Brilio.net - Setelah diresmikan beberapa waktu lalu, kini pengguna iOS 15.1 bisa menikmati berbagai fitur baru yang siap membawa pengalaman berteknologi ke arah yang lebih menyenangkan lagi. Lewat laman resminya, Apple membeberkan informasi mengenai fitur-fitur baru tersebut.

"iOS 15.1 menambahkan SharePlay, cara yang sama sekali baru untuk berbagi pengalaman dengan keluarga dan teman di FaceTime. Rilis ini juga menambahkan kemampuan untuk merekam video ProRes menggunakan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, serta kartu vaksinasi COVID-19 yang dapat diverifikasi di Apple Wallet, dan menyertakan fitur lain dan perbaikan bug untuk iPhone Anda," ungkap Apple seperti dilansir brilio.net, Rabu (27/10).

Untuk lebih lengkapnya, berikut 7 fitur baru iOS 15.1 serta daftar iPhone yang kebagian bisa menggunakannya.

1. SharePlay.

Ini merupakan salah satu fitur tambahan baru yang besar yang ditambahkan ke iOS 15.1. Fitur ini memungkinkan untuk berbagi pengalaman secara real time di FaceTime yang artinya pengguna bisa membagikan album atau lagu melalui Apple Music ke semua orang yang ada dalam panggilan tersebut. SharePlay juga berfungsi untuk video di aplikasi seperti Apple TV, Disney+, Hulu, dan lainnya. Pengguna bisa dengan mudah berbagi layar dengan orang lain.

2. ProRes video capture dan Macro Mode untuk kameranya.

Dua perubahan pada kamera di iOS 15.1 adalah pengambilan video ProRes di iPhone 13 Pro dan Pro Max yang hal paling menarik bagi para fotografer antusias dan profesional. Selain itu, ada juga fitur Mode Makro untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max yang bisa diatur agar tidak otomatis beralih ke kamera Ultra Wide saat pengguna mendekati subjek.

3. Dukungan kartu vaksin Covid-19.

Fitur ini bisa diakses lewat aplikasi bawaan Apple Wallet yang memungkinkan pengguna menambahkan dan menyajikan informasi vaksinasi.

4. Tambahan fitur penerjemahan.

Selain tiga fitur tersebut, ada juga pembaruan untuk Translate yang menawarkan dukungan untuk terjemahan Bahasa Mandarin (Taiwan).

5. Fitur Home.

Pembaruan berikutnya diperuntukkan bagi fitur Home yang bisa memicu secara otomatis berdasarkan pembacaan terkini dari sensor kelembaban, kualitas udara, atau tingkat cahaya yang diaktifkan HomeKit.

6. Fitur Shortcuts.

Fitur ini memungkinkan pengguna melapisi teks pada gambar atau gif, ditambah koleksi game baru yang memungkinkan mereka menghabiskan waktu dengan aplikasi Siri.

7. Pembaruan pada fitur Photos dan Weather.

Pembaruan lainnya juga untuk masalah seperti penyimpanan pelaporan aplikasi Photos yang menyatakan penuh padahal masih banyak ruang. Aplikasi Weather juga tidak menunjukkan suhu yang salah untuk lokasi saat ini dan beberapa perbaikan lainnya.

7 Fitur baru iOS 15.1 serta daftar iPhone yang bisa menggunakannya Apple


foto: Apple

Daftar iPhone yang bisa menggunakan fitur-fitur tersebut, antara lain:

- iPhone 13

- iPhone 13 Mini

- iPhone 13 Pro

- iPhone 13 Pro Max

- iPhone 12

- iPhone 12 mini

- iPhone 12 Pro

- iPhone 12 Pro Max

- iPhone 11

- iPhone 11 Pro

- iPhone 11 Pro Max

- iPhone XS

- iPhone XS Max

- iPhone XR

- iPhone X

- iPhone 8

- iPhone 8 Plus

- iPhone 7

- iPhone 7 Plus

- iPhone 6s

- iPhone 6s Plus

- iPhone SE (1st generation)

- iPhone SE (2nd generation)

- iPod touch (7th generation)