Brilio.net - Pernah nggak kamu merasa bahwa bobot gadgetmu semakin bertambah. Memang kedengarannya ini super aneh, kecuali smartphonemu dikasih chasing yang super gede. Selain itu, ponsel pintar bukanlah benda hidup yang bisa berkembang. Akan tetapi secara ilmiaj hal ini bukannya tidak mungkin. Ya, gadgetmu bobotnya bisa bertambah, kok bisa?

Pendapat ini disampaikan oleh seorang profesor dari University of California, Berkeley, John D. Kubiatowicz. Dia mengatakan bahwa data-data yang tersimpan dalam smartphone ternyata bisa mempengaruhi bobot fisik dari gadget tersebut sebagaimana dihimpun oleh brilio.net dari Geek, Rabu (6/4).

Dalam pendapatnya dia mengambil contoh kasus pada Kindle, e-reader keluaran Apple. Dia membandingkan antara Kindle yang diisi oleh banyak e-book dan yang tidak pada flash memory dalam device tersebut. Memang penambahan bobotnya tidak pasti, meskipun begitu bisa dilacak dengan rumus.

John mengatakan bahwa penambahan bobot gadget bertambah setiap 10 pangkat -18 grams. Hal ini terjadi karena flash memori pada Kindle menggunakan ukuran 1 dan 0 pada elektronnya. Semakin banyak data, artinya elektronnya semakin banyak. Alhasil, gadgetmu semakin bertambah berat secara fisik.

Memang perubahan yang seperti itu jarang kita sadari. Akan tetapi kita harus tahu bahwa data ternyata berpengaruh dengan bobot fisik smartphone.  

Loading...