Brilio.net - Setelah diluncurkan pada Senin (20/9) kemarin, pengguna Apple rupanya masih bertanya-tanya tentang iOS 15. "Bisakah aplikasi SharePlay digunakan setelah update?" atau "Kapan mulai bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu?"

Peluncuran tersebut memperkenalkan beberapa perubahan besar pada aplikasi seperti Safari, namun pengguna bisa memperhatikan beberapa hal yang hilang. Fitur-fitur tersebut rupanya tidak tersedia saat peluncurannya. Namun, kabarnya pengguna baru akan bisa menikmatinya pada musim gugur mendatang.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (22/9) ini 3 fitur Apple iOS 15 yang belum bisa dinikmati setelah melakukan upgrade.

1. SharePlay.

3 Fitur Apple iOS 15 ini belum bisa digunakan Apple

SharePlay merupakan fitur utama dalam pengumuman tentang iOS 15, tetapi sayangnya fitur ini tidak akan tersedia sampai tiba di musim gugur nanti. Saat diluncurkan, orang akan dapat berbagi layar dan mengalirkan konten yang disinkronkan melalui FaceTime. SharePlay juga akan memungkinkan kolaborasi di Apple Music, seperti menjeda atau melompati trek dengan orang lain.

2. Universal Control.

3 Fitur Apple iOS 15 ini belum bisa digunakan Apple

Universal Control adalah fitur baru dari MacOS Monterey yang tidak akan dirilis hingga akhir 2021. Pembaruan ini akan memberi pengguna kemampuan untuk mengontrol iPad mereka dengan mouse dan keyboard di Mac mereka, dan bahkan untuk menarik dan melepas konten dari satu perangkat ke yang lain.

3. iCloud Private Relay.

3 Fitur Apple iOS 15 ini belum bisa digunakan Apple

Private Relay akan ditambahkan ke iCloud Plus. Private Relay mengenkripsi lalu lintas yang meninggalkan perangkatmu di Safari. Pihak lain termasuk Apple tidak akan bisa membaca informasi pribadi seperti lokasi pengguna, alamat IP, lokasi, dan aktivitas penelusuran.

Beberapa fitur di iOS 15 memerlukan chip A12 Bionic. Ponsel pertama dengan chip A12 Bionic ada di iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone XS Max. Sedangkan ponsel yang lebih tua dari iPhone X tidak akan melihat peningkatan tertentu pada aplikasi-aplikasi, seperti FaceTime, Maps, Siri, dan Miscellaneous.