Brilio.net - Apple berencana untuk mengembangkan terknologi terbaru, di mana fitur baru dari perangkat akan mendeteksi kecelakaan mobil. Fitur ini dikabarkan tak hanya untuk iPhone saja, pengguna Apple Watch juga bakal kebagian fitur ini.

Menurut informasi Rolfe Winkler dari The Wall Street Journal (01/11), fitur ini akan diaktifkan melalui perangkat iPhone dan Apple Watch untuk mendeteksi pengguna bila terlibat dalam kecelakaan lalu lintas dan secara otomatis memanggil nomor darurat. Dalam kabar tersebut, Apple berencana untuk merilis fitur bernama "crash detechtion" ini pada 2022 mendatang.

Selebihnya, fitur ini akan menggunakan sensor dari iPhone dan Apple Waatch seperti akselerometer untuk mendeteksi kecelakaan mobil yang berpotensi terjadi, yang diukur oleh lonjakan gaya gravitasi mendadak atau yang lebih dikenal dengan sebutan g-force impact.

Laporan dari situs tersebut juga mengungkapkan bahwa Apple telah mengadakan uji coba terkait fitur ini semenjak akhir tahun dengan mengoleksi data yang dibagikan secara anonimus oleh pengguna iPhone dan Apple Watch. Terlebih, perangkat tersebut sudah mendeteksi dugaan dampak kendaraan lebih dari 10 juta. Untuk uji coba fitur, laporan tersebut memperingatkan bawasannya Apple memilih untuk tak merilisnya dalam waktu dekat ini.

"Produk-produk Apple telah mendeteksi dugaan dampak kendaraan lebih dari 10 juta, dimana lebih dari 50 ribu dapat memanggil nomor darurat 911. Apple menggunakaan 911 panggilan data untuk memperbaiki akurasi pada algoritma Crash Detection," tulis dari laporan itu.

Selain itu, fitur ini terdengar familiar dengan Fall Detection yang ada di Apple Watch seri ke 4 ke atas, di mana fitur ini bisa mendeteksi jika pengguna mengalami kecelakaan dan secara otomatis memanggil nomor darurat. Sebagai informasi tambahan, Google telah menawarkan fitur Car Detection ini ke dalam ponsel garapan mereka, Google Pixel, yang teranyar.

(brl/lea)

(brl/lea)