email bisa mempertemukan kamu dengan siapa saja di seluruh dunia.
3. Pesan elektronik akan mudah sampai dengan cepat.
4. Bisa mengirim langsung kepada banyak orang sekaligus secara bersamaan.
5. Kamu bisa mengakses secara offline pada komputer, walaupun sedang tidak terhubung dengan internet. Caranya, pasang ekstensi email offline chrome pada web browser.
6. Kamu bisa langsung berbincang dengan teman yang sudah kamu jadikan teman 'add'. Kemudian berlanjut dengan Google Hangouts. Pada Google Hangouts ini, kamu bahkan bisa melakukan panggilan (telepon) dan video call dengan orang banyak.