Brilio.net - Untuk melakukan transaksi mengirim uang antar bank, pasti pengguna akan dikenakan tarif sebesar Rp 6.500 per transaksi. Bila kamu hendak transfer uang antar bank berkali-kali dalam satu hari, tentu biaya ini akan memberatkan uang tabungan kamu. Bayangkan saja kamu transfer empat kali. Itu pun sudah merogoh kocek hampir Rp 30.000. Tentu kendala ini malah membuat boros banget, bukan?

Nah untungnya, ada alternatif bagi kamu yang sering melakukan transfer uang antar bank. Caranya, kamu cukup memanfaatkan beberapa aplikasi transfer uang antar bank di smartphone Android maupun iOS kamu. Selain dapat diunduh secara gratis, kamu cukup mengaksesnya secara online saja, tanpa harus mampir ke mesin ATM terdekat lho. Cukup memudahkan, kan?

Meski begitu, beberapa di antara aplikasi ini tetap mengharuskan pengguna untuk membayar biaya admin untuk menarik atau transfer uang. Meski begitu, aplikasi ini juga ampuh dijadikan alternatif daripada harus membayar lebih sebesar Rp 6.500. Rata-rata, biaya admin yang harus terbayarkan adalah sebesar Rp 2.500 saja.

Penasaran apa saja list-nya? Dihimpun brilio.net dari beragam sumber pada Rabu (9/2), berikut deretan aplikasi transfer uang antar bank gratis yang dapat diunduh melalui ponsel pintar kamu:

1. Flip.
foto: Play Store

Rekomendasi yang pertama, kamu bisa memanfaatkan aplikasi transfer uang bernama Flip. Yup, aplikasi ini merupakan salah satu layanan transfer uang antar bank yang bisa digunakans secara gratis alias tanpa biaya admin. Selebihnya, aplikasi ini sudah disetujui oleh Bank Indonesia. Jadi, kamu bisa melakukan transfer ke 14 bank yang ada di Indonesia secara cuma-cuma dan legal.

2. DANA.
foto: Play Store

Rekomendasi aplikasi transfer uang selanjutnya, kamu bisa memilih DANA. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengirimkan uang antar bank secara gratis tanpa biaya admin. Yaitu dengan menggunakan 10x transfer gratis bagi pengguna pertamanya. Setelah itu, kamu akan dikenakan biaya hanya Rp 2.500 per transaksi.

3. OY! Indonesia.
foto: Play Store

Selain kedua app di atas, OY! Indonesia juga ampuh dijadikan aplikasi transfer uang. Meski tak seberapa dikenal masyarakat, aplikasi ini sudah disetujui oleh Bank Indonesia lho. Jadi kamu nggak perlu ragu apabila transfer uang di aplikasi ini karena OY! Indonesia aman dan legal untuk digunakan.

4. LinkAja.
foto: Play Store

Aplikasi transfer uang dengan fitur yang banyak? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi bernama LinkAja. Fitur tambahan seperti kamu dapat transfer, tarik tunai, bayar dengan scan kode QR, dan masih banyak lainnya merupakan keunggulan dari aplikasi ini.

5. OVO.
foto: Play Store

Yang kelima, OVO juga sangat andal dijadikan aplikasi transfer uang antar bank. Aplikasi ini sangat sangat populer di Indonesia. Karena kamu hanya dikenakan biaya admin Rp 2.500 saja untuk melakukan transfer uang. Selebihnya, OVO juga terhubungkan dengan aplikasi Grab yang membuat aplikasi ini makin dikenal masyarakat.

6. GoPay.
foto: Play Store

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan GoPay bagi yang sedang mencari aplikasi transfer uang secara gratis. Bagi para pengguna setia Go-Jek, pasti sudah nggak asing lagi kan dengan GoPay? Pasalnya selain dapat melakukan transfer uang antar bank, aplikasi ini juga terhubung secara langsung dengan Tokopedia hingga layanan Go-Jek lainnya agar proses pembayaran dapat diproses dengan cepat dan praktis.

7. Payfazz.
foto: Play Store

Yang ketujuh, Payfazz juga nggak kalah andal dijadikan salah satu aplikasi transfer uang terbaik. Pasalnya, aplikasi ini bisa dijadikan untuk transfer uang antar bank secara gratis jika pengguna mendapatkan promo. Selain dapat mengirim uang, kamu juga dapat melakukan berbagai transaksi seperti top-up GoPay, mengisi saldo pulsa, hingga membayar tagihan listrik.

8. Transfez.
foto: Play Store

Berikutnya, kamu dapat mengunduh Transfez di smartphone Android kamu. Aplikasi transfer uang ini dapat dijadikan pilihan yang tepat bagi kamu yang hendak mengirimkan dana ke luar negeri dengan cepat. Kabarnya, aplikasi ini menyediakan transaksi uang ke lebih dari 47 negara di seluruh penjuru dunia. Selain mengirimkan uang, kamu juga dapat membeli hingga membayar tagihan lho. Cukup serbaguna, kan?

9. Wise.
foto: Play Store

Aplikasi transfer uang ke luar negeri dengan cepat? Kamu bisa coba download Wise. Meski dapat diunduh secara gratis, namun kamu tetap bakal dikenakan biaya tambahan di setiap melakukan transfer, terlebih di saat melakukan kiriman uang di kurs yang berbeda.