Brilio.net - Memilih kabel charger yang bagus tentu perlu diperhatikan ketika ingin mengganti kabel charger yang rusak. Hal ini bertujuan agar kabel charger dapat digunakan dengan nyaman dan tahan lama. Walaupun menjadi salah satu aksesoris bawaan dari pabrikan smartphone, sayangnya kabel charger juga dapat mengalami kerusakan. Apalagi jika garansi telah habis dan pengguna ponsel harus membeli kabel sendiri.

Karena sudah menjadi kebutuhan penting, bahkan tidak jarang pengguna bahkan membeli kabel charger seadanya tanpa memperhatikan kualitas. Padahal penting sekali untuk memilih dan menimbang-nimbang kabel charger yang sesuai dengan kebutuhan ponsel penggunanya.

Berbagai macam merk kabel charger saat ini telah beredar di pasaran. Dengan berbagai macam variasi, teknologi, fitur tambahan, bahkan harga murah justru membuat pengguna juga kebingungan memilih kabel charger yang tepat untuk ponselnya.

Berikut 7 tips memilih kabel charger ponsel agar tidak tertipu harga murah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (3/11).

1. Perhatikan bahan pelindung

Salah satu pertimbangan penting dalam memilih kabel charger adalah dengan memperhatikan bahan pelindung kabel atau coating. Pelindung kabel charger dengan material yang kuat tentu bisa bertahan lebih lama hingga tidak mudah putus. Secara visual terdapat beberapa jenis coating yang bisa dikenal dengan karpet PVC, kulit sintetis, nilon, dan fiber kevlar.

Kevlar fiber menjadi salah satu bahan coating dengan kualitas yang bagus. Karena memiliki sifat peredam yang sempurna dan tahan terhadap suhu 370 derajat celcius sekaligus mempunyai bobot yang ringan tetapi tetap kuat. Kini beberapa kabel charger sudah memiliki lapisan coating dengan beragam warna dan corak. Hal ini dapat dijadikan pertimbangan ketika ingin memilih kabel charger dan tetap mempertimbangkan estetika atau tampilan luar.

2. Diameter kabel

Kabel yang memiliki diameter lebih besar belum tentu menjamin kualitas kabel tersebut. Karena salah satu penentu adalah jenis tembaga yang digunakan serta bahan penutupnya yang harus lebih diperhatikan. Beberapa kabel charger yang berdiameter tebal bahkan masih mudah terkoyak akibat gesekan dengan benda tumpul.

3. Sesuaikan panjang kabel dengan kebutuhan

Kabel pendek belum berarti kabel charger tersebut tidak berkualitas. Kabel charger yang pendek juga dapat menghindari pengisian yang lambat. Karen daya listrik ada yang terbuang menjadi energi panas disebabkan kabel yang panjang. Selain itu, kabel panjang juga membuat pengguna menjadi lebih aktif menggunakan perangkat, lantaran lebih fleksibel. Sayangnya hal ini juga membuat perangkat jadi semakin panas.

4. Fitur tambahan

Kabel charger saat ini biasanya hadir dengan beberapa fitur seperti beberapa konektor untuk berbagai jenis USB port dan kecepatan mengisi daya (fast charging). Selain itu, beberapa kabel charger juga memiliki fitur tambahan untuk kecepatan transfer data. Untuk memastikannya, butuh uji coba secara teknis atau percobaan langsung menjadi salah satu pilihan untuk mengetahui kualitas fitur tambahan dalam charger tersebut. Sebelum membeli, lebih baik jika pengguna ponsel dapat mencoba terlebih dahulu atau dengan menggunakan sampel produk yang tersedia.

5. Bergaransi

Pastikan untuk memilih kabel yang bergaransi resmi. Hal ini akan memudahkan pengguna ponsel jika pada akhirnya kabel tidak berfungsi dengan baik. Garansi juga dapat menandakan kualitas sebuah kabel yang dijual tersebut dan memastikan keaslian kabel charger yang akan dibeli.

6. Perhatikan spesifikasi baterai

Memperhatikan spesifikasi baterai ponsel dapat menjadi salah satu kunci untuk mengetahui kabel charger seperti apa yang cocok untuk mengisi kebutuhan baterai ponsel. Pada keterangan baterai selalu ada keterangan berapa voltase atau tegangan listrik yang akan masuk ke baterai. Hal ini dapat membantu pengguna dengan mencari pengisi daya atau charger yang dekat angka voltasenya dengan voltase baterai tersebut. Pastikan outputnya sesuai dengan kebutuhan ponsel.

7. Membeli di toko resmi

Salah satu cara tepat memilih charger yang baik untuk ponsel adalah dengan membelinya langsung di toko resmi. Untuk mendapatkan charger dengan kualitas yang bagus, memang sebaiknya membeli sesuai dengan merk ponsel yang sedang digunakan.
Hal ini dapat menjamin kualitas kabel charger yang akan digunakan. Dengan membeli langsung pengisi daya di toko resmi, arus output dan inputnya akan sebanding dengan kepala charger yang digunakan. Karena jika berbeda, tentu dapat berpengaruh pada kinerja pengisian baterai.