Brilio.net - Dalam peluncurannya bersama MacBook Pro dan AirPods 3 pada Selasa (19/10) lalu, Apple tidak ragu memperkenalkan dan menjual selembar kain khusus pembersih gadget. Kain yang diberi nama Polishing Cloth yang berfungsi untuk membersihkan layar aneka produk Apple, seperti iPhone, iPad, iPod, Apple Watch, bahkan monitor MacBook dan iMac.

Dari laman resminya, Apple mematok harga senilai 19 dolar Amerika Serikat atau lebih dari Rp 260 ribu. Pantauan brilio.net dari sumber yang sama, Apple tidak mencantumkan rincian ukuran dari Polishing Cloth tersebut.

Apple jual kain pembersih gadget seharga Rp 260 ribu, ini kelebihannya berbagai sumber

-foto: Apple

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Jika diperhatikan dari desainnya, Polishing Cloth ini bisa dibilang mirip dengan kain microfiber pada umumnya. Namun kelebihannya adalah dominasi warna putih dan terdapat logo Apple pada pojok kanan bawah.

Walaupun Apple tidak menjelaskan keistimewaan produk ini dari produk serupa lainnya secara rinci, Apple memastikan bahwa kain poles ini datang dengan kelebihan lainnya yaitu dibuat dengan bahan non-abrasif yang lembut sehingga aman dan efektif jika digunakan untuk membersihkan semua jenis layar perangkat Apple termasuk monitor Pro Display XDR dan iMac 27 inci yang memiliki tekstur nano.

"Dibuat dengan bahan non-abrasif yang lembut, Polishing Cloth membersihkan semua layar Apple, termasuk kaca bertekstur nano, dengan aman dan efektif," ungkap Apple dalam sebuah pernyataan dari laman resminya.

Layar Pro Display XDR memang hadir dengan kain pembersih khusus yang tidak jauh beda dengan Polishing Cloth kali ini. Namun, Apple mengungkapkan bahwa layar itu hanya bisa dibersihkan dengan kain tersebut. Hal ini diungkapkan tanpa alasan oleh Apple.

Aksesori gadget dengan harga relatif mahal bukanlah hal yang baru buat Apple. Jadi jangan kaget jika produk sesederhana Polishing Cloth ini bisa dihargai ratusan ribu.

Selain kain pembersih seharga lebih dari Rp 260 ribu, MacBook Pro, dan AirPods 3, Apple itu juga menjual roda untuk komputer Mac Pro seharga iPhone dan stand monitor dengan kisaran hingga Rp 14 juta.

(brl/far)