Brilio.net - Apple Watch seri 8 yang telah keluar pada September lalu. Dengan berbagai macam fitur canggih bagi pengguna Apple Watch untuk membantu penggunanya tetap terhubung, menjadi lebih aktif, dan memahami kesehatan serta kebugaran badan secara menyeluruh. Namun, update Apple Watch ini hanya tersedia untuk beberapa perangkat yang telah memenuhi kriteria khusus, seperti Apple Watch Series 3, Apple Watch Series 4, Apple Watch Series 5, Apple Watch Series 6, dan Apple Watch SE.

Apple masih terus mengembangkan inovasi dalam Apple Watch dengan mengupdate fitur-fitur terbaru. Berikut brilio.net telah rangkum tentang fitur Apple Watch terbaru dari berbagai sumber pada Selasa (2/11).

1. Fitur olahraga baru; tai chi dan pilates

Yang terbaru dari Apple seri ini adalah memiliki penambahan fitur untuk olahraga Pilates dan Tai Chi. Apple Watch memiliki algoritma khusus melacak metrik penggunaannya saat melatih kekuatan inti, postur, keseimbangan, dan fleksibilitas yang lebih baik dengan latihan progresif yang terkontrol.

Apple Watch juga dapat melihat semua metrik saat penggunanya melakukan olahraga Tai Chi melalui meditasi dengan gerakan. Selain animasi untuk memandu pernapasan, ada juga fitur Reflect yang memberikan petunjuk untuk membantu memfokuskan pikiran penggunanya ketika melakukan Tai Chi.

2. Fleksibilitas dalam bersepeda

Fitur terbaru dalam Apple seri 8 ini dapat lebih mudah memantau aktivitas olahraga dan bersepeda. Dengan tambahan fitur autopause dan resume saat sedang bersepeda.

Selain itu, Apple Watch kini juga mampu mengambil elektrokardiogram (EKG) untuk merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu hingga dapat mendeteksi detak jantung tinggi dan rendah. Sekaligus dapat mendeteksi kadar oksigen dalam darah, dan beberapa fitur kesehatan lainnya.

Algoritma baru dalam Apple Watch seri 8 mampu menganalisis GPS, akselerometer, dan gyroscope saat pengguna sedang naik sepeda. Tambahan lainnya juga terdapat pada fitur SOS yang dapat mendeteksi pengguna ketika jatuh saat sedang berolahraga.

3. Membuat grup olahraga

Apple Watch akan merilis pada awal November ini adalah hadirnya grup olahraga bagi penggunanya. Pengguna Apple Watch saat ini dapat berolahraga bersama pengguna lain dengan membuat sebuah grup.

Kapasitas yang bisa ditambahkan dalam grup ini mencapai 32 orang. Dalam grup ini, para pengguna juga dapat memberitahu target lingkaran aktivitas atau capaian tertinggi di antara yang lain untuk dapat saling merayakan kemajuan tersebut.

4. Hadirnya aplikasi contacts

Aplikasi kontak baru ini ditambahkan Apple Watch seri yang kemudian dapat mencari email atau nomor telepon seseorang melalui jam tangan. Fitur ini sekaligus dapat menambah dan mengedit kontak langsung dari Apple Watch seri 8 tanpa harus mengeluarkan ponsel.

Apple membagi aplikasi Find My menjadi dua aplikasi baru, yaitu Find Items dan Find Devices. Keduanya berfungsi sebagai pelacak untuk menemukan perangkat yang masuk dengan akun Apple yang sama pada Watch.

5. Pengukur gula darah

Dilansir dari macrumors.com, DigiTimes melaporkan bahwa Apple dan pemasoknya mulai mengerjakan sensor inframerah gelombang pendek, jenis sensor yang umum digunakan untuk perangkat kesehatan.

Sensor ini kemungkinan akan dipasang di bagian belakang Apple Watch, akan memungkinkan jam tangan ini untuk mengukur jumlah gula dalam darah pemakainya. Menurut The Wall Street, kadar glukosa darah ini menjadi salah satu netrik kesehatan yang ingin ditambahkan Apple ke Apple Watch.